Manfaat Blog Bisnis Menjaring 434% Calon Pelanggan Baru

Manfaat Blog Bisnis Menjaring 434% Calon Pelanggan Baru

Konsep blog bisnis memang belum banyak digunakan di Indonesia, Terutama jika dibandingkan dengan praktik bisnis online di luar negeri. Faktanya, banyak orang berargumen bahwa hanya bisnis besar saja di Indonesia yang memiliki blog. Memang, proses memulai dan memelihara blog dapat menjadi tantangan bagi beberapa pemilik bisnis. Ada banyak sekali pengetahuan teknis yang harus dikuasai dan digunakan.

Belum lagi soal biaya dimana perusahaan Anda harus membayar penulis untuk menulis artikel secara rutin, yang dengan sendirinya menambah biaya operasional tambahan. Namun, blog adalah komponen penting dari rencana pemasaran online. Blog membantu perusahaan dalam memahami karakteristik calon pelanggan yang potensial. Blog juga dapat membantu bisnis Anda  membangun reputasi bisnis sehingga memudahkan pelanggan menemukan Anda.

Tujuan Membangun Blog Perusahaan

1. Menemukan Calon Konsumen Potensial

Intinya, tidak ada orang yang mau disuruh untuk membeli sesuatu. Anda pasti sudah pernah mengamati bahwa banyak pengguna online yang berusaha menghindari penawaran. Karena jelas bahwa tujuan utama penawaran adalah membujuk calon konsumen untuk melakukan pembelian. Di sisi lain, banyak calon pembeli menyukai teknik soft selling atau bentuk promosi yang terselubung. Pendekatan yang berbeda untuk membina ikatan emosional dengan calon konsumen lebih dihargai. Calon konsumen terkadang tidak menyadari bahwa konten yang mereka konsumsi sebetulnya adalah iklan. Dengan memiliki blog, Anda bisa menemukan mana pasar yang potensial. 

2. Meningkatkan Lalu Lintas Online

Bisnis dengan blog dapat meningkatkan rata-rata pengunjung web hingga 55%. Selain itu 4x lebih banyak halaman blog bisnis yang diindeks oleh Google dibanding halaman web utama. Alasannya karena isi blog lebih fleksibel bisa membahas apapun. Ini menunjukkan bahwa ada kemungkinan 434 persen lebih tinggi dimana calon pembeli akan menemukan perusahaan Anda. Jumlah ini jelas jauh lebih besar daripada perusahaan tanpa blog. Telah terbukti bahwa blog bisnis dapat membantu teknik pemasaran melalui mesin pencari. Sebuah studi menemukan bahwa blog dapat meningkatkan lalu lintas email hingga 28%.

3. Meningkatkan Jumlah Lead

Blog bisnis menghasilkan lead selain lalu lintas. Lead adalah tingkat ketertarikan calon pelanggan terhadap suatu merek. Sikap ini dapat ditunjukkan dengan berbagai perilaku, termasuk mendaftar langganan berita terbaru lewat e-mail, mengunduh brosur, mengisi formulir kontak, membaca materi dan banyak lagi. Memiliki lebih banyak lead berarti memiliki lebih banyak peluang mendapatkan calon pelanggan potensial. Anda dapat mengidentifikasi klien potensial melalui prospek dengan persetujuan mereka, tentu saja. 

4. Meningkatkan Reputasi Merek

Sangat sulit untuk secara tepat mengukur reputasi perusahaan. Tapi itu tidak berarti bahwa mencoba untuk meningkatkan reputasi Anda melalui blogging tidak bermanfaat. Sebuah blog bisnis dapat meningkatkan reputasi merek bisnis karena sejumlah alasan rasional. Anda dapat menanggapi pertanyaan pelanggan tentang industri Anda menggunakan blog. Solusi untuk masalah klien potensial dapat dilihat dalam tanggapan ini.

5. Membuat Komunitas

Komunitas yang dibentuk oleh blog bisnis adalah keuntungan lain. Anda bisa mendapatkan ini dengan mengaktifkan fitur komentar di bagian bawah posting blog. Pengunjung dapat mengomentari atau mengajukan pertanyaan tentang perusahaan Anda menggunakan layanan komentar. Hal ini juga memungkinkan pelanggan untuk berkomunikasi satu sama lain.

Manfaat Blog untuk Bisnis

1. Media Periklanan

Blog adalah pilihan media promosi yang baik selain situs media sosial seperti Instagram dan Twitter. Dengan blog marketing, Anda bisa menawarkan sesuatu melalui soft selling, yang melibatkan penjualan produk secara bertahap dan sembunyi-sembunyi agar pelanggan tidak terganggu dengan promosi yang berlebihan dan terang-terangan.

2. Produk Anda Mudah Ditemukan Pelanggan

Anda dapat menarik pembaca dari berbagai arah dengan membuat blog yang membahas berbagai topik. Pelanggan akan lebih mudah menemukan dan mempelajari berbagai hal dari blog Anda karena Anda dapat membahas soal apa saja melalui blog. Tentu saja, jangkauan terhadap pelanggan potensial menjadi jauh lebih luas.

3. Muncul di Mesin Pencari

Keuntungan lain dari blog adalah dapat mempermudah calon pelanggan untuk menemukan informasi bisnis Anda menggunakan mesin pencari, selain memudahkan pelanggan untuk menemukan produk yang Anda jual. Misalnya, jika calon pelanggan menggunakan mesin telusur untuk menemukan suatu produk, maka blog Anda bisa menyertakan informasi yang relevan dan terkini yang muncul di hasil penelusuran. Sehingga menarik calon pelanggan untuk mempelajari lebih lanjut tentang produk Anda dari blog.

4. Mengedukasi Pelanggan

Kemampuan untuk memberikan rincian lebih lanjut tentang barang yang Anda jual adalah keuntungan lain dari blogging. Informasi tersebut dapat berupa petunjuk penggunaan produk secara benar dan benar, cara dan tips, serta informasi mengenai fitur dan keunggulan produk. Pelanggan akan merasa lebih percaya diri membeli produk Anda sebagai hasilnya.

5. Meningkatkan Kredibilitas Bisnis 

Dengan tetap memperhatikan keunggulan blog Anda, memberikan informasi yang lebih jelas dan edukasi yang mendalam tentunya akan membuat bisnis dan produk perusahaan Anda semakin meyakinkan calon pelanggan. Ini akan memungkinkan Anda untuk meningkatkan kepercayaan pelanggan.

6. Informasi Produk Secara Lengkap

Biasanya, teks, grafik, dan aspek lainnya akan mengalamoi masalah jika menggunakan media promosi lainnya. Namun, Anda dapat memberikan informasi yang komprehensif dan mudah dipahami tentang barang-barang yang dijual dengan menggunakan blog. Mungkin berbentuk gambar, film, atau deskripsi terperinci.

7. Kerjasama dengan Perusahaan Lain

Anda dapat menawarkan kerjasama dengan bisnis untuk menggunakan blog Anda jika Anda sudah memiliki banyak pengikut karena kontennya yang berkualitas. Misalnya, Anda dapat menggunakan blog Anda sebagai platform untuk mengulas produk lain dan Anda dibayar untuk melakukannya. Dengan kata lain, Anda bisa beriklan menggunakan blog secara alami. 

8. Peningkatan Pendapatan

Keuntungan memiliki blog bahwa itu akan bisa memberikan banyak pendapatan untuk Anda. Saat blog Anda memiliki banyak pengunjung dan pengikut, Anda dapat menggunakannya untuk mempromosikan barang yang berbeda dari prusahaan lain sehingga bisa meningkatkan penghasilan Anda.

9. Temukan lebih banyak pelanggan

Karena aturan yang ketat terhadap pengguna media sosial sehingga hal itu sering menjadi kendala dalam hal pemasaran media sosial. Anda juga mungkin mengalami seringkali dibatasi saat menggunakan media sosial. Apalagi jika pengikut Anda di media sosial cuma sedikit. Tidak seperti blog, siapa pun dapat menemukan blog Anda lebih mudah jika mereka menemukannya menggunakan mesin pencari. Itu juga bisa meningkatkan jumlah orang yang melihat informasi tentang bisnis Anda.

10. Investasi untuk jangka panjang

Anda tidak akan melihat peningkatan langsung dalam penjualan setelah memulai blog bisnis. Setidaknya Anda harus menunggu hingga 6 bulan untuk merasakan efeknya sejak semua artikel dipublikasikan. Karena itu, memulai sebuah blog pada dasarnya adalah pemasaran jangka panjang dan investasi terhadap reputasi merek bisnis Anda.

Ada banyak keuntungan dari blogging, beberapa di antaranya sangat penting bagi Anda yang menjalankan perusahaan atau toko online. Blog bisnis memberikan lebih dari sekadar manfaat dan perusahaan. Anda dapat membuat persona di blog sebagai organisasi, institusi, atau perusahaan yang menjadi sahabat bagi semua pelanggan.

Baca Juga