Manfaat dan Tujuan Video Marketing Bagi Perusahaan

Manfaat dan Tujuan Video Marketing Bagi Perusahaan

Pentingnya video marketing untuk bisnis dapat dikaitkan dengan banyak faktor. Ini karena teknologi membuat video berkualitas tinggi kini semakin mudah, dan akibatnya, pemasar lebih sering menggunakannya. Tapi itu bukan satu-satunya faktor mengapa video saat ini menjadi bentuk komunikasi paling populer. Perkembangan teknologi smartphone yang membuat menonton video menjadi lebih mudah dan nyaman menjadi faktor lainnya.

Menurut sebuah survei, orang-orang akan menonton video online rata-rata selama 19 jam per minggu pada tahun 2022. Untuk menjangkau lebih banyak audiens target potensial, pemasaran video sekarang menjadi salah satu strategi pemasaran terbaik dan paling sukses. Perkembangan terbaru dalam pemasaran online adalah teknik yang disebut pemasaran video. Di era digital ini, video marketing adalah taktik paling efektif untuk mempromosikan perusahaan atau brand Anda. Untuk menjadikan audiens sebagai pelanggan Anda, video ini secara bersamaan menampilkan gambar dan audio untuk memudahkan pemahaman audiens.

Keuntungan Menggunakan Video Marketing

1. Memperkenalkan Brand dan Produk

Telah ditunjukkan bahwa mempromosikan pemasaran video adalah cara yang sukses untuk meluncurkan produk bisnis. Banyak pengusaha menggunakan situs media sosial seperti YouTube, Twitter, dan Facebook untuk tujuan promosi. Pelanggan lebih suka menonton video untuk membaca tentang produk atau layanan, 72% di antaranya. Saat ini, banyak pengusaha mulai beriklan di platform media sosial seperti YouTube, Twitter, Facebook, dan lainnya. Selain jejaring sosial, Anda dapat menambahkannya ke situs web Anda sehingga pengguna dapat menonton video dari produk yang ditawarkan. Untuk meningkatkan kesadaran akan produk perusahaan Anda, gunakan pemasaran video.

2. Menarik Minat

Dalam waktu singkat, video marketing dapat memberikan gambaran menyeluruh tentang layanan atau produk yang ditawarkan bisnis Anda kepada pasar. Memberikan penjelasan yang menyeluruh tentang hal ini dapat menginspirasi kepercayaan pada target pasar. Agar hal ini dapat tercapai maka diperlukan video berkualitas tinggi.

3. Memperluas Jangkauan Pemasaran 

Salah satu bentuk media yang memiliki peluang besar untuk dibagikan adalah video. Kecepatan penyebaran blog video secara online akan berpengaruh pada kampanye pemasaran, terutama dalam menurunkan biaya pemasaran. Perusahaan tidak lagi diharuskan menghabiskan uang dalam jumlah yang berlebihan untuk sekali jalan beriklan di televisi. Promosi bisnis semacam ini juga berkontribusi pada target pasar dimana pemasaran perusahaan Anda menjadi tak terbatas. Pemasaran video Anda memiliki audiens global, yang berarti memiliki potensi jangkauan pasar yang sangat luas dan lebih dalam. Apalagi sekarang internet sangat mudah diakses, sehingga membuka kemungkinan memperluas bisnis Anda secara internasional.

4. Membangun Kepercayaan Pemasaran

Video dapat menggambarkan secara akurat mengenai layanan atau barang yang ditawarkan perusahaan Anda kepada pasar. Ini artinya bahwa Anda dapat meraih kepercayaan pasar pada bisnis atau produk Anda. Di dalam video, Anda bisa melakukan apa saja. Anda bisa menjelaskan manfaat produk, cara pemakaian produk, pengalaman pelanggan, menceritakan proses produksi, dan sebagainya. Dengan demikian sebuah video marketing dapat mengajak pelanggan untuk ikut terlibat dengan menonton semua informasi tentang produk atau perusahaan Anda. 

5. Meningkatkan Konversi

Menurut sebuah penelitian baru-baru ini, 81% pembeli online cenderung membeli produk setelah menonton video dari merek tersebut. Selain itu, 76 persen pemasar mengklaim bahwa itu membantu pertumbuhan penjualan mereka. Oleh karena itu, video marketing tidak diragukan lagi merupakan konten yang harus dimiliki oleh merek atau pemasar yang ingin berinteraksi dengan pelanggan mereka dan mendominasi pasar. 

Jenis-jenis Video Marketing

Anda mungkin tertarik dengan video marketing jika Anda mengikuti tren saat ini. Namun, Anda harus terlebih dahulu memahami berbagai bentuk pemasaran video, yaitu sebagai berikut:

1. Video Panduan

Video panduan termasuk video edukasi yaitu video yang menjelaskan cara menggunakan produk Anda. Pelanggan dapat menggunakan video semacam ini sebagai panduan saat menggunakan produk Anda. Selain itu, Anda dapat menambahkan nilai produk Anda. Misalnya, menyebutkan sebagai produk yang ramah pengguna atau memiliki fitur mutakhir.

2. Video Event

Video event menampilkan acara yang telah direncanakan perusahaan Anda, seperti webinar, pertemuan sosial, diskusi produk dan banyak lagi. Jenis video ini dimaksudkan sebagai portofolio online perusahaan Anda. Selain memberikan informasi kepada pelanggan yang berhalangan hadir pada acara tersebut. 

3. Video Edukasi

Pelanggan dapat memperoleh pengetahuan atau informasi dari video edukasi. Tujuannya adalah untuk mengembangkan pemahaman mendasar tentang apa yang perlu diketahui pelanggan tentang perusahaan Anda. Selain itu, Anda juga menampilkan layanan yang ditawarkan perusahaan Anda. 

4. Video Branding

Video branding digunakan untuk membantu pelanggan dalam mengevaluasi dan memahami motivasi mereka untuk membeli barang Anda. Jenis video ini biasanya menyertakan pesan yang menyatakan bahwa produk Anda memenuhi kebutuhan pelanggan potensial.

5. Video Testimoni

Calon pelanggan menonton video ini untuk meningkatkan kepercayaan mereka. Rahasianya adalah untuk menampilkan umpan balik atau pengalaman pengguna produk. Undang mereka untuk mendiskusikan pengalaman positif mereka menggunakan produk Anda dan semua manfaatnya.

Banyak sekali bisnis yang harus menggunakan video marketing sebagai bagian dari keseluruhan rencana pemasaran mereka. Hal ini sejalan dengan meningkatnya tren pengguna media sosial menonton video. Untuk meningkatkan peluang penjualan dan meningkatkan pendapatan perusahaan, pastikan video Anda disesuaikan dengan target audiens Anda.

Baca Juga