Alasan Mengapa Komunitas Perlu Memikirkan Tampilan Sosial Medianya

Alasan Mengapa Komunitas Perlu Memikirkan Tampilan Sosial Medianya

Tampilan sosial media yang menarik bisa membuat pengunjungnya jadi betah dan berinteraksi. Misalkan Anda bergabung dengan suatu komunitas dan ingin membuat akun sosmed dan berbagai media online lainya untuk promosi. 

Visualisasi sangat penting untuk menampilkan suatu citra dan menarik perhatian target yang diinginkan. Seringkali kita penasaran dengan sesuatu yang kita lihat yang menarik perhatian. Itulah alasannya mengapa visual sosmed sangat penting. 

Cara Mengatur Tampilan Sosial Media Yang Atraktif 

Anda bisa membuat akun sosmed, membuat situs dan bahkan menerapkan strategi sosialisasi komunitas dengan memakai berbagai aplikasi. Apapun media yang dipilih, agar bisa menarik perhatian dan memiliki engagement tinggi, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. 

Sosial media bisa dipakai sesuai dengan keinginan pemiliknya. Kalau akun sosmed komunitas maka akan menerapkan tampilan mulai dari gambar sampai warna yang sesuai dengan isu dan topik yang dipercayai oleh komunitas tersebut. 

1. Konsep Warna Selaras

Hal pertama yang komunitas perlu lakukan adalah memikirkan kesan tampilan yang diinginkan. Bisa sesuatu yang segar, muda, vintage, klasik, cerah dan lain sebagainya. Usahakan untuk memilihnya dengan tepat karena merubah konsep bukanlah hal yang mudah dan mengambil terlalu banyak waktu. 

Setelah memilih konsep warna tertentu, aplikasikan pada tiap postingan sosial media yang komunitas miliki. Hal ini akan memberikan ciri khas pada desain visual medsos Anda. Keseragaman akan membuat Anda jadi lebih mudah diingat. 

2. Latar Belakang Bersih

Tampilan sosial media dengan latar belakang yang bersih dapat memberikan fokus visual pada produk atau pesan yang ingin disampaikan. Keseluruhan visual terdiri dari objek utama dan pendukungnya. Pastikan memperhatikan hal ini ketika memikirkan design posting sosial media komunitas selanjutnya. 

Orang tertarik dengan akun sosial media tertentu karena alasan yang berbeda – beda. Tapi bila Anda mengetahui kecenderungan tampilan yang dianggap bagus oleh target pasar Anda, maka informasi tersebut bisa dipakai untuk dipakai sebagai desain di semua sosmed yang Anda miliki.

3. Tampilan Detail 

Sosialisasi komunitas berbeda dengan barang, ada detail aktivitas, visi, misi, keanggotaan dan lain sebagainya. Anda perlu memperhatikan kesesuaian tampilan dengan informasi yang paling akurat. Tentu Anda tidak ingin orang lain jadi salah paham dengan apa saja yang komunitas Anda lakukan. 

Spesifikasi biasanya diwakilkan dengan kata – kata. Untuk membuat posting sosmed yang singkat, padat dan langsung pada intinya tentu merupakan suatu tantangan tersendiri. Inilah sebabnya mengapa banyak komunitas yang memakai tenaga profesional hanya untuk menangani akun medsosnya. Karena pengaruh tampilan sosial media sangat penting untuk citra komunitas Anda. 

4. Sesuatu Yang Beda 

Hal utama yang perlu dipikirkan ketika menjalani suatu komunitas adalah apakah sudah ada komunitas yang sama. Tentu menjadi komunitas yang berbeda akan membuat akun sosmed Anda lebih menarik dan membuat orang lain penasaran. 

Bahkan walaupun komunitas yang didirikan memiliki banyak kemiripan dengan komunitas lain, Anda bisa memikirkan bagaimana membedakan diri dengan mereka. Salah satunya adalah dengan tampilan yang mengejutkan dan tidak diduga. Komunitas Anda tentu akan buat orang lain penasaran. 

5.Keserasian Konten dengan isu yang diangkat komunitas

Pencitraan yang khas dimulai dengan pesan yang jelas. Komunitas perlu mengatur posting media sosial secara konsisten dengan konten yang tepat. Hal ini adalah salah satu aspek penting untuk membangun engagement yang tinggi.

Komunitas tentang hidup sehat bisa membuat konten seputar hal tersebut. Perkumpulan penyuka k-pop maka bisa memilih gambar dan warna yang terkait dengan konsep isunya. Dengan demikian, interaksi di akun sosial media bisa mengalir sesuai dengan isu yang sama. 

6. Tim Khusus Untuk Media Sosial

Komunitas umumnya terdiri dari sekumpulan individu dengan minat yang sama dengan berbagai  kemampuan berbeda. Tentu, bila Anda merencanakannya dengan matang, membuat tim khusus untuk mengelola media sosial komunitas bukanlah hal yang sulit. 

Anda bisa mempercayakan sekelompok orang untuk memperhatikan baik tampilan dan isi dari publikasi di dunia maya. Mulai dari media sosial, konten, desain dan lain sebagainya. Keberadaan tim ini dalam komunitas tentu akan memberikan tampilan sosmed yang atraktif. 

7. Visualisasi yang Menarik

Tidak bisa dipungkiri, kita membuat penilaian diawali dengan tampilan visual yang kita lihat. Konten visual yang menarik akan mendatangkan respon dan juga minat yang tinggi. Anda dapat mengedepankan karakter komunitas dengan kuat dimulai dengan desainnya. 

Konsisten adalah elemen penting untuk mengembangkan suatu komunitas dengan memanfaatkan keberadaan sosial media. Selain isi, tampilan juga penting. Mulai dari kesesuaian warna, logo dan lain sebagainya. 

Sudah jelaskan? Ada banyak elemen yang membuat tampilan sosial media menarik. Hal – hal di atas adalah beberapa diantaranya. Anda dapat memilih bagaimana membuat sosial media komunitas Anda. Pilihan gambar, template, warna dan lain sebagainya adalah bagian kecil yang saling mempengaruhi dalam memberikan kesan tertentu. 

Salah satu elemen tampilan sosmed yang bisa Anda perhatikan adalah frame sosial media. Frame dapat dipakai untuk membuat posting, iklan, bahkan untuk kartu digital ucapan pada hari – hari khusus. 

Anda dapat menggunakan jasa www.rajaframe.com yang ahli dalam membuat frame usaha atau komunitas yang  sesuai dengan citra yang diinginkan. Penangan frame beragam mulai dari posting sosial media sampai frame untuk email marketing. 

Anda dapat memakai jasanya untuk memberikan tampilan komunitas yang tepat dan juga profesional. Tentu penanganan dengan tenaga ahli akan memberikan tampilan sosmed Anda yang terbaik sesuai dengan ekspektasi. 

Baca Juga