Cara Jitu Strategi Video Pemasaran Untuk Kampanye Bisnis

Cara Jitu Strategi Video Pemasaran Untuk Kampanye Bisnis

Menurut statistik, konten video kini menjadi semakin populer. Orang terbiasa dengan konten praktis yang memberi mereka berita dan informasi dalam hitungan detik. Pengguna internet tidak lagi membaca teks, mereka hanya melihat judulnya. Jumlah waktu yang dihabiskan oleh pengguna internet untuk menonton video di ponsel setiap minggu juga meningkat, tetapi ini adalah tempat pertama pengguna menonton video di perangkat mereka. Saatnya menggunakan semua sumber daya yang tersedia dan memasukkan video ke dalam strategi pemasaran Anda. Menurut penelitian, pengguna internet ingin melihat lebih banyak konten video dari merek dan bisnis favorit mereka. Selama pandemi, streaming dan siaran langsung telah muncul sebagai format komunikasi terbaik dan terpopuler, serta alat utama untuk menghubungkan pengguna, blogger, dan selebritas.

 

Cara Pemasaran Video di Media Sosial

Dengan memasukkan video ke dalam kampanye bisnis Anda, Anda dapat menjalankan pemasaran menggunakan video. Tidak mengherankan jika video menjadi lebih populer sebagai bagian dari strategi digital. YouTube kini telah menerima 1 miliar jam penayangan video. Tetapi pertanyaannya adalah bagaimana dan di mana untuk mulai memasukkan video ke dalam strategi pemasaran Anda. TikTok dan Instagram sekarang menjadi dua platform video paling populer untuk pemasaran video media sosial. Konten video menjadi sangat populer, pemirsa sekarang dimanapun bisa menonton dalam berbagai format.

Terlepas dari efektivitas video di media sosial untuk bisnis, beberapa pemasar masih tidak yakin bagaimana menggunakan alat canggih ini. Setiap platform media sosial memerlukan jenis video tertentu. Jadi, jika Anda menggunakan video dalam kampanye pemasaran tetapi tidak melihat hasil yang diinginkan, inilah saatnya untuk memikirkan kembali strategi Anda dan mempertimbangkan apa yang dapat Anda lakukan dengan lebih baik untuk membuat kampanye pemasaran video yang unggul. Video memungkinkan Anda berkomunikasi dengan audiens dan menjalin hubungan pribadi dengan mereka. Ini hampir seperti melakukan percakapan tatap muka dengan video. Anda dapat mendiskusikan sejarah merek Anda, membagikan rencana Anda, mengadakan sesi tanya jawab, dan banyak lagi.

Keragaman Konten

Video dapat digunakan untuk menampilkan semua jenis konten. Anda dapat membuat video pendidikan, iklan, kampanye branding, dan banyak lagi. Anda dapat mempublikasikan aktivitas online dan offline untuk meningkatkan perhatian pengguna. Anda juga dapat membagikan secara gratis gantungan kunci pribadi, pembuka botol, tatakan gelas, pena, stiker, dan barang-barang lainnya. Ini dapat dibagikan kepada audiens untuk mendorong mereka berpartisipasi. Ini akan membantu Anda mendapatkan lebih banyak pengikut dan membangun hubungan yang lebih kuat. Hal-hal sederhana yang sangat bermanfaat untuk promosi Anda.

Sebarkan Berita di Facebook dan Twitter

Salah satu keuntungan terpenting dari media sosial adalah kemampuan untuk membagikan postingan secara instan. Setelah beberapa waktu berlalu sejak video dibuat, Anda dapat mempublikasikannya. Anda dapat menerima ribuan repost, memungkinkan sebanyak mungkin pelanggan potensial untuk mengenal merek Anda. Saat berbagi konten, perlu diingat bahwa Anda harus tahu persis siapa audiens target Anda agar konten Anda dilihat oleh audiens yang lebih besar.

Instagram

Terlepas dari kenyataan bahwa Instagram paling dikenal sebagai jaringan foto-sentris, Anda dapat membuat akun Instagram untuk perusahaan Anda dan menyertakan konten video. Namun, Anda dapat menyajikan hampir semua format video di Instagram dengan memposting di umpan, cerita, video Instagram TV (IGTV), dan streaming langsung Anda. Menurut penelitian, video Instagram menerima 49 persen lebih banyak keterlibatan daripada posting foto. Postingan akhir pekan mendapatkan lebih banyak perhatian daripada postingan hari kerja. Kelebihan lainnya adalah Anda hanya membutuhkan smartphone untuk membuat video Instagram. Dengan membuat video Instagram hingga 60 detik dan cuplikan IGTV hingga 60 menit, Anda dapat memposting apa pun mulai dari tutorial dan iklan hingga film dokumenter berdurasi penuh.

Anda juga dapat menggunakan cerita untuk berbagi klip video panjang, polling pelanggan Anda, dan berinteraksi dengan mereka. Ide lain adalah merekam video langsung dan menyimpannya ke IGTV sehingga pemirsa Anda dapat menontonnya nanti. Penting juga untuk mempertimbangkan kreativitas Anda saat membuat konten Instagram. Filter dan topeng yang menarik akan membantu Anda meningkatkan keterlibatan pemirsa dan membuat video langsung Anda lebih menghibur untuk ditonton. Anda juga dapat mencoba berbagai jenis video, seperti gerakan lambat, selang waktu, dan video 360°, yang kemudian dapat Anda bagikan di Instagram.

Facebook

Dalam beberapa tahun terakhir, video langsung Facebook semakin populer. Streaming langsung didukung oleh berbagai platform, dan layanan online didorong untuk menyediakan hubungan manusiawi dan komunikasi informal antara wajah merek dan penonton. Akibatnya, pertumbuhan pelanggan meningkat. Lebih banyak orang akan menonton dan berbagi video di Facebook tahun ini daripada sebelumnya. Anda bebas menggunakan format video apa pun yang Anda inginkan. Buat video pendidikan, video tutorial di balik layar, dan manfaatkan tampilan Facebook Live. Anda harus terlebih dahulu menarik minat publik sebelum mempublikasikan posting Anda di Facebook atau platform media sosial lainnya. Perhitungkan seluruh kampanye pemasaran, bukan hanya bagian video. Setelah Anda membangkitkan minat mereka, Anda dapat membujuk mereka untuk tetap bersama Anda selama kampanye. Algoritma di Facebook juga dapat membantu Anda menargetkan audiens tertentu, memungkinkan Anda menganalisis audiens potensial sebelum memposting video.

Youtube

Membuat saluran YouTube memerlukan pembuatan rencana bisnis terlebih dahulu. Rencanakan jadwal publikasi Anda, buat beberapa tema, tulis skrip video, rekam video pertama Anda, rancang sampul video, dan buat beberapa tema. Agar pemirsa tetap terlibat, Anda harus memposting secara teratur saat menjalankan kampanye YouTube. Jika Anda membuat kampanye video untuk perusahaan besar, Anda mungkin memerlukan bantuan profesional atau biro iklan. Satu hal yang pasti, jika Anda memiliki saluran YouTube, Anda harus menggunakan strategi promosi sebanyak mungkin. Orang-orang menggunakan YouTube dengan cara yang sama seperti mereka menggunakan Google untuk memecahkan masalah sehari-hari mereka. Artinya, Anda harus mempertimbangkan metrik SEO seperti deskripsi, kata kunci, tag, dan sebagainya selain memposting konten yang menarik.

Berikut adalah beberapa petunjuk yang perlu diingat, dimulai dengan judul dan deskripsi, yang merupakan faktor terpenting untuk mesin telusur. Gunakan kata kunci utama untuk membuat pemirsa tetap tertarik. Kata kunci akan membantu Anda menjangkau audiens target. Kata kunci juga diperlukan untuk mencapai bagian atas halaman utama YouTube. Tag dapat digunakan sebagai kategori tambahan sambil tetap meningkatkan peluang video Anda untuk muncul di dekat bagian atas bagian rekomendasi. Suka, komentar, dan langganan semuanya berkontribusi pada peningkatan keterlibatan. Ini akan membantu menentukan posisi video Anda di hasil pencarian. Laporan akan membantu Anda menganalisis statistik. Ada statistik yang tersedia seperti rata-rata jumlah penayangan, persentase penonton yang masuk, jumlah menit menonton, dan lain sebagainya.

Kesimpulan

Sebelum memulai kampanye pemasaran, Anda harus mencari tahu perangkat lunak pengeditan video dan alat produksi video apa yang Anda perlukan. Dengan menggabungkan semua sumber daya ini, Anda dapat meningkatkan strategi pemasaran dan meningkatkan keterlibatan. Video dapat menjadi alat pemasaran yang kuat sebagai bagian dari rencana bisnis Anda jika Anda tahu cara menggunakannya. Analytics dapat digunakan untuk memahami statistik, dan perangkat lunak pengeditan video sederhana dapat digunakan untuk membuat klip kampanye. Membuat strategi digital Anda juga merupakan cara yang bagus untuk mempelajari saluran media sosial mana yang paling efektif. Bereksperimenlah dengan berbagai strategi dan pendekatan pemasaran untuk membuat strategi pemasaran video Anda sendiri.

Baca Juga