Fungsi dan Peran Lembaga Desa untuk Masyarakat

Fungsi dan Peran Lembaga Desa untuk Masyarakat

Sebelum mencari informasi tentang organisasi di lingkungan lain, tidak ada salahnya untuk mencoba mengenali lembaga desa dan jenis-jenisnya yang bisa menjadi referensi untuk memperluas jaringan pertemanan Anda. Tertarik mencoba?

Ikut organisasi desa tidak hanya fokus pada pemerintahan saja, pasalnya ada Karang Taruna yang menjadi salah satu jenis lembaga kemasyarakatan. Perkumpulan yang satu ini dapat menjadi wadah untuk mengikat tali silaturahmi dengan tetangga di desa dan juga meningkatkan skill dalam bermasyarakat.

Namun sebelum Anda join organisasi yang ada di desa, pastinya Anda harus kenal betul dengan tujuan hingga tugas lembaga kemasyarakatan desa. Semakin Anda paham akan informasi tersebut, biasanya akan menambah motivasi untuk bergabung menjadi bagian dari organisasi desa yang ada didalamnya.  

Tujuan Pembentukan Lembaga Desa

Lembaga kemasyarakatan desa tentunya tidak dibentuk asal-asalan. Ada tujuan yang melatarbelakangi pembuatannya yang dimaksudkan untuk keberlangsungan hidup masyarakat di desa sekitar. Agar bisa aktif berpartisipasi, Anda harus tahu apa saja tujuan pembentukannya seperti berikut ini:

1. Upaya Meningkatkan Nilai Kehidupan Masyarakat

Tujuan utama dari pembentukan lembaga desa adalah sebagai upaya meningkatkan nilai kehidupan masyarakat seperti gotong royong dan juga kekeluargaan. Lembaga ini diharapkan mampu melestarikan nilai-nilai tersebut agar tidak hilang.

2. Upaya Meningkatkan Kinerja Pemerintah

Tidak hanya berguna untuk masyarakat, organisasi yang ada di desa dibentuk dengan tujuan untuk membantu kelancaraan kinerja pemerintah dalam hal pembangunan ataupun kegiatan lain. Sehingga pemerintah mampu bekerja secara adil di semua wilayah kuasanya.

3. Upaya Menggalakan Partisipasi

Masyarakat tidak akan maksimal berpartisipasi di segala kegiatan pemerintahan jika tidak ada struktur lembaga desa yang menggerakannya. Hal inilah yang menjadi tujuan organisasi desa selanjutnya yaitu sebagai pelopor dalam menggalakkan seluruh potensi masyarakat desa.

4. Upaya Meningkatkan Pelayanan 

Tujuan lain dari pembentukan lembaga desa yaitu untuk meningkatkan pelayanan masyarakat baik itu pengembangunan kemitraan, pemberdayaan masyarakat, hingga pengembangan lain diharapkan mampu memenuhi kebutuhan masyarakat.

Jika dilihat dari tujuan pembentukan lembaga desa di atas, dapat disimpulkan bahwa latar belakangnya tetap untuk mensejahterakan masyarakat. Oleh karena itu, jika Anda ikut masuk ke perkumpulan ini bisa membantu meningkatkan taraf hidup tetangga dan merupakan pekerjaan mulia yang tidak salah untuk dilakukan.  

Tugas, Fungsi, dan Kewajiban Lembaga Desa

Lembaga desa memiliki kedudukan sebagai mitra pemerintah dalam membangun wilayah yang berkualitas dari segi perencanaan, pelaksanaan, dan juga pengendalian pembangunan. Sehingga tugas serta peran dari lembaga ini mengacu pada masyarakat.

Adapun berikut ini merupakan rincian apa saja tugas yang wajib dilakukan oleh anggota di lembaga desa:

  1. Menyusun rencana pembangunan yang bersifat partisipatif.
  2. Mengendalikan, melaksanakan, memelihara, dan mengembangkan pembangunan dengan baik.
  3. Mengembangkan dan menggerakkan partisipasi, swadaya, dan gotong royong masyarakat.
  4. Menumbuhkan lingkungan yang dinamis bagi masyarakat dalam rangka untuk pemberdayaan masyarakat. 

Nah itulah daftar tugas lembaga desa yang harus dipertanggung jawabkan oleh semua anggotanya. Tidak sama dengan tugasnya, kelembagaan desa memiliki fungsi seperti di bawah ini. 

  1. Menyalurkan dan menampung aspirasi masyarakat dalam hal pembangunan desa.
  2. Memupuk dan menanam rasa persatuan masyarakat untuk memperkokoh NKRI.
  3. Meningkatkan kualitas pelayanan pemerintah terhadap masyarakat.
  4. Menyusun pelaksanaan, rencana, pelestarian, hingga pengembangan hasil-hasil pembangunan.
  5. Menumbuh kemampuan prakasa, swadaya, dan partisipasi gotong royong masyarakat.
  6. Meningkatkan dan memberdayakan kesejahteraan keluarga.
  7. Memberdayakan hak politik masyarakat.

Selain tugas dan fungsi lembaga kemasyarakatan desa di atas, lembaga yang satu ini juga memiliki kewajiban lain yang tidak kalah pentingnya untuk diperhatikan, diantaranya adalah:

  1. Mengamalkan dan memegang teguh Pancasila, Undang-Undang Tahun 1945, serta mempertahankan keutuhan NKRI.
  2. Menjalin hubungan kemitraan dengan banyak pihak terkait.
  3. Menaati seluruh peraturan perundang-undangan.
  4. Menjaga norma dan etika di kehidupan bermasyarakat.
  5. Membantu Kepala Desa dalam menjalankan kegiatan pemerintahan, kemasyarakatan, dan pembangunan.

Sekarang Anda sudah tahu apa saja fungi, tugas, dan kewajiban anggota lembaga desa. Apakah kini Anda sudah semakin yakin untuk bergabung di dalamnya? Ternyata organisasi desa juga memiliki beberapa jenis atau contoh yang selanjutnya akan kami bahas di bawah ini. 

Jenis-Jenis Lembaga Desa

Kelembagaan desa memiliki peran yang sangat penting dalam perkembangan masyarakat di lingkungan wilayah desa yang bersangkutan. Hal inilah yang membuat lembaga tersebut memiliki beberapa jenis yang dibedakan berdasarkan tugasnya.

  1. Lembaga Pemberdayaan Masyarakat atau LPMD
  2. Lembaga Adat
  3. Tim Penggerak PKK Desa atau Kelurahan
  4. RT dan RW
  5. Karang Taruna
  6. Linmas

Dari keenam jenis lembaga desa tersebut, manakah yang ingin Anda ikuti? Sebagai pemuda, sangat disarankan untuk ikut bergabung di Karang Taruna karena mampu meningkatkan pemahaman Anda sebagai anak milenial. 

Nantinya jika Anda sudah masuk ke dalam lembaga yang diinginkan, Anda wajib ikut berperan aktif mengikuti semua acara atau kegiatan yang diselenggarakan. Nah salah satu bentuk partisipasi adalah dengan menyebarkan poster kampanye acara menggunakan Rajaframe.

Rajaframe menyediakan berbagai jenis desain poster atau twibbon yang dapat Anda gunakan untuk mempromosikan acara desa yang akan berlangsung agar diketahui banyak orang. Tidak perlu susah payah mendesain lagi, cukup kunjungi website resmi Rajaframe  dan dapatkan desain yang diinginkan.

 Nah sekarang tidak ada alasan lagi untuk tidak ikut aktif di lembaga desa. Yuk asah skill berorganisasi Anda mulai dari lembaga masyarakat dan ikut semua kegiatannya dengan maksimal. Jangan lupa untuk menggunakan desain terbaik dari Rajaframe dalam menggalakkan event yang berlangsung. 

Baca Juga