Inilah Ucapan Idul Fitri yang Baik dan Benar untuk Diberikan kepada Rekan atau Saudara

Inilah Ucapan Idul Fitri yang Baik dan Benar untuk Diberikan kepada Rekan atau Saudara

Momen kemenangan umat Islam tidak akan luput dari memberikan ucapan hari raya. Baik itu disampaikan secara langsung maupun melalui pesan singkat. Bahkan ada juga yang membuat kalimat Idul Fitri berbentuk video. Di dalam ajaran agama Islam, ucapan Idul Fitri yang baik dan benar harus dilakukan layaknya memberikan doa terbaik.

Doa yang tersemat di dalam ucapan Idul Fitri yaitu semoga Allah menerima amal ibadah kami dan amal ibadah kalian. Jika dalam Bahasa Arab maka disebutkan taqobalallahu minna wa minkum, dan ini menjadi ucapan ketika Idul Fitri yang sesuai dengan ajaran sunnah. Seperti kutipan dari Kitab Fathul Bari, para sahabat Rasulullah saling mengucapkannya.

Etika Memberi Ucapan Idul Fitri yang Baik dan Benar

Sebelum memberikan ucapan selamat hari raya, ada baiknya untuk memperhatikan beberapa etika. Sebab, jarak terkadang menjadi penghalang untuk silaturahmi secara langsung, dan telepon menjadi solusi untuk memberi ucapan. Perlu diingat bahwa ketika salah pemilihan kata, dapat menyebabkan kesalahpahaman.

1. Hormati yang Dituakan untuk Dihubungi Terlebih Dahulu

Etika dalam memberikan ucapan Idul Fitri yang baik dan benar wajib untuk diperhatikan. Pertama, jika berada jauh dari sanak saudara dan kerabat, maka dahulukan untuk menghubungi yang dituakan atau orang tua. Sebab, ridhonya orang tua merupakan ridho Allah swt. Jadi, jangan sampai yang dituakan justru menghubungi terlebih dahulu.

Begitu juga apabila hendak bersilaturahmi kepada keluarga besar. Misalkan, sudah tidak tinggal bersama orang tua, maka tempat yang pertama wajib dikunjungi adalah rumah orang tua. Dahulukanlah ibu dan ayah untuk mengucapkan selamat hari raya secara langsung dan mendoakannya, selagi mereka masih ada di dunia.

2. Sebaiknya Telepon Langsung atau Pakai Pesan Singkat?

Kemajuan teknologi terbukti memberikan banyak perubahan dan kemudahan dalam urusan komunikasi. Jarak yang jauh, butuh ongkos mahal, menjadi dekat dan murah melalui telepon atau smartphone. Bertatap muka pun bisa melalui video call, dan ini bisa dimanfaatkan sebagai ajang silaturahmi untuk mengucapkan selamat hari raya Idul Fitri.

Ucapan Idul Fitri yang baik dan benar kepada saudara, hendaknya dilakukan melalui telepon langsung atau video call. Bentuk silaturahmi jarak jauh ini, bisa mengobati sedikit rasa rindu berkumpul dengan keluarga di hari raya. Sementara untuk rekan, bisa pilih pakai pesan singkat atau video yang dikreasikan sesuai tema ucapan Idul Fitri.

3. Berikan Salam Sebelum Mengucapkan Selamat Hari Raya

Telepon langsung atau melalui pesan singkat teks maupun video, bisa digunakan sebagai media untuk mengucapkan selamat hari raya. Namun, perhatikan juga etika saat membuka kalimat ucapan. Pertama, ucapkanlah salam, karena di dalamnya mengandung doa yang baik. Layaknya hendak silaturahmi bertamu ke rumah rekan dan saudara.

Bukankah tidak baik, jika masuk ke rumah orang lain tanpa adanya salam? Oleh karena itu, sangat penting membuka suatu ucapan hari raya dengan memberi salam. Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh – semoga kedamaian bersamamu, serta pengampunan dan berkah dari Allah swt.

4. Sematkan Ucapan Idul Fitri yang Sunnah

Setelah mengucapkan salam, jika bertemu langsung maka jabatlah tangan saudara atau rekan yang muhrim. Peluk erat, dan cium pipinya, lalu berikan ucapan Idul Fitri yang baik dan benar. Selanjutnya, sematkan ucapan yang sunnah layaknya yang dilakukan oleh para sahabat Rasulullah saw ketika bertemu di hari raya Idul Fitri.

Lalu, bila menggunakan telepon, video call, atau pesan singkat, bisa diberikan ucapan yang puitis atau langsung kepada inti mengucapkan hari raya. Namun, tetap untuk menyematkan ucapan Idul Fitri seperti yang disunnahkan – taqobalallahu minna wa minkum – semoga Allah menerima amal ibadah kami dan amal ibadah kalian.

Contoh Ucapan Idul Fitri yang baik dan benar kepada Rekan dan Saudara

Ucapan Idul Fiti berikut ini biasanya diterapkan untuk membuat pesan singkat atau tulisan yang disematkan di dalam video. Jangan lupa untuk memasukkan salam – Asalammualaikum warahmatullahi wabarakatuh – untuk membuka kalimat ucapan berikut ini yang bisa digunakan saat hari raya Idul Fitri.

1. Ucapan Idul Fitri Pakai Sajak

Ucapan Idul Fitri yang baik dan benar juga bisa pakai sajak di dalam kalimatnya. Layaknya memberikan pantun, setiap kata memiliki rima di dalamnya. “Ramadhan hanya pergi sebentar. Pintu maaf pun terbuka lebar. Kembali suci di Idul Fitri. Mari kita saling membuka diri. Selamat Hari Raya Idul Fitri. Taqobalallahu minna wa minkum.”

2. Ucapan Idul Fitri Pakai Pendekatan Personal

Tidak banyak orang yang mampu menuliskan ucapan idul fitri yang berima seperti contoh sebelumnya. Oleh karena itu, bisa juga memilih contoh ucapan Idul Fitri yang menggunakan pendekatan personal. Meski terkesan formal, memberikan ucapan kepada rekan dan saudara justru menimbulkan rasa akrab.

Contoh ucapan Idul Fitri yang baik dan benar, “Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh rekanku atau saudaraku (sebutkan namanya). Selamat Hari Raya Idul Fitri. Semoga kita dapat bertemu kembali dengan Ramadhan Tahun Depan. Taqobalallahu Minna wa Minkum.”

Baca Juga