Kenali Jenis dan Tipe Lembaga Sosial

Kenali Jenis dan Tipe Lembaga Sosial

Selain mempelajari jenis dan tipe lembaga sosial, alangkah baiknya Anda juga menggali informasi terkait pengertian dan fungsi lembaga sosial. Salah seorang ahli bernama W. Hamilton berpendapat bahwa lembaga sosial ialah cara hidup sekelompok masyarakat yang apabila terjadi pelanggaran, maka si pelanggar akan diberi sanksi sesuai aturan yang berlaku. Secara umum, terdapat bermacam jenis dan tipe lembaga sosial yang dikelompokkan berdasarkan kriteria tertentu.  

Inilah Jenis dan Tipe Lembaga Sosial yang Perlu Anda Ketahui

Dari beragam jenis dan tipe lembaga sosial, ada banyak ciri khas yang dipunyai. Salah satu ciri lembaga sosial yaitu memiliki tujuan yang ingin diraih oleh tiap anggota atau orang-orang yang tergabung di dalamnya. Sebelum membahas tipe lembaga sosial, kenali terlebih dahulu jenis-jenis lembaga sosial seperti berikut ini.

1. Lembaga Keluarga

Lembaga keluarga merupakan lembaga sosial yang terbentuk karena adanya pernikahan juga hubungan darah antar anggota di dalamnya. Kendati termasuk lembaga sosial paling kecil, tetapi peran lembaga keluarga amat penting dalam kehidupan bermasyarakat. Lembaga keluarga tergolong lembaga sosial primer. 

 

2. Lembaga Agama

Selanjutnya ada lembaga agama. Lembaga sosial primer satu ini mengatur kehidupan beragama dalam masyarakat. Lembaga agama pun dapat diartikan sebagai suatu sistem keyakinan yang dilakukan oleh para penganut kepercayaan tertentu. Seperti kita ketahui, agama adalah pegangan utama setiap manusia. Agama juga memiliki peran penting guna menyeimbangkan kehidupan dunia dan akhirat.

 

3. Lembaga Politik

Keberadaan lembaga politik juga tak kalah penting dalam kehidupan masyarakat. Lembaga politik sendiri merupakan suatu lembaga sosial berupa aktivitas dalam kelompok masyarakat yang pembentukan termasuk pembagian tugasnya dilakukan oleh masyarakat itu sendiri. Salah satu wujud lembaga politik adalah pemerintahan yang berfungsi untuk memastikan keamanan dan ketertiban terjaga sehingga tercapai kehidupan bermasyarakat aman serta damai.

 

4. Lembaga Pendidikan

Lembaga pendidikan pun turut berkontribusi dalam mengubah perilaku masyarakat menjadi lebih baik. Lembaga pendidikan masih dibedakan lagi menjadi lembaga pendidikan formal, nonformal, serta informal. Lembaga pendidikan ialah tempat aktivitas belajar mengajar berlangsung. Lembaga sosial ini disebut-sebut sebagai lanjutan dari lembaga keluarga.

 

5. Lembaga Ekonomi

Lembaga Ekonomi adalah lembaga sosial yang kegiatannya berhubungan dengan bidang ekonomi dan bertujuan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Lembaga ekonomi juga tergolong lembaga sosial sebab ia mengatur hubungan orang-orang dalam rangka memenuhi kebutuhan pokoknya.

 

6. Lembaga Budaya

Berikutnya ada lembaga budaya yang merupakan lembaga publik di suatu negara yang mempunyai peran penting dalam mengembangkan seni, budaya, ilmu pendidikan, dan pengetahuan di masyarakat. Lembaga budaya dapat berupa sanggar, LSM (lembaga swadaya masyarakat), hingga paguyuban yang bertujuan melestarikan seni serta budaya suatu daerah hingga negara.

Nah, kita telah mempelajari beragam jenis lembaga sosial yang ada di masyarakat. Sekarang mari kita ulik  beberapa tipe lembaga sosial lebih detail.

1. Lembaga Sosial Menurut Nilainya

  • Lembaga Sosial Primer

Lembaga sosial primer ialah lembaga sosial yang sifatnya pokok atau mendasar dan berfungsi untuk mengatur kehidupan serta hubungan bermasyarakat. Contoh lembaga sosial primer antara lain lembaga agama, lembaga keluarga, lembaga ekonomi, lembaga pendidikan, lembaga hukum, dan sebagainya. Lembaga sosial primer mempunyai empat kaidah keadilan sosial yaitu, kaidah agama, kaidah kesopanan, kaidah kesusilaan, serta kaidah hukum.

 

  • Lembaga Sosial Sekunder

Lembaga sosial sekunder adalah lembaga sosial yang keberadaannya dianggap tak telampau penting bagi sebagian orang. Contoh lembaga sosial sekunder yaitu lembaga pariwisata. Lembaga sosial sekunder perlu digerakkan bersama-sama oleh seluruh lapisan masyarakat secara kompak. Jika tidak demikian, keberadaannya tak akan mampu memberikan dampak maupun pengaruh yang besar terhadap kehidupan masyarakat. 

 

Sebagai catatan, lembaga sosial primer ternyata bisa berubah menjadi lembaga sosial sekunder seiring adanya pergeseran atau perkembangan pola pikir masyarakat. Sebutlah, masyarakat tradisional yang berpendapat bahwa menempuh pendidikan formal tak terlampau penting. Di sini posisi lembaga pendidikan dalam masyarakat tradisional bukan lagi merupakan lembaga sosial primer, tetapi sudah berubah menjadi lembaga sosial sekunder.

 

2. Lembaga Sosial Menurut Penyebarannya

  • General Social Institutions

General social institutions adalah lembaga sosial yang bersifat universal, mempunyai nilai yang tinggi, dan dapat diterima seluruh lapisan masyarakat. Contoh lembaga sosial ini adalah lembaga agama.

 

  • Restricted Social Institutions

Restricted social institutions adalah lembaga sosial yang mulanya dibentuk berdasarkan kepentingan kelompok tertentu hingga lambat laun mempunyai ciri khas yang bisa diterapkan untuk golongan atau kelas lainnya. Sebagai contoh, organisasi pengairan di Bali bernama Subak yang saat ini sistemnya banyak diterapkan di daerah-daerah lain.

 

3. Lembaga Sosial Menurut Perkembangannya

  • Crescive Social Institutions

Crescive social institutions ialah lembaga sosial yang berkembang di masyarakat secara tidak sengaja atau dengan kata lain tak direncanakan pembentukannya. Sebagai contoh, lembaga pernikahan, lembaga hak milik.

 

  • Enacted Social Institutions

Enacted social institutions adalah lembaga sosial yang sengaja dibuat atau dibentuk guna mencapai suatu tujuan. Lembaga ini mulanya merupakan crescive social institutions yang kemudian memiliki struktur atau sistem sosial. Sebagai contoh, lembaga ekonomi.

Demikian berbagai jenis dan tipe lembaga sosial yang ada di masyarakat. Sama halnya dengan komunitas, kekompakan dan keharmonisan lembaga sosial apapun bentuknya harus senantiasa dipupuk. Cara yang simpel, tetapi cukup efektif adalah dengan membuat frame unik yang bisa dipasang di media sosial para anggota. 

Anda tidak perlu bingung jika tak sempat mendesain sendiri, tinggal meluncur saja ke rajaframe.com lalu pilih mana bingkai yang diinginkan. Buatlah satu hari khusus untuk mengubah frame di foto profil media sosial bersama-sama. Dengan demikian rasa persaudaraan dan kedekatan antar anggota pun makin terbangun. 

Baca Juga