Tips Supaya Ormas Baru Semakin Berkembang

Tips Supaya Ormas Baru Semakin Berkembang

Di Indonesia ada begitu banyak organisasi masyarakat, namun hingga saat ini masih bermunculan organisasi masyarakat baru. Ormas baru memiliki tujuan berbeda-beda. Jika Anda saat ini memiliki sebuah organisasi kemasyarakatan yang masih baru maka perlu untuk mengembangkannya agar bisa bertahan lama dan semakin besar.

Tips Mengembangkan Ormas Baru

Ormas baru biasanya masih memiliki sedikit anggota. Selain itu, juga masih ada begitu banyak hal yang harus diperbaiki. Oleh karena itu, penting sekali untuk mengembangkan organisasi yang sedang dijalani. Anda tidak perlu merasa bingung untuk mengembangkannya karena bisa mengikuti tips berikut:

1. Membangun Loyalitas dan Kekompakan

Dalam sebuah organisasi, tentu setiap anggotanya memiliki karakter yang berbeda-beda. Penting sekali bagi pemimpin organisasi untuk membangun loyalitas dan kekompakan setiap anggota.

Kekompakan akan berjalan berdampingan dengan loyalitas. Meskipun setiap orang memiliki perbedaan cara pandang, sikap, dan yang lainnya, namun pastikan semuanya memiliki tujuan yang sama.

Sebuah ormas baru biasanya dibentuk karena memang setiap anggota memiliki kesamaan tujuan. Pemimpin bisa memberikan instruksi dengan bijak agar loyalitas anggota semakin kokoh. Pemimpin juga perlu untuk memberikan motivasi bagi setiap anggotanya.

Perbedaan yang ada pada setiap anggota, justru bisa membuat organisasi semakin kuat. Berikan tugas sesuai kemampuan anggota namun jangan sampai ada yang merasa terdiskriminasi.

2. Pemimpin yang Bijak

Tidak dipungkiri jika pemimpin menjadi bagian yang sangat penting dalam sebuah ormas baru. Penting bagi organisasi baru untuk memiliki pemimpin yang bijak sehingga mampu memberikan instruksi yang tepat.

Pemimpin sebaiknya dipilih berdasarkan musyawarah sehingga bisa dipertimbangkan kelebihan dan kekurangannya. Jika pemimpin dipilih berdasarkan kesepakatan bersama, tentu tidak akan ada yang merasa dirugikan.

Buatlah kriteria yang jelas mengenai calon pemimpin yang akan dipilih. Selanjutnya pilih kandidat yang memungkinkan sehingga anggota bisa menentukan siapa yang paling tepat.

Pemimpin perlu untuk mengetahui apa yang terbaik untuk organisasi. Orang yang terpilih tentu saja merupakan orang-orang yang bukan hanya memiliki ketegasan namun juga memiliki kecerdasan serta kebijaksanaan dalam memimpin seluruh anggota organisasi.

Tidak ada salahnya juga jika seorang pemimpin memiliki sifat yang ramah dan humoris. Dengan begitu, ketika ada diskusi atau menjalankan tugas-tugas dalam organisasi akan terasa lebih menyenangkan.

Pemimpin yang terlalu keras justru akan membuat anggota merasa sungkan dan tertekan dalam berorganisasi. Pemimpin juga perlu untuk selalu terbuka dalam menerima setiap masukan agar organisasi semakin berkembang dan loyalitas bisa terwujud.

3. Kegiatan Positif dan Mengalir

Tips selanjutnya yang bisa dilakukan untuk mengembangkan ormas baru adalah dengan membuat berbagai macam kegiatan. Kegiatan tersebut akan memberikan manfaat khususnya untuk mencapai tujuan bersama dalam organisasi.

Hal yang terpenting ketika membuat sebuah kegiatan adalah menciptakan kegiatan yang membuat semua anggota merasa bertanggung jawab. Jangan sampai kegiatan tersebut bersifat memaksa sehingga anggota bekerja secara tidak ikhlas.

Ketika anggota bekerja dengan tidak ikhlas, sebuah acara atau kegiatan bisa saja tidak berjalan sesuai keinginan. Pada akhirnya, justru akan semakin banyak anggota yang merasa kecewa dan lama-kelamaan organisasi dapat dibubarkan.

Anda bisa mengantisipasi hal ini dengan membuat perhitungan yang benar-benar matang sebelum mengadakan suatu kegiatan. Seorang pemimpin organisasi baru mengemban tugas yang cukup berat karena bukan hanya memimpin anggota, namun juga membawa organisasi agar terus berjalan dan berkembang. 

4. Ciptakan Suasana Kekeluargaan

Di setiap kesempatan, pemimpin organisasi bisa berusaha untuk membuat rapat memiliki suasana yang akrab. Jika sebuah organisasi menjunjung tinggi kekeluargaan dan rasa persaudaraan, semua anggota akan merasa dihargai.

Meskipun dalam organisasi memang memiliki anggota dengan jabatan berbeda-beda, bukan berarti tidak bisa diciptakan solidaritas dan rasa saling menyayangi antara satu sama lain.

Salah satu cara efektif untuk mempererat tali persaudaraan adalah dengan saling terbuka. Buatlah visi misi organisasi berdasarkan rasa kekeluargaan.

Kekompakan dan kepatuhan terhadap aturan yang dimiliki dalam organisasi juga harus dijunjung tinggi. Selain penting dalam memilih pemimpin organisasi, proses perekrutan anggota juga harus memiliki seleksi yang jelas.

Membangun sebuah organisasi kemasyarakatan harus memiliki dasar yang kuat. Mulai dari perekrutan hingga pelaksanaan setiap program-programnya sebaiknya dilakukan dengan penuh tanggung jawab.

Tidak ada organisasi besar tanpa memiliki anggota yang loyal serta pemimpin yang berkualitas. Jika dari semua bagian organisasi mampu menjalankan peran dengan baik, tentu sebuah organisasi akan terjaga bahkan semakin berkembang hingga ke generasi berikutnya.

Memanfaatkan Frame untuk Kampanye Ormas 

Di zaman sekarang untuk mengembangkan sebuah ormas baru agar semakin besar dan dikena luas, Anda bisa memanfaatkan sosial media. Salah satunya yaitu dengan membuat frame atau twibbon organisasi kemudian di-share di sosmed.

Adanya frame digital ini membuat suatu organisasi lebih ekspresif. Frame bisa dipakai untuk mengkampanyekan kegiatan yang akan diadakan organisasi atau untuk memperingati hari spesial tertentu.

Untuk membuat frame atau twibbon, cara paling mudah yang bisa dilakukan adalah dengan membuatnya di rajaframe.com. Melalui website ini, Anda bisa membuat frame organisasi dengan mudah dan gratis.

Dari website rajaframe.com, Anda akan menemukan banyak template yang sudah siap digunakan atau bahkan membuat frame sendiri sesuai keinginan.

Selain menyediakan fitur untuk membuat frame, disini Anda juga bisa membuat poster untuk kemudian di posting di sosial media seperti Facebook, Instagram atau yang lainnya.

Kini Anda sudah mengetahui bagaimana cara untuk mengembangkan ormas baru agar semakin solid dan kenal luas. Rajaframe.com bisa mendukung organisasi dan komunitas apapun untuk melakukan kampanye di sosmed menggunakan frame berkualitas.

Baca Juga