Tips Membangun dan Mengembangkan Perkumpulan Agar Kompak

Tips Membangun dan Mengembangkan Perkumpulan Agar Kompak

Ikuti tips membangun kumpulan atau komunitas agar solid dan kompak. Dalam suatu perkumpulan ada banyak orang dengan perbedaan pendapat, idealisme, pemikiran dan lain sebagainya. Agar bisa tumbuh dan berkembang bersama, diperlukan upaya yang intensif dan juga terencana. 

Tips Membangun Komunitas Yang Menyatu 

Ada berbagai cara untuk menyiasati kumpulan agar selalu sehati. Berikut adalah beberapa tips membangun dan mengembangkan perkumpulan yang bisa Anda dan komunitas Anda coba terapkan. Berikut adalah beberapa contoh yang mudah untuk dipraktekan dan kita kerap lihat di lingkungan kita sendiri. 

1. Manfaatkan Sosial Media

Teknologi memudahkan kumpulan untuk berinteraksi walaupun tidak berada pada satu tempat yang sama. Sosial media bisa dipakai sebagai wadah baik sebagai media komunikasi atau promosi. Jadi Anda akan membangun dan mengembangkan komunitas pada waktu yang sama. 

Anda bisa mulai dengan membuat konten yang berhubungan dengan isu yang diangkat kumpulan Anda. Kemudian posting ke akun sosial media dimana anggota bisa saling berinteraksi. Orang lain jadi bisa melihat bagaimana kumpulan Anda berkomunikasi dan membahas hal – hal sesuai dengan visi dan misinya. 

2. Jadwal Ketemu 

Tips membangun kumpulan berikut perlu dilakukan dengan rutin untuk memberikan dampak yang konsisten. Setidaknya buat jadwal untuk Kopdar atau kopi darat, minimal sebulan sekali. Masa pandemi memperkenalkan cara ketemu digital yang memakai aplikasi seperti Zoom atau Google Meet. 

Anda jadi bisa bertemu dengan anggota komunitas walau ada ditempat yang berbeda – beda. Silaturahmi dapat mempererat persaudaraan dalam komunitas dan juga jadi ajang untuk mempopulerkan komunitas dan berbagai acara yang dilakukan. 

3. Melibatkan Anggota 

Satu hal yang menantang tentang membuat kumpulan adalah bagaimana tiap anggota merasa terlibat. Karena tidak bisa semua orang menjadi pengurus atau ketua, tentu ada anggota yang hanya kebagian tugas sebagai anggota. Untuk mereka, pikirkan tugas dan tanggung jawab sehingga tiap anggota merasa sebagai bagian dari komunitas. 

Anda bisa membagi komunitas dalam kelompok kecil dengan tanggung jawab seperti tim promosi, tim dokumentasi dan lain sebagainya. Buat suatu kewajiban bagi tiap anggota untuk bergantian memegang peranan dalam event yang dilakukan kumpulan. Dengan itu, komunitas bisa tumbuh dan berkembang secara harmonis.

4. Riset Program Pengembangaan Komunitas

Keberadaan kumpulan tentu diharapkan bisa membantu tiap individu untuk berkembang bersama. Misalkan kumpulan pedagang atau penari. Mereka tentu berharap dengan bergabung pada suatu kumpulan bisa mendapatkan ilmu, pengetahuan dan relasi. 

Oleh karena itu, agar kumpulan bisa maju, pikirkan bagaimana anggota – anggotanya dapat berkembang dalam hal keterampilan dan pengetahuan. Kembangkan program yang sudah di reset terlebih dahulu, Jadi, Program yang dijalankan bisa benar – benar tepat sasaran. 

5. Dorongan Positif

Dukungan positif tentu akan lebih efektif untuk menginspirasi atau memberi semangat orang untuk melakukan sesuatu. Kalau program pengembangan kumpulan dipikirkan bersama tentu hasilnya akan lebih baik dan juga dapat dilakukan dengan cepat. 

Kalau Anda menetapkan pembagian kalimat penyemangat dan penghargaan atas tiap usaha yang dilakukan, maka komunitas Anda tentu akan cepat maju. Bahkan apresiasi yang sederhana seperti ucapan terima kasih dan semoga sukses bisa membuat orang jadi memiliki dorongan untuk memberikan performa terbaiknya. 

6. Pilihan Tempat Yang Nyaman 

Seseorang bisa berkembang secara optimal ketika merasa berada di tempat yang nyaman. Setidaknya mereka perlu merasa diterima dan disambut di kumpulan tersebut. Oleh karena itu, kalau ingin menjalani kumpulan secara serius, pilih tempat kumpul yang seru dan juga nyaman. 

Suatu tempat dimana setiap orang bisa jadi diri sendiri dan juga merasa cukup nyaman untuk berinteraksi dengan orang lain. Tips membangun kumpulan yang paling efektif adana memilih tempat yang cukup besar untuk memuat semua anggota dan menciptakan suasana yang seru dan kompak. 

7. Program bermakna dan Sesuai 

Tiap kumpulan memiliki alasan sendiri untuk dibentuk. Itulah sebabnya setiap komunitas  memiliki visi dan misis agar tiap anggota memahami, menerima dan juga melaksanakannya. Jadi, setiap orang memiliki tujuan jelas bergabung dengan suatu kumpulan. 

Program pengembangan komunitas harus sesuai dengan identitas komunitas. Hal yang paling penting adalah memiliki nilai dan bukan hanya sekedar kumpul dan makan – makan. Dengan demikian, semua orang merasa kegiatan yang dilakukan penting dan tidak ada yang merasa kecewa dengan program yang sudah disusun dan direncanakan. 

8. Memupuk Kebersamaan 

Anggota kumpulan perlu bentuk nyata yang dapat mereka pakai dan gunakan untuk menunjukkan kalau mereka anggota dari suatu komunitas. Komunitas Anda bisa membuat kaos, topi dan aksesoris lainnya dengan penempatan logo kumpulan untuk menandakan kalau yang memakai benda – benda tersebut adalah anggota dari suatu komunitas.  

Dalam prakteknya, anggota kumpulan akan merasa lebih diterima dengan berbusana kembaran dengan anggota lainnya. Memakai benda – benda yang sama juga akan menghindari adanya perbedaan yang terlalu signifikan dan menghindari pihak lain merasa lebih rendah diri atau lebih hebat. 

Tips membangun kumpula di atas dapat dicoba pada kumpulan Anda sendiri. Mulai dari membina kekompakan dengan pakai baju yang seragam sampai melakukan berbagai kegiatan bersama. Ada banyak opsi aktivitas yang dapat seseorang lakukan agar mendapat penerimaan di suatu komunitas. Dengan begitu kumpulan bisa dibangun dan berkembang secara optimal. 

Jangan lupakan hal – hal seperti akun sosial media, situs dan berbagai media promosi online yang bisa dibuat secara seragam. Jadi, kumpulan Anda memiliki identitas dan dapat dimanfaatkan untuk mengembangkan komunitas secara lebih luas lagi. Anda bisa memesan frame kumpulan pada rajaframe.com untuk membuat berbagai frame event secara digital. Dengan demikian kumpulan Anda bisa jadi lebih populer karena mengandalkan internet untuk mempopulerkannya. 

Baca Juga