Hari Anak Nasional: 10 Tips Agar Anak Berprestasi

Hari Anak Nasional: 10 Tips Agar Anak Berprestasi

Memiliki buah hati yang unggul dalam akademik maupun non akademik memerlukan beberapa tips agar anak berprestasi. Dengan menerapkan tips mulai dari kecil, maka lambat laun akan menjadi kebiasaan ketika tumbuh dewasa.

Kemampuan lebih apalagi dalam bidang akademik akan memudahkan anak untuk melanjutkan ke jenjang berikutnya. Selain itu, orang tua akan merasa bahagia telah mempunyai anak yang mampu unggul dengan berprestasi. Adapun tips agar anak berprestasi antara lain.

Lakukan Beberapa Tips Agar Anak Berprestasi

Sebagai upaya untuk mendukung tingkat prestasi anak, ada beberapa hal yang sebaiknya dilakukan. Apa saja? Simak ulasannya berikut ini:

1. Rajin Ibadah

Ibadah menjadi kunci suksesnya seseorang selain dari softskill. Siswa yang rajin menjalankan ibadah senantiasa berdoa untuk keberhasilannya, juga berdoa agar mudah dalam menggapai hasil belajar selama di sekolah.

2. Berperilaku Baik dan Paham Bersikap

Seseorang pastinya akan segan kepada orang yang memiliki sopan santun atau etika. Apalagi seorang guru, jika memiliki siswa yang bersikap baik guru akan lebih tertarik. Sikap menjadi nilai plus tersendiri, artinya baik guru maupun murid akan menjalin komunikasi yang baik. Sehingga pelajaran mudah tersampaikan.

3. Pandai Membagi Waktu

Anak berprestasi harus pintar dalam membagi waktu. Bisa membedakan antara waktu belajar, bermain, istirahat, bermain media sosial, dan membantu orang tua. Ditambah lagi jika anak memiliki kegiatan di luar jam sekolah. Seperti mengikuti ekstrakulikuler musik atau pencak silat. Dimana aktivitas tersebut juga menuai prestasi.

4. Karakter Aktif dalam Berkegiatan

Selain anak yang memiliki sopan santun, guru akan mudah hafal dengan anak yang aktif dalam kegiatan belajar. Biasanya anak yang aktif adalah mereka yang tidak ragu untuk bertanya maupun menjawab pertanyaan dari guru.

Tetapi ada juga, anak yang memiliki karakter introvert namun cerdas dalam berfikir. Karakter ini kemungkinan besar dapat berubah jika anak mau berlatih untuk berbicara didepan umum.

5. Memiliki Motivasi yang Tinggi

Untuk menggapai sebuah cita-cita memerlukan motivasi dan dukungan. Selain motivasi dari diri sendiri, juga perlu dukungan dari lingkungan atau eksternal. Keduanya harus berimbang supaya tips agar anak berprestasi berhasil teraplikasikan. Faktanya, banyak anak berprestasi mempunyai motivasi tinggi untuk belajar.

6. Rajin Mengerjakan Tugas

Rasa malas menjadi momok yang akan menghambat anak untuk berprestasi. Seperti malas mengerjakan tugas, yang berdampak kurangnya pemahaman mata pelajaran. Padahal, tugas dari guru membuat kita memaksa otak untuk memahami pelajaran jika kesulitan mencari jawabannya. Dari usaha keras tersebut terbitlah sebuah prestasi.

7. Menerapkan Cara Belajar Efektif

Keefektifan dalam belajar menjadi salah satu tips agar anak berprestasi. Anak memerlukan penguasaan cara belajar yang efektif sebagai usaha mencapai prestasi. Tidak seperti belajar dengan sistem kebut semalam sebelum ujian. Karena nilai ujian sangat berpengaruh besar dalam penilaian akhir.

8. Menyukai Semua Mata Pelajaran

Sebelum menyukai mata pelajaran, akan lebih baik jika anak suka terlebih dahulu kepada pendidik. Dengan begitu, pelajaran yang diberikan mampu terserap oleh anak. Tujuannya anak akan mendapat nilai yang memuaskan.

Tidak mungkin anak menyukai pelajaran bahkan memasukkan seluruh pelajaran ke dalam otak. Tentu terdapat salah satu dari semua pelajaran yang kurang suka. Sebagai solusinya adalah dengan memahami semampunya. Namun jangan sekali-kali memaksanya.

9. Mempunyai Tekad Besar

Tekad agar menjadi anak berprestasi harus terbentuk sejak awal sebab tekad itulah yang akan menjadi pelengkap motivasi dalam diri anak. Tekad menjadi pegangan ketika anak mengalami kesulitan dan rasa malas dalam proses belajar. Tidak salah berprinsip dimana sekarang wajib lebih baik dari kemarin, dan semakin lebih baik kedepannya.

10. Tidak Pelit Ilmu

Melatih anak menjadi dermawan menjadi agenda tambahan untuk orang tua. Tidak hanya dermawan dalam hal materi, tapi dalam ilmu. Pasalnya, seseorang yang gemar membagi ilmu, maka ilmu tersebut tidak berkurang justru semakin bertambah.

Ajarkan anak untuk membantu teman yang belum paham dengan pelajaran. Namun perlu diingat bukan mengajari dalam menjawab soal tetapi mengajari memahami soal yang sekiranya anak sudah paham.

Semua ulasan diatas pasti sangat membantu anak dalam menggapai prestasi. Caranya cukup mudah, anggap seperti kegiatan sehari-hari namun harus teratur dan terukur.

Perlu kesabaran dan ketelatenan lebih untuk melatih itu semua. Semoga tips agar anak berprestasi dapat meringankan kebingungan yang mungkin bermanfaat untuk kedepannya.

RajaFrame Hadir dan Siap Berkontribusi Menjadi Jembatan Informasi Visual

Pemerintah telah menerapkan beberapa hari besar seperti salah satunya Hari Anak Nasional. diharapkan dengan anugerah hari istimewa tersebut, mampu mendukung anak-anak khususnya di Indonesia untuk selalu bertumbuh lebih maju.

Bicara mengenai Hari Anak Nasional, saat ini mungkin tidak begitu banyak anak yang antusias untuk mengikuti kegiatannya. Sebagai salah satu upaya adalah dengan menarik perhatian anak dengan berbagai media iklan.

Tampilan seperti poster, pamflet dan beberapa media lainnya untuk menarik minat masyarakat. Jika bingung dalam pembuatanya, Anda bisa serahkan pada salah satu perusahaan jasa iklan RajaFrame.com.

Tersedia berbagai jenis frame untuk berbagai kegiatan. Mulai dari usaha, hingga lembaga pemerintahan. Seperti pada  momen Hari Anak Nasional. Selain sebagai branding, Anda juga bisa memanfaatkan kinerja RajaFrame untuk memberikan dukungan kegiatan tertentu. Tujuannya tidak lain adalah untuk menyebarluaskan informasi secara visual sehingga lebih mudah dilihat masyarakat.

Baca Juga