Demam Batu Akik, Sempat Redup dan Sekarang Mulai Menggeliat

Demam Batu Akik, Sempat Redup dan Sekarang Mulai Menggeliat

Penduduk Indonesia pernah mengalami demam batu akik. Di setiap kota selalu ada bisnis yang menjual batu akik dan perhiasan di hampir setiap sudut jalan. meskipun begitu, ternyata masih banyak orang yang masih belum bisa membedakan antara batu permata dan batu akik. Batu akik sendiri masih dipandang oleh masyarakat sebagai primadona. Banyak kolektor masih mencari berbagai jenis batu akik untuk dikoleksi, meski harganya lumayan mahal. Banyak orang terpesona dengan keindahan batu akik itu sendiri. Banyak juga kolektor batu akik yang berburu dengan mengunjungi berbagai lokasi yang diklaim sebagai sumber batu akik.

Perbedaan Batu Permata dan Batu Akik

Batu akik adalah batuan alam yang terbentuk dari lava atau sisa-sisa tumbuhan yang membatu. Batu akik banyak ditemukan di sungai-sungai yang berhulu ke pegunungan. Akik adalah batuan yang terbentuk secara alami di permukaan bumi. Akik ada dalam beberapa varietas, di antaranya akik pancawarna, dan bacan. Setiap daerah di Indonesia memiliki batu akik khas yang tidak dapat ditemukan di tempat lain. Akik harus terlebih dahulu dipotong, dipoles, dan tahap proses lainnya sebelum dapat digunakan sebagai perhiasan seperti cincin atau liontin kalung. Akik berbeda dari batu permata. Batu akik biasanya di bagian di permukaan tanah dan dapat ditemukan dengan mencari di sungai.

Lain halnya dengan batu permata yang ditambang, dengan cara diekstraksi dari bumi. Kategori batu permata diantaranya mencakup batu permata zamrud, safir, kecubung, dan berlian. Wanita lebih memilih safir dan zamrud sebagai batu permata. Wanita lebih menyukai batu permata dalam bentuk perhiasan seperti anting, kalung, cincin, gelang, dan perhiasan pakaian. Banyak wanita umumnya lebih suka batu permata daripada batu akik. Karena batu permata lebih menarik dan bisa dibentuk dalam dalam ukuran kecil. Lain halnya dengan kaum pria yang lebih suka batu akik.

Jenis Batu Akik Termahal

Ada banyak contoh batu akik mahal ini. Berikut ini beberapa jenis batu akik termahal dan populer yang banyak dicari para kolektor batu akik.

Batu Akik Bacan Hijau

Batu akik jenis ini banyak dicari oleh para kolektor batu cincin. Varietas batu akik khusus ini sangat populer. Batu Akik dari Halmahera Selatan, Maluku Utara, khususnya wilayah Pulau Kasiruta, sangat diminati oleh para kolektor batu cincin baik lokal maupun internasional. Jenis batu akik Bacan ini diperkirakan berubah secara alami. Semakin lama, warnanya akan semakin memukau. Bacan Doko dan Bacan Palamea adalah varietas yang paling terkenal dari jenis batu akik bacan ini.

Batu Akik Sulaiman

Menurut kepercayaan, Nabi Sulaiman AS menggunakan jenis batu ini, itulah sebabnya ia dikenal sebagai batu akik Sulaiman. Batu Sulaiman dapat ditemukan hampir di mana-mana di Indonesia. Batu Akik Sulaiman ada banyak jenis seperti jenis Madu, Daud, Wulung, Combong, Kuning, Emas, Hijau, Biru, Hitam, Pancawarna, Susu, Derajat, dan Kurung, menjadi incaran para kolektor.

Batu Akik Topaz

Varietas batu akik termahal yang juga dikenal sebagai ratu batu mulia oleh para kolektor. Warna batu akik Topaz dari oranye ke kuning hingga kemerahan. Varietas batu akik termahal ini dapat ditemukan di Brasil, Sri Lanka, Meksiko, dan Rusia. Dikatakan juga bahwa batu akik ini dapat membantu pemakainya merasa tenang dan nyaman. 

Batu Akik Kalimaya

Batu Akik Kalimaya sering juga disebut Black Opal. Meskipun agak lunak, jenis batu akik termahal ini telah mendapatkan popularitas di kalangan kolektor karena kemampuannya memancarkan warna yang mirip dengan berlian. Jenis batu akik ini juga dikenal sebagai Opal di negara-negara seperti India, Meksiko, Australia, dan Mesir. Itu ditambang di provinsi Banten, Indonesia.

Jenis Batu Akik Kalimantan

Batu Kecubung, jenisnya adalah Wulung Kalimantan, Kecubung Tanduk, Kecubung Air, dan Kecubung Es adalah beberapa jenis batu kecubung asli. Potongan batu akik Kecubung ini motifnya unik sehingga cocok untuk tua maupun muda. Batu akik ini juga dapat memberikan wibawa pada pemakainya.

Komunitas Batu Akik

Untuk menghidupkan kembali minat pada batu, komunitas batu akik menyelenggarakan kompetisi batu akik nasional. Tujuan acara ini adalah untuk menghidupkan kembali minat terhadap batu akik. Kompetisi nasional ini menampilkan berbagai model dan jenis batu akik yang bersaing memperebutkan gelar juara. Tujuannya untuk mengikuti kompetisi dan memenangkan harga yang sepadan dengan kualitas batu yang mereka miliki, serta untuk meningkatkan hubungan dengan penghobi dan kolektor lainnya.

Baca Juga