Kenali Pengertian dan Apa Saja Tujuan Ormas Sebelum Daftar

Kenali Pengertian dan Apa Saja Tujuan Ormas Sebelum Daftar

Ormas atau organisasi masyarakat seringkali menimbulkan pertanyaan dari beberapa kalangan, salah satunya yaitu mengenai tujuan ormas. Sedangkan organisasi kemasyarakatan sendiri dibentuk dan didirikan oleh masyarakat secara sukarela. 

Organisasi masyarakat sendiri dibentuk dan didirikan berdasarkan dengan kehendak, kebutuhan, aspirasi, kegiatan, kepentingan, serta tujuan tertentu. Sehingga dari pembentukan ormas tersebut anggota ormas dapat mewujudkan dan berpartisipasi dalam pembangunan bangsa dan negara.

Tidak hanya itu, kemampuan setiap orang memiliki keterbatasan dari segi tertentu. Mulai dari keterbatasan waktu, tempat, daya pikir, fisik, pengetahuan dan lain sebagainya. Sehingga untuk mewujudkan suatu tujuan yang cukup besar, seseorang akan menemukan kesulitan yang cukup dominan.

Hal tersebut dapat diatasi dengan cara melakukan kerja sama dengan orang lain yang memiliki satu pemikiran dan tujuan yang sama. Sehingga tujuan besar yang ingin diwujudkan bisa dengan mudah terwujud.

Biasanya, organisasi masyarakat berbadan hukum biasanya berbentuk yayasan atau perkumpulan. Ormas berbadan hukum yayasan bisa didirikan tanpa berbasis anggota. Sedangkan ormas berbadan hukum perkumpulan perlu didirikan dengan menggunakan basis anggota.

Namun, untuk mendirikan suatu organisasi masyarakat Anda tentunya perlu memenuhi syarat dan ketentuan yang berlaku. Hal tersebut sesuai dengan perundang-undangan di pasal 12 UU 17/2013 mengenai sejumlah persyaratan yang perlu dipenuhi.

Sejumlah persyaratan yang perlu dipenuhi yaitu terdiri dari akta pendirian, program kerja dan sumber pendanaan. Selain itu, pendiri organisasi masyarakat juga perlu menyiapkan surat keterangan domisili, surat pernyataan tidak sedang dalam sengketa kepengurusan atau dalam perkara di pengadilan dan NPWP atas nama perkumpulan.

Pengertian dari Organisasi Masyarakat

Ormas merupakan salah satu organisasi yang diperuntukkan bagi masyarakat luas yang memiliki banyak kesamaan. Pengertian ormas juga tertera dalam peraturan perundang-undangan pada pasal 1 angka 1 UU 17/2013 Perpu 2/2017.

Hal tersebut tentunya berdampak positif pada kesuksesan dan tercapainya tujuan NKRI sesuai dengan yang tertera dalam Pancasila dan UUD 1945. Sehingga setiap kegiatan dan tujuan setiap ormas harus sesuai dengan undang-undang yang berlaku dan tidak menyalahi aturan pemerintahan.

Tidak hanya itu, ormas juga memiliki sifat yang berbeda daripada organisasi yang lain. Hal tersebut tercantum dengan jelas dari kegiatan yang dilaksanakan dan sebagian besar bersifat mandiri, sosial, sukarela, demokratis dan nirlaba.

Selain itu, ormas juga memiliki ciri-ciri khusus yang dimiliki dan berbeda-beda antara satu dan lainnya. Apapun ciri yang dimiliki, suatu ormas harus memiliki ciri yang tidak bertentangan dengan Pancasila dan UUD 1945 atau mencerminkan kehendak yang sesuai dengan tujuan bangsa dan negara.

Fungsi dan Tujuan Ormas yang Perlu Diketahui Sebelum Daftar

Sebelum mendaftarkan diri sebagai bagian atau anggota suatu ormas, Anda tentunya perlu memahami fungsi dan tujuan ormas tersebut. Yuk, simak ulasan berikut ini secara lengkap untuk mengetahui apa saja fungsi dan tujuan dari organisasi masyarakat.

1. Fungsi dari Organisasi Masyarakat

Tidak hanya memahami pengertian dari organisasi masyarakat, Anda juga perlu mengetahui fungsi dari pembentukan ormas. Fungsi pertama dari pembentukan ormas yaitu sebagai penyalur kegiatan yang sesuai dengan tujuan ormas dan kepentingan bersama.

Selanjutnya, fungsi ormas juga digunakan sebagai sarana pengembangan dan pembinaan anggota agar bisa mewujudkan tujuan yang dimiliki. Selain itu, fungsi ormas juga digunakan sebagai penyalur aspirasi masyarakat pada pemerintah.

Tidak hanya itu, fungsi lain dari ormas yaitu sebagai pemberdayaan masyarakat dan memenuhi pelayanan sosial. Selain itu, fungsi ormas juga digunakan sebagai bentuk partisipasi masyarakat dalam menjaga, memelihara serta memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa dan negara.

Terakhir, organisasi masyarakat juga bisa digunakan sebagai sarana untuk membangun pribadi yang lebih baik. Hal tersebut bisa diwujudkan dengan cara melestarikan dan memelihara norma, etika dan nilai kehidupan agar bisa menjalani kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara yang tepat.

2. Tujuan dari Terbentuk dan Didirikannya Ormas

Setelah mengetahui pengertian singkat dan fungsi dari organisasi masyarakat, Anda juga perlu mengetahui tujuan ormas. Sehingga Anda bisa berpartisipasi dalam kegiatan yang dilaksanakan oleh ormas tertentu tanpa perlu khawatir bertentangan dengan peraturan perundang-undangan di Indonesia.

Tidak hanya pengertian ormas yang tertera dalam perundang-undangan, tujuan ormas juga tercantum dalam undang-undang pasal 5 UU 17/2013 Putusan MK 82/2013. Sehingga setiap tujuan yang tertera tidak menyalahi peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Tujuan pertama dari didirikan serta dibentuknya organisasi masyarakat yaitu untuk meningkatkan partisipasi dan keberdayaan masyarakat. Sehingga dapat membantu membentuk pribadi masyarakat yang lebih produktif.

Selain itu, tujuan ormas lainnya seperti menjaga nilai agama dan kepercayaan terhadap Tuhan yang Maha Esa dan memberikan pelayanan kepada masyarakat. Tidak hanya itu, ormas juga ditujukan untuk memelihara dan melestarikan nilai, norma, moral, budaya, dan etika dalam hidup bermasyarakat.

Kemudian, tujuan lain dari pembentukan ormas dilakukan untuk melestarikan sumber daya alam dan lingkungan hidup serta memperkuat rasa memiliki antara satu orang dan orang lainnya. Hal tersebut dilakukan dengan berbagai kegiatan seperti gotong royong, berinteraksi dengan masyarakat sekitar serta memiliki toleransi terhadap orang lain.

Terakhir, tujuan dibentuknya organisasi masyarakat yaitu untuk memelihara, menjaga sekaligus memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa. Bahkan, organisasi masyarakat merupakan cara efektif untuk mewujudkan tujuan negara.

Anda bisa melihat pengertian dan tujuan organisasi masyarakat yang ada melalui banyaknya pilihan frame yang tersedia dalam website RajaFrame.com. Pada website tersebut, Anda bisa mengetahui tujuan dari ormas dengan melihat frame kegiatan rutin yang diadakan. Demikian ulasan mengenai tujuan ormas, semoga bermanfaat.

 

Baca Juga