Berapa sih Gaji Kader Pemuda Pancasila Saat Ini?

Berapa sih Gaji Kader Pemuda Pancasila Saat Ini?

Organisasi masyarakat disingkat Ormas adalah organisasi yang ada di dalam masyarakat. Keberadaan organisasi ini dimaksudkan untuk melayani berbagai tujuan dan fungsi yang berbeda. Kelompok massa atau organisasi masyarakat disebut dengan singkatan ormas. Hukum mengatur keberadaan kelompok-kelompok ini. Apa sebenarnya organisasi itu? Pasal 1 angka 1 UU 17/2013 jo. Perpu 2/2017 mendefinisikan organisasi kemasyarakatan atau ormas atau ormas sebagai kelompok yang diciptakan dan dibentuk secara sukarela oleh masyarakat berdasarkan kesamaan aspirasi, keinginan, kebutuhan, minat, kegiatan, dan tujuan dalam rangka ikut serta dalam pembangunan dan memajukan tujuan pembangunan. Ormas ikut membantu tercapainya 0Negara Kesatuan Republik Indonesia berdasarkan Pancasila dan UUD 1945. Sifat kelompok massa ini adalah nirlaba, demokratis, dan sukarela. Ormas kemudian dapat menambahkan sifat-sifat yang mengungkapkan maksud dan cita-cita yang tidak bertentangan dengan Pancasila dan UUD 1945 dalam sifatnya.

 

Sejarah Berdirinya Pemuda Pancasila 

Organisasi Pemuda Pancasila didirikan pada tanggal 28 Oktober 1959. Organisasi ini berbasis di Jakarta. Terbentuknya kelompok atau ormas ini merupakan hasil dari Ikatan Pendukung Kemerdekaan Indonesia (IPKI). IPKI adalah sayap politik personel militer yang masih bertugas aktif. Anggota awal antara lain Ahmad Yani, AH Nasution, Gatot Subroto, dan lain-lain. Pada 28 Oktober 1995, IPKI dengan cepat mendirikan kelompok Pemuda Pancasila setelah PKI menggunakan organisasi Pemuda Rakyat sebagai pion politik. Pemuda Pancasila tidak pernah sepi dari tindakan untuk mempertahankan nilai-nilai Pancasila terhadap gangguan musuh terutama dari dalam. Ketika Indonesia terancam dan hendak diruntuhkan oleh Barisan Pemuda Rakyat pada saat persaingan politik awal 1960-an, kader Pemuda Pancasila dengan sigap muncul melindungi Pancasila. Sejarah juga mencatat bentrokan fisik antar anggota organisasi Pemuda Pancasila dengan Barisan Pemuda Rakyat. 

Jumlah Kader Pemuda Pancasila

Seragam bergaris oranye-hitam dan ormas yang satu ini sama-sama terkait erat dengan pemerintahan Orde Baru. Pada 2012, ada 3 juta anggota Pemuda Pancasila, menurut film dokumenter Jagal. Namun, diperkirakan 9 juta orang saat ini sudah tergabung dalam Pemuda Pancasila. Ketua Umum MPN Pemuda Pancasila memprediksi pada tahun 2024 akan ada 10 juta anggota Pemuda Pancasila di seluruh dunia. Dengan demikian Pemuda Pancasila adalah salah satu kelompok massa terbesar di negara ini dibanding jumlah kader ormas lainnya.

Berapa Gaji Kader Pemuda Pancasila?

Banyak orang tertarik untuk mengetahui berapa penghasilan kader Pemuda Pancasila karena merupakan salah satu massa atau kelompok masyarakat terbesar di Indonesia. Apakah tepat jika masyarakat mengatakan bahwa kader Pemuda Pancasila dibayar mahal? Tidak ada imbalan finansial yang diberikan kepada anggota Pemuda Pancasila atas pekerjaan mereka. Untuk membantu negara dan negara, mereka menyediakan waktu mereka secara gratis. Namun, mungkin ada biaya jika mereka membantu keamanan pada acara-acara tertentu seperti Natal dan Tahun Baru. Seperti organisasi besar lainnya, Pemuda Pancasila mendapatkan dana dari berbagai sumber diantaranya iuran keanggotaan, transaksi hukum, dan hadiah sukarela. Beberapa anggota PP mengelola pasar, tempat parkir, tempat hiburan, dan perusahaan lainnya, Sekjen Pemuda Pancasila tidak mempermasalahkan hal tersebut. Artinya, mereka dibayar untuk layanan penjaga keamanan mereka selama itu dapat diterima dan legal. 

Baca Juga