Jadikan Lebaran Makin Meriah! Begini Cara Buat Twibbon Hari Raya Idul Fitri Cukup Pakai Ponsel

Jadikan Lebaran Makin Meriah! Begini Cara Buat Twibbon Hari Raya Idul Fitri Cukup Pakai Ponsel

Banyak orang yang masih awam mengenai cara buat twibbon hari raya Idul Fitri. Padahal, umumnya, twibbon ini jadi salah satu cara untuk membuat nuansa lebaran semakin meriah. Tak perlu mendesain dengan ribet, Anda bahkan bisa membuat twibbon dari ponsel. Bagaimana caranya? Simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Pengertian Twibbon

Sebelum membahas cara membuat twibbon, mari berkenalan dengan Twibbon terlebih dahulu? Apakah yang dimaksud dengan Twibbon? Sebenarnya, twibbon merupakan istilah kependekan dari twitter-ribbon. Pada mulanya, twibbon diperkenalkan dari aplikasi bergambar burung biru itu dengan memasukkan foto penunjang.

Namun, seiring perkembangannya, twibbon kini bergeser makna menjadi sebuah software untuk bingkai foto, berkaitan dengan beberapa elemen bentuk, gradasi, warna, bahkan font, dan lainnya. Tak hanya digunakan pada twitter saja, melainkan juga jenis media sosial yang lainnya.

Manfaat Twibbon

Secara umum. Twibbon memiliki tujuan awal untuk menarik banyak pihak agar berkenan ikut berpartisipasi pada kegiatan atau acara tertentu. Jika ingin menjadikan momentum besar ingin semakin meriah, maka bisa dilakukan dengan cara buat Twibbon hari raya Idul Fitri atau Idul Adha, atau menyesuaikan jenis perayaannya.

Sebagai Media Branding

Dapat dikatakan bahwa upaya menggunakan twibbon ini sebagai salah satu media branding yang akan mempromosikan sebuah event. Misalkan untuk challenge tertentu, kampanye, perlombaan, atau sejenisnya. Contohnya penggunaan twibbon peringatan ulang tahun universitas, bisa dijadikan profil picture para alumnus agar ikut memeriahkan tema yang sedang berlangsung.

Sebagai Pendukung untuk Event

Dengan tambahan kekuatan dari medsos seperti Twitter, Facebook, dan Instagram, Twibbon berpeluang menjangkau banyak orang dalam waktu yang singkat. Twibbon juga bisa berisikan informasi penting terkait event, misalkan tanggal terselenggaranya kegiatan. Bahkan bisa juga dijadikan desain poster agar semakin banyak orang yang menggunakannya.

Twibbon bisa jadi sangat menarik tergantung penyelenggara event dan pembuat temanya. Memeriahkan event dengan cara buat Twibbon Idul Fitri atau Idul Adha menggunakan desain yang cantik juga bisa menjadi penyemangat untuk orang lain agar terus menggaungkan manfaat atas event yang sedang berlangsung.

Sebagai Media Plamfet Kekinian

Beruntung, kini banyak hal yang bisa diakses dengan mudah menggunakan perantara digital. Twibbon bisa difungsikan sebagai salah satu bagian plamfet kekinian yang akan bisa digunakan oleh siapa saja yang mengaksesnya. Biasanya, tak hanya dijadikan plamfet info, melainkan juga jadi strategi untuk menampilkan banner pada halaman Facebook, Instagram dan Twitter.

Tutorial Membuat Twibbon Idul Fitri dari Aplikasi Ponsel

Bagaimana cara buat Twibbon hari raya Idul Fitri menggunakan aplikasi dan tak butuh laptop? Simak ulasan selengkapnya berikut ini

Menggunakan Aplikasi Twibbonize.com

Anda bisa memulai untuk membuat Twibbon untuk Idul Fitri, Idul Adha, dan beberapa momen lainnya menggunakan aplikasi Twibonize. Silakan bisa kunjungi https://twibbonize.com/ kemudian login menggunakan akun Google atau Facebok. Pilih Start Campaign ketika sudah masuk pada beranda depan. Buatlah frame yang cocok untuk desain Twibbon yang akan digunakan.

Anda bisa melakukan modifikasi pada font, bentuk, atau template sejenisnya untuk menyesuaikan momen yang akan disuarakan. Setelahnya, Anda bisa memilih foto untuk dimasukkan ke dalam Twibbon. Klik Download pada pojok kiri atas layar jika ingin melakukan penyimpanan.

Membuat Twibbon menggunakan Canva

Sudah bukan mejadi sebuah rahasia bahwa Canva kini dianggap sebagai salah satu penemuan yang paling membahagiakan untuk para pecinta seni tapi tak terlalu pintar di dalamnya. Canva bisa menjadi salah satu alat untuk mencipta aneka keperluan desain para penggunanya. Anda pun bisa menggunakan Canva sebagai cara buat Twibbon hari raya Idul Fitri atau Idul Adha dengan mudah.

Caranya dengan download aplikasi Canva pada ponsel Anda, kemudian login menggunakan akun Facebook atau Google. Di dalamnya akan ada banyak pilihan Custom Desian yang akan disediakan. Anda bisa mengetik Frame untuk membuat bingkai pada Twibbon yang akan dibuat. Anda bisa berkreasi dengan kata-kata penyemangat atau gambar pendukung Twibbon. Setelahnya, save hasilnya dengan klik tombol Download pada pojok kanan atas template.

Menggunakan Twibbon.com

Cara buat twibbon hari raya Idul Fitri dan beberapa acara lainnya juga bisa menggunakan aplikasi Twibbon.com. Lakukan login dari Gmail, Google atau Facebook. Selanjutnya pilih Start Campaign saat masuk ke beranda. Isi data keperluan untuk pembuatan twibbon pada laman Campaign Details.

Selanjutnya, klik I’m Happy, dilanjutkan Continue. Anda bisa memilih beberapa gambar dan jenis frame untuk modifikasi Twibbon yang akan dibuat. Jika sudah selesai, klik Download untuk melakukan penyimpanan. Save link yang diunduh untuk dibagikan dan digunakan khalayak ramai.

Jika ingin memeriahkan momen dengan cara buat Twibbon hari raya Idul Fitri atau bahkan momentum lainnya, Anda bisa langsung mengaplikasikan beberapa cara di atas. Dengan mengikuti perkembangan digital, maka pesan kebaikan yang akan dijadikan motivasi di dalam Twibbon juga akan sampai pada lebih banyak orang yang melihat dan menggunakannya.

Baca Juga