Peran Komunitas Bisnis Islami Dalam Meningkatkan Akhlak dan Perekonomian Umat

Peran Komunitas Bisnis Islami Dalam Meningkatkan Akhlak dan Perekonomian Umat

Pandemi kemarin telah mengajarkan kepada kita arti pentingnya menguasai ilmu berbisnis. Saat ini dunia bisnis di indonesia mulai bermunculan pengusaha-pengusaha muslim yang membangun komunitas bisnis Islami.

Memang masih banyak orang yang sangat takut untuk memulai berbisnis. Alasannya beragam . Ada yang berdalih belum berpengalaman, tidak ada keturunan, tidak bakat, tidak bisa ngomong, tidak mahir menawarkan, dan berjuta alasan lainnya.

Satu lagi alasan yang sering diucapkan adalah takut bangkrut dan tidak punya modal. Padahal sesungguhnya memulai berbisnis itu tidaklah harus memiliki modal yang besar. Utamanya hanya memerlukan ketekunan dan keberanian juga keinginan untuk belajar. Saat ini banyak sekali peluang bisnis tanpa modal. 

Jadi bisnis bagi mereka bukan hanya untuk menghasilkan cuan namun juga untuk mendapatkan keberkahan yang berlimpah. Komunitas bisnis Islami ini memiliki kegiatan yang cukup unik karena melibatkan sisi religius seseorang.

Apabila di komunitas bisnis saja biasanya mendapatkan bimbingan yang berkutat pada peningkatan pendapatan saja. Juga bagaimana cara mendapatkan customer terus menerus. Maka dalam komunitas bisnis Islami akan jauh berbeda.

Kegiatan Yang Diadakan Di Komunitas Bisnis Islami

Sedangkan di dalam komunitas bisnis Islami terdapat pembinaan atau mentoring bukan hanya di bidang bisnis namun di berbagai aspek kehidupan religi. 

1. Siraman Rohani

Yang pertama ini merupakan salah satu hal prinsipil dalam komunitas bisnis Islami. Dengan adanya siraman rohani maka para pelaku bisnis Islami akan merasakan suatu kenyamanan dan ketenangan dalam bertindak dalam hal apapun.

2. Mengajarkan Bentuk Ikhtiar Sesuai Syariah 

Berbeda dengan komunitas bisnis lain, komunitas bisnis Islami menekankan sekali tentang ikhtiar yang dilaksanakan berdasarkan syariah dan akidah yang diyakini.

a.  Marketing Langit

Istilah ini belakangan cukup populer di kalangan komunitas bisnis Islami. Ikhtiar dengan cara marketing langit dianggap merupakan salah satu ikhtiar yang sangat besar pengaruhnya dalam mencapai kesuksesan. Pengusaha muslim sukses yang diridhoi Allah Swt menjadi tujuannya. 

Yang dimaksud dengan marketing langit adalah ketika sang pelaku bisnis berikhtiar dengan cara menggedor pintu langit seperti dengan melaksanakan amalan-amalan atau dan ibadah lebih dari sebelumnya titik Lebih banyak lebih sering dan dituntut untuk lebih ikhlas serta yakin. 

Contoh marketing langit yang dapat dilakukan adalah dengan bersedekah gila-gilaan, salat Dhuha rutin, tahajud lebih sering, selalu menjaga diri dari perbuatan yang tidak diridhoi Allah Swt. Komunitas bisnis Islami benar-benar memperhatikan dan mendorong ini dilakukan oleh para pelaku bisnis di komunitas tersebut.

b.  Marketing Bumi

Tentunya semua sudah mengetahui bahwa ikhtiar bumi merupakan usaha yang dapat dilakukan untuk mendapatkan pelanggan. Banyak hal yang dapat dilakukan seperti melakukan penawaran dengan berbagai cara yang sesuai syariah. Memasang iklan dan beragam teknik bisnis lainnya. 

3. Bisnis Dan Muamalah Sesuai Syariah

Semua muamalah dan berbagai hal menyangkut bisnis dilakukan dengan sesuai Syariah berdasarkan Alquran dan hadis Nabi Muhammad saw. Entrepreneur muslim Indonesia seharusnya mencontoh junjungan kita Nabi besar Muhammad saw. Yang juga seorang pengusaha.

4. Menekankan Pentingnya Komunikasi Antar Pasangan

Bisnis sesuai syariah adalah bisnis yang dilakukan dengan melibatkan pasangan. Dalam artian pasangan saling meridhoi usaha yang sedang dilakukan sehingga tercipta situasi yang kondusif Di dalam bisnis yang sedang dijalankan.

Manfaat Yang Didapat Dan Dirasakan 

Sesungguhnya komunitas bisnis islami yang mereka buat adalah salah satunya untuk membuat bisnis mereka semakin maju berdasarkan syariah.

1. Kualitas Iman Meningkat

Dengan pembinaan akhlak yang rutin di dalam komunitas yang melibatkan para pemuka agama maka kualitas iman pelaku bisnis di komunitas memang umumnya menjadi meningkat. Kuatnya kondisi keimanan tentu saja akan berpengaruh pada tindakan yang dilakukan saat berbisnis.

2. Akhlak Menjadi Lebih Mulia

Ketika kualitas Iman meningkat, maka akan dibarengi dengan perbaikan akhlak dalam berbagai sisi kehidupan.  Ia akan menjadi lebih sabar menjalani proses. Rendah hati bila sukses dan tidak berputus asa bila belum berhasil. 

3. Makin Harmonis Dengan Pasangan Dan Anak-Anak

Komunikasi yang lancar dengan pasangan akan membuat hubungan antar suami dan istri menjadi lebih harmonis. Bukan itu saja kekompakan di antara keduanya akan membuat anak-anak mereka menjadi lebih berbahagia. Ini tentu saja menguatkan tali kekeluargaan dan membangkitkan hormon bahagia.

4. Perekonomian Kuat

Ketika marketing langit dan bumi dilaksanakan dengan tekun dan sungguh-sungguh, maka secara sunnatullah berdampak pada keuntungan yang didapat menjadi lebih berkah. Tentu saja hal ini mendorong perekonomian umat menjadi lebih kuat.

Komunitas bisnis syariah semakin mendapatkan tempat di hati kaum muslimin. Hal ini tentu saja sangat baik dan menjadi pendorong kemajuan umat dalam berbagai sendi kehidupan. Roda perekonomian akan bergerak menggeliat dan taraf hidup kaum muslim akan membuat posisi tawar mereka menjadi lebih tinggi.

5. Perkembangan Bisnis Melesat Dengan Cepat

Dalam berbisnis bukan hanya keuntungan jangka pendek yang diharapkan namun bagaimana caranya agar bisnis tersebut berkembang dan melesat dengan cepat. Keberkahan serta berbagai hal pendukung lainnya akan berdampak pada laju pertumbuhan bisnis secara signifikan. 

Para pebisnis muslim tersebut sadar bahwa bisnis akan berkembang pesat dan melesat apabila para pelakunya memiliki akhlak yang baik serta keimanan yang kuat. Bisnis dan agama, dua hal yang tidak dapat dipisahkan.

Komunitas bisnis Islami sekarang ini memang makin menggeliat. Para pelaku bisnis dapat berikhtiar menjaga relasi bisnis dengan saling mengirimkan ucapan dengan bingkai yang disediakan www.rajaframe.com.

Baca Juga