Manfaat Ikut Perkumpulan Literasi Digital

Manfaat Ikut Perkumpulan Literasi Digital

Ada banyak organisasi atau perkumpulan yang dapat Anda ikuti untuk memperluas jaringan pertemanan dan pengetahuan, salah satunya adalah perkumpulan literasi digital. Jenis perkumpulan yang satu ini sangat cocok untuk para kalangan yang senang membaca dan mengetahui banyak hal.

Kini tidak perlu lagi terpaku pada buku saat hendak membaca, Anda bisa memanfaatkan teknologi sehingga bisa lebih mudah dalam penggunaannya. Namun ternyata masih banyak masyarakat yang belum tahu tentang pentingnya literasi digital dan bagaimana pentingnya masuk ke dalam organisasi yang bergerak di bidang tersebut.

Ternyata bergabung ke dalam perkumpulan literasi digital memberikan manfaat untuk anggota khususnya dalam informasi serta komunikasi. Oleh karena itu, mari simak ulasan di bawah ini untuk mengetahui penjelasannya. 

Apa itu Literasi Digital?

Penerapan literasi digital memang masih kurang di Indonesia sehingga masih banyak kalangan yang belum paham. Dari segi pengertiannya, literasi digital merupakan pengetahuan dalam menggunakan media digital seperti alat komunikasi yang kemudian dimanfaatkan untuk membina interaksi di kehidupan sehari-hari.

Dengan kata lain, literasi digital adalah kemampuan seseorang dalam menggunakan teknologi untuk memanfaatkan, mengevaluasi, menemukan, membuat, dan mengkomunikasikan informasi atau konten dengan kecakapan kognitif sehingga menghasilkan manfaat.

Kemampuan literasi digital ini harus Anda miliki agar dapat memahami kabar terbaru yang ada di dunia menggunakan teknologi. Selain terus up to date berita harian, ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan minat baca secara digital salah satunya dengan bergabung dengan perkumpulan literasi digital.

Tidak sama dengan organisasi pada umumnya, perkumpulan yang satu ini hanya membahas hal-hal yang berkaitan dengan kemampuan literasi digital dan mengevaluasi isu yang sedang dibahas. Mengikuti organisasi literasi digital juga memiliki sejumlah manfaat bagi Anda seperti yang akan kami bahas selanjutnya di bawah ini. 

Pentingnya Mengikuti Perkumpulan Literasi Digital

Semakin berkualitas media bacaan yang digunakan, maka akan semakin baik pula dampak yang dihasilkan untuk psikologis pembaca. Hal inilah yang membuat Anda harus bisa mencerna informasi yang dibaca dengan baik dan mengetahui keakuratannya melalui media digital.

Bukan hanya untuk mengasah kemampuan membaca saja, ternyata ikut perkumpulan literasi digital juga memberikan keuntungan lain untuk Anda. Manfaat tersebut adalah:

1. Menambah Relasi dengan Orang yang Sebidang

Sudah bukan hal aneh lagi jika saat mengikuti satu organisasi Anda akan lebih mudah mendapatkan teman baru sehingga relasi pun semakin luas. Perkumpulan literasi digital ini memungkinkan Anda membangun network baru dengan orang-orang yang satu passion dan memiliki hobi sama. 

Hal tersebut juga berdampak untuk kehidupan Anda yang lebih luas. Kecintaan Anda terhadap literasi akan semakin bertambah seiring dengan semakin luasnya lingkungan pertemanan Anda di bidang ini.

2. Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis

Manfaat literasi digital yang paling signifikan terasa adalah mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis. Bukan tanpa alasan, saat Anda mendiskusikan suatu topik yang sudah dibaca dengan anggota perkual lain biasanya akan lebih memudahkan Anda dalam menemukan informasi yang sebelumnya belum pernah terpikirkan.

Anggota organisasi lain akan membantu Anda untuk mengevaluasi dan mengelola informasi dari isu yang dibahas secara lebih rinci dan dalam. Nantinya Anda akan lebih terbiasa berpikir secara kritis sehingga menghasilkan pemahaman baru. Menarik bukan?

3. Menambah Pengetahuan Kosa Kata

Selain efektif untuk melatih kemampuan berpikir kritis, ikut perkumpulan literasi digital juga memungkinkan Anda untuk menambah pengetahuan kosa kata menjadi lebih lengkap. Pastinya akan ada banyak bahasa dan kata yang belum Anda hafal, nah dengan gabung komunitas inilah Anda bisa lebih tahu banyak kosakata yang belum pernah diketahui sebelumnya.

Anda juga dapat sharing terkait informasi ini dengan anggota lain agar lebih maksimal menemukan kata-kata baru. Penguasaan bahasa Anda akan lebih baik jika berhasil memanfaatkan setiap momen saat sedang diskusi bersama.

4. Meningkatkan Kemampuan Komunikasi

Mengikuti perkumpulan literasi digital tentunya tidak hanya berfokus pada membaca saja. Ada sesi dimana anggota akan bertukar pikiran atau diskusi mengenai informasi yang mereka baca sehingga orang lain dapat mendapatkan pengetahuan dari bacaan tersebut.

Nah disinilah kemampuan komunikasi Anda juga akan ikut terlatih. Semakin banyak Anda bicara maka skill public speaking pun akan terasah dengan baik sehingga nantinya Anda tidak perlu ragu lagi saat diskusi dan mengemukakan pendapat.

5. Meningkatkan Daya Fokus

Jangan salah paham dan menganggap bahwa saat membaca dengan anggota komunitas lain daya fokus akan turun. Jika waktu membaca sedang berlangsung, pastinya semua anggota  akan fokus pada bacaan masing-masing sehingga daya konsentrasi Anda pun akan ikut meningkat.

Bahkan Anda juga bisa lebih fokus pada isu yang sedang panas di internet dan wajib dibedah. Pikiran Anda akan tertuju pada satu bacaan yang kemudian didiskusikan dengan yang lain. Namun jika Anda memang tidak bisa membaca dengan banyak orang, biasanya ada aturan komunitas juga yang memberikan kebebasan bagi anggotanya untuk membaca sendirian.

Jika nantinya Anda berhasil masuk ke organisasi literasi digital di sekolah     atau lingkungan lain, maka Anda harus ikut serta dalam setiap kegiatan yang dilaksanakan. Nah jika ada acara atau event berlangsung, biasanya sebuah perkumpulan membutuhkan poster kampanye untuk mempromosikannya.

Dan kini Anda bisa menggunakan Rajaframe yang siap memberikan kumpulan desain poster terbaik sesuai dengan konsep event yang diselenggarakan. Disini Anda juga akan disuguhkan dengan desain frame atau twibbon yang dapat digunakan untuk menyemarakkan acara organisasi.

Nah sekarang saatnya Anda ikut perkumpulan literasi digital yang diinginkan dan segera kunjungi laman Rajaframe untuk mendapatkan setiap pilihan desain yang diinginkan guna memeriahkan acara komunitas.

Baca Juga