Komunitas Penggemar Mobil Toyota Great Corolla

Komunitas Penggemar Mobil Toyota Great Corolla

Pemerintah Jepang memproduksi Great Corolla dari tahun 1991 hingga 1995. Terkenal memiliki bodi dan mesin yang tahan lama. Meskipun usianya sudah lanjut, Toyota Great Corolla adalah kendaraan yang dapat diandalkan dan bergaya. Selain itu, mudah untuk menemukan dan membeli suku cadang. Mesin 1.600 cc 4AFE sangat mumpuni dan hampir tidak pernah mengalami masalah apa pun. Dengan mesin 4 silinder, Greco memiliki mesin yang terkenal bandel dan mudah dirawat. Ada banyak contoh Great Corolla bekas yang beredar di pasaran karena merupakan sedan terlaris di masanya. Meski begitu, bagi Anda yang ingin membelinya harus berhati-hati. Pasalnya, Great Corolla sebagai mobil bekas yang sudah berusia lebih dari 20 tahun memiliki banyak kekurangan. Banyak komponen suku cadang, khususnya, telah mencapai akhir masa pakainya dan harus diperbaiki sebelum dapat digunakan kembali. 

 

Keunggulan Toyota Great Corolla

1. Desain Abadi

Gaya klasik Toyota Great Corolla asli menjadi salah satu keunggulannya. Salah satu model sedan dengan tampilan timeless adalah Toyota Great Corolla menurut kami. Sudut bodi Toyota Great Coorola lebih membulat dibandingkan pendahulunya. Gaya ini tampaknya telah populer pada saat beberapa pembuat mobil mulai menggunakan desain bodi sedan bulat. Selain itu, bodi Great Corolla cukup basic namun tampil elegan. menggunakan gril kecil dengan emblem Toyota dan lampu depan sederhana. Lampu belakang kendaraan ini terlihat mulai dari bagasi hingga logo Corolla di bagian belakang.

2. Spare Part Mudah Didapat

Untuk kendaraan yang lebih tua, ketersediaan suku cadang sangat penting. Hal ini berlaku untuk Toyota Great Corolla, yang suku cadangnya berlimpah di pasaran. Tidak hanya itu, biaya perawatan sedan ini cukup murah. Tune-up, pembersihan injektor, dan penggantian filter, misalnya, dapat dilakukan di bengkel spesialis Great Corolla. Selain mudah didapatkan, suku cadang seperti kampas rem juga memiliki harga yang terjangkau.

3. Kondisi Nyaman

Toyota Great Corolla adalah kendaraan bekas dari tahun 1990-an. Menurut komunitas Toyota Great Corolla, meskipun mobil ini lebih tua, namun tetap dianggap sangat menyenangkan. Tentu saja, beberapa komponen perlu diregenerasi agar bisa sampai ke tempat yang nyaman ini. Ini diperlukan agar suku cadang Great Corolla dapat bekerja efisien pada puncaknya.

4. Mesin Bandel

Mesin Toyota Great Corolla ulet, atau memiliki durabilitas yang tinggi. Mesin di Great Corolla terbuat dari logam, bukan aluminium. Bahan casing mesin ini lebih awet dan tahan panas. Dibanding aluminium memiliki daya tahan yang rendah tetapi memiliki keunggulan lebih ringan.

Kekurangan Toyota Great Corolla

Penyakit yang mengganggu ketika pertama membeli mobil Great Corolla bekas. Kekurangannya adalah suku cadang yang sudah tua dan harus diremajakan.

1. Kaki-Kaki Lemah

Jika Anda ingin membeli Great Corolla bekas. Toyota Great Corolla, seperti kebanyakan mobil tua, memiliki kaki yang goyah. Alhasil, saat membeli unit bekas, amati kondisi kaki sebagai prioritas utama Anda. Toyota Great Corolla sering mengeluarkan suara yang tidak biasa di dekat kaki. Saat melintasi jalan yang rusak, mobil dapat mengeluarkan suara dentuman, yang dapat disebabkan oleh kerusakan ball joint. Bushing rem juga sangat rentan terhadap kegagalan. Busing karet pada sayap mobil ini berperan penting dalam menopang beban, jika busing karet gagal atau pecah, akan terdengar bunyi dentuman. Bahkan saat pengereman, mobil mengeluarkan suara berderit. Kerusakan pada balljoint menghasilkan suara yang mirip tetapi lebih keras daripada kerusakan pada sambungan bola. Untuk memperbaiki kerusakan ini, suku cadang yang aus harus diganti. 

2. Kurang Tenaga

Sebagai mobil tua, Great Corolla terkadang terasa kurang bertenaga. Beberapa faktor dapat menjadi penyebab dalam hal ini. Misalnya, kurangnya pasokan bahan bakar ke ruang bakar. Ada kemungkinan injektor tersumbat, ada kebocoran di saluran, atau pompa bahan bakar rusak. Knalpot yang menyala atau berasap juga bisa menunjukkan campuran bahan bakar yang berlebihan. Busi yang rusak juga dapat menyebabkan gejala ini. Banyaknya campuran udara dan bahan bakar yang tidak terbakar di ujung knalpot menunjukkan jumlah campuran udara. Bawa mobil Anda ke bengkel langganan jika Anda yakin kinerjanya menurun akibat hal ini.

3. Delco Rembes

Ini terjadi sepanjang waktu, Delco rembes. Delco merupakan salah satu komponen sistem pengapian pada mobil. Alat ini mendistribusikan kumparan induksi tegangan tinggi sekunder ke busi sesuai dengan urutan penyalaan mesin. Delco Great Corolla ini sering bocor. Akibatnya, jika sudah merembes, masalahnya degradasi. Untuk penanganan, komponen ini harus diganti, bisa copot atau ganti baru. Masalah utama adalah soal biaya yang cukup sekitar Rp. 9 juta. Delco bocor karena begitu dekat dengan mesin. Ketika seal menjadi panas, itu akan bocor. 

Komunitas Toyota Great Corolla

Tujuan dari Great Corolla Club Indonesia adalah untuk menyatukan penggemar Great Corolla dari seluruh Indonesia untuk pengalaman berkendara yang funtastis. Terdapat 72 cabang GCCI di Indonesia dengan 3.300 anggota yang tersebar di Sumatera, Jawa, Bali, Nusa Tenggara, Kalimantan, dan Sulawesi.  Semua orang diterima di GCCI, termasuk anak-anak, dewasa, dan keluarga. Karena semua dianggap saudara. Apapun perbedaan pekerjaan dan perbedaan usia, tidak jadi masalah. Mereka percaya bahwa dalam sebuah komunitas atau klub, semua perbedaan harus dihilangkan. Visi dan misi utama didirikan atas dasar saling menghormati dan musyawarah untuk mencapai mufakat.

Dengan touring ke berbagai wilayah, komunitas mobil Toyota Great Corolla atau Greco berusaha membantu mengembangkan dan memasarkan destinasi wisata di Indonesia. Kemudian, semua anggotanya diwajibkan untuk mematuhi peraturan lalu lintas, dan segala tindakan yang melanggar hukum dilarang keras. Tujuannya adalah untuk menanamkan harapan pada masyarakat Indonesia. Dengan berkeliling ke daerah-daerah, masyarakat ikut membantu mempromosikan pariwisata di Indonesia. Setiap anggota dituntut untuk menjaga ketertiban lalu lintas, praktik berkendara yang baik dan berpartisipasi aktif dalam pemberantasan narkoba hingga pelestarian lingkungan. Jika terjadi musibah atau bencana alam, seluruh anggota GCCI merespon dengan membantu para korban. Mereka juga terlibat dalam bidang sosial. 

 

Baca Juga