Manfaat Bergabung Dengan Komunitas Sepeda Gunung

Manfaat Bergabung Dengan Komunitas Sepeda Gunung

Anda punya sepeda gunung tapi belum ikut komunitas manapun? Ada banyak keuntungan ikut komunitas, salah satunya adalah untuk bisnis. Anda bisa mendapatkan banyak relasi dari berbagai profesi. Salah satu moda transportasi yang berkembang menjadi alat olahraga adalah sepeda. Berbagai kalangan di Indonesia kini menggunakan moda transportasi ini untuk tracking atau touring dengan tujuan utama ikut olahraga. Pada umumnya kegiatan bike tracking atau touring berpusat pada satu tema. Kelompok ini terdiri dari perkumpulan-perkumpulan yang biasanya membentuk kelompok ketika mereka mengikuti kegiatan olahraga bersepeda. Kelompok ini biasa disebut dengan komunitas sepeda. Komunitas yang menghimpun para pecinta bersepeda dalam satu kawasan ini tidak hanya memungkinkan para anggotanya untuk berpartisipasi dalam kegiatan olahraga bersama, tetapi juga dalam berbagai kegiatan lain dengan misi dan tujuan yang sama.

 

Hobi Baru Bersepeda

Bersepeda semakin populer di kalangan masyarakat Indonesia dalam beberapa tahun terakhir. Jika pandemi menyerang, bersepeda adalah pilihan, dan penjualan sepeda kuat di pasar. Bersepeda tidak hanya mudah, tetapi juga memiliki banyak manfaat kesehatan. Jika dilakukan secara rutin, misalnya setiap hari selama minimal setengah jam, maka manfaatnya akan lebih terasa. Bersepeda dapat membantu Anda menghindari penyakit yang berpotensi fatal seperti penyakit jantung dan diabetes sekaligus meningkatkan kesehatan mental Anda. Dengan menjadi anggota komunitas sepeda, Anda bisa terhindar dari kebosanan saat bersepeda.

Fenomena bersepeda menjadi viral di media sosial. Banyak orang rela mengantri berjam-jam untuk membeli sepeda. Bersepeda adalah cara yang menyenangkan untuk menghabiskan waktu di tengah pandemi sekaligus tetap sehat dan mencari teman baru. Keren juga aktivitas bersepeda ini memiliki sejumlah komunitas lokal yang menggunakan berbagai merek sepeda. Memiliki puluhan ribu anggota yang tersebar di seluruh Indonesia. Bersepeda telah berkembang menjadi lebih dari sekadar hobi atau olahraga, sekarang menjadi cara hidup. 

Jenis Sepeda Gunung

Berbagai jenis komunitas sepeda bermunculan di Indonesia selama hampir satu dekade terakhir, dengan jumlah yang terus meningkat dalam lima tahun terakhir.

Jenis Sepeda Gunung Berdasarkan Rangkanya

Jenis Sepeda Gunung Sepeda gunung juga dikenal sebagai Sepeda Gunung, yang sering disingkat MTB, sesuai jenis frame yang digunakan. Sesuai dengan namanya, sepeda jenis ini memang ditujukan untuk sepeda gunung. Meskipun lebih tepatnya melalui jalan berbatu dan off road, karena pegunungan memiliki banyak jalan mulus saat ini. Jika Anda senang mengendarai sepeda, Anda harus mengetahui berbagai jenis sepeda gunung yang tersedia agar Anda tidak membuat keputusan yang salah. Sepeda gunung ternyata hadir dalam berbagai gaya. Sepeda gunung diklasifikasikan menjadi dua jenis berdasarkan bentuk dan konstruksi rangka yaitu:

1.  Sepeda Gunung Hard Tail

Sepeda gunung hard tail adalah jenis sepeda gunung yang paling umum. Sepeda gunung jenis ini memiliki rangka sepeda yang kaku tanpa suspensi. Ini dicapai dengan melepas suspensi dari rangka. Alhasil, sepeda gunung jenis ini hanya memiliki suspensi maksimal pada garpu suspensi depan. Setiap sambungan pada bingkai akan terhubung. Jenis sepeda gunung ini dirancang untuk medan yang lebih mudah. Hanya jalan berbatu atau rusak yang diizinkan, tanpa lubang yang dalam atau lompatan tinggi.

2. Sepeda Gunung Soft Tail

Sepeda gunung jenis ini juga disebut sebagai sepeda fullsus, yang merupakan singkatan dari full suspension. Sesuai dengan namanya, sepeda jenis MTB ini memiliki suspensi pada rangkanya. Hal ini dilakukan agar sepeda dapat melompat. Sepeda ini tidak cocok untuk medan atau trek yang relatif datar. Ini karena penambahan perangkat suspensi pada frame yang menambah bobot. Selain itu, suspensi rangka akan mencegah tenaga pedal disalurkan saat gerakan maju Mengayuh pedal akan mengayun ke atas dan ke bawah, sehingga memperlambat gerakan jika dibandingkan dengan sepeda hard tail.

Jenis Sepeda Gunung Berdasarkan Rute

1. Sepeda Gunung Lintas Alam

Sepeda gunung full suspension adalah nama lain dari sepeda gunung jenis ini. Sepeda MTB ini memiliki suspensi pada rangkanya, sesuai dengan namanya. Ini memungkinkan sepeda menyerap dampak lompatan. Alhasil, desain sepeda ini memang ditujukan untuk digunakan di jalur offroad menengah hingga ekstrim. Sepeda downhill adalah contoh sepeda gunung suspensi penuh. Sepeda bersuspensi penuh ini tidak cocok untuk dikendarai di medan yang relatif datar. Ini karena penambahan perangkat suspensi di bingkai, yang menambah bobot.

2.  Sepeda Mountain Bike Trail

Sepeda gunung MTB Trail dan sepeda gunung XC sangat mirip. Suspensi di tengah rangka, bagaimanapun, telah dimodifikasi, dan medan menjadi sedikit lebih berat. Alhasil, motor trail jenis ini bisa melibas trek yang lebih variatif dibandingkan motor XC. Banyak jalur MTB yang dirancang menggunakan sistem fullsus. Beberapa orang, bagaimanapun, terus menggunakan bingkai jejak keras. Perjalanan suspensi depan pada motor trail gunung ini biasanya antara 120 dan 140 milimeter.

3. Semua Sepeda Gunung

Sesuai dengan namanya, motor ini bisa melibas berbagai jalur pegunungan. Dari tanjakan hingga turunan off-road, Anda bisa menyingkirkan motor ini. Sepeda ini dirancang agar nyaman. Kemampuan ini terkait erat dengan konstruksi suspensi penuh sepeda AM MTB. Selanjutnya, suspensi depan atau garpu travel 140-160 mm dapat menangani jalan off-road berbatu.

4. Sepeda Gunung Enduro

Sepeda ini dirancang untuk digunakan di jalur off-road menengah. Bingkai suspensi ganda atau penuh digunakan pada sepeda jenis ini. Sepeda ini dapat dibandingkan dengan versi yang lebih ringan dari sepeda downhill. Karena lebih ringan, motor ini lebih lincah. Kemampuan dropnya (melompat dari ketinggian/melompat) termasuk dalam kategori downhill bike. Salah satu alasannya adalah suspensi depan pada motor ini dirancang untuk memiliki travel mulai dari 150 hingga 160 mm.

5. Sepeda Gunung Turun Bukit

Sesuai dengan namanya, sepeda jenis ini didesain untuk melibas turunan seperti bukit dan menuruni gunung. Namun, ini bukan sembarang turunan; memiliki hambatan yang harus dilalui dengan kecepatan tinggi, membuat sepeda ini terasa tidak nyaman dan tidak efisien saat digunakan di jalanan kota. Kemampuan sepeda ini dapat meredam benturan yang terjadi ketika digunakan untuk melompat dari loncatan yang relatif tinggi. Akibatnya, sepeda downhill biasanya dirancang dengan rangka besar untuk memastikan stabilitas sepeda downhill. Selain itu, suspensi yang digunakan memiliki travel range yang lebar hingga 200 mm. Hal ini memungkinkan sepeda downhill ini untuk mendarat dengan mulus dari ketinggian lompatan 2 meter atau lebih tinggi.

Harga Sepeda Gunung

Siapa bilang sepeda gunung harganya sangat mahal? Buktinya banyak tersedia sepeda gunung dengan harga terjangkau 1-2 jutaan saja. Sepeda gunung, juga dikenal sebagai sepeda jalan yang kokoh, gesit, dan cepat. Untuk memiliki sepeda gunung, Anda harus memiliki keinginan kuat. Sehingga hal itu menimbulkan kesan bahwa harga sepeda gunung itu tidak murah. Padahal ada sejumlah merk sepeda gunung dengan harga terjangkau di pasaran.

Klub Sepeda Gunung

Mengingat Indonesia memiliki banyak gunung, komunitas sepeda gunung adalah salah satu yang paling populer, karena menawarkan berbagai jalur bersepeda kepada para pengedara. Dengan adanya aliran kran impor pemerintah, maka bermunculan penggemar sepeda gunung merek asing. Anda yang senang bersepeda tetapi belum bergabung dengan komunitas sepeda di daerah Anda, harus segera melakukannya untuk mendapatkan manfaat dari organisasi tersebut.

Perkumpulan sepeda ini sering dijumpai melakukan kegiatan olahraga bersepeda bersama setiap akhir pekan, baik dengan tujuan jalan-jalan keliling kota atau hanya berkeliling lingkungan sekitar, maupun tujuan lain bahkan sampai ke luar kota. Memang tidak jarang kelompok peminat olahraga sepeda ini mengikuti berbagai kegiatan lain bersama anggota lainnya, seperti sosialisasi olahraga sepeda dan kegiatan bakti sosial.

Manfaat Ikut Komunitas

Berikut adalah beberapa keuntungan menjadi anggota komunitas:

  • Bersepeda dapat dilakukan secara berkelompok, yang menjamin keselamatan Anda saat berolahraga.
  • Memungkinkan Anda untuk bertukar informasi tentang olahraga sepeda, mulai dari teknik yang benar atau dasar-dasar olahraga, sehingga Anda dapat menambah wawasan tentang apa yang Anda miliki.
  • Karena banyak anggota yang terlibat dalam komunitas, jaringan yang mungkin dapat Anda temukan menjadi lebih besar.

Saat Anda bergabung dengan komunitas, apakah itu komunitas sepeda atau lainnya, Anda akan dapat berdagang atau bertukar barang yang terkait dengan sepeda atau barang lain di komunitas tersebut. Kualitas sepeda yang diperoleh melalui tukar menukar sesama anggota tidak perlu diragukan lagi karena pemiliknya juga merupakan penyuka sepeda yang mungkin lebih tua dari kita.

Bergabunglah dengan komunitas bersepeda lokal Anda dan dapatkan pengalaman yang tak terlupakan. Manfaatkan dan perluas pengetahuan bersepeda Anda di komunitas agar nantinya bisa melakukan aktivitas bersepeda dengan baik, mudah, dan lancar. Namun, tetap gunakan peralatan keselamatan bersepeda agar Anda dapat terus berpartisipasi dalam olahraga bersepeda dengan aman.

 

Baca Juga