Manfaat Mendirikan Komunitas Untuk Pengembangan Diri dan Karier

Manfaat Mendirikan Komunitas Untuk Pengembangan Diri dan Karier

Komunitas merupakan wadah yang sangat disukai oleh banyak orang. Salah satunya untuk mengembangkan diri dan karier. Namun, ternyata manfaat dari komunitas masih banyak lagi. Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini kami akan membahas manfaat mendirikan komunitas bagi masyarakat.

5 Manfaat Mendirikan Komunitas 

Sebelum membahas manfaat mendirikan komunitas lebih lanjut, kita akan membahas terlebih dulu pengertian komunitas. Jadi, komunitas adalah suatu kelompok dari berbagai macam lingkungan yang memiliki suatu kesamaan maupun ketertarikan dan habitat. Komunitas sendiri berasal dari Bahasa latin “communitas” yang berarti kesamaan. Kemudian kata tersebut diturunkan lagi menjadi communis yang berarti sama rata.

Komunitas juga bisa diartikan sebagai kelompok sosial di dalam masyarakat yang tersusun dari beberapa beberapa macam personal yang saling melakukan interaksi di lingkungan tertentu dan memiliki ketertarikan kriteria social tertentu.

Komunitas juga memiliki jenisnya sendiri, seperti

1. Komunitas Sesuai Minat

Jenis-jenis komunitas yang pertama adalah berdasarkan kesamaan minat atau ketertarikan para anggota. Biasanya ini berupa komunitas dengan hobi tertentu, seperti komunitas menulis, komunitas baca, dan lain-lain.

2. Komunitas Sesuai Komuni

Jenis yang kedua ini biasanya berdasarkan keinginan dan kepentingan bersama atau memiliki landasan untuk memenuhi kepentingan anggota di dalamnya kepada masyarakat.

3. Komunitas Sesuai Lokasi

Yang ketiga berdasarkan lokasinya dan biasanya digunakan untuk mengenal orang dari daerah yang sama satu sama lain. Sehingga mampu membantu perkembangan lingkungan.

Dari pengertian dan jenis-jenis komunitas, ada beberapa manfaat mendirikan komunitas yang bisa Anda dapatkan, seperti

1. Dapat Meluaskan Koneksi atau Networking

Ketika Anda membutuhkan networking secara profesional, Anda bisa mendapatkannya dengan mudah melalui komunitas ini. Karena dengan mendirikan komunitas, artinya Anda mengumpulkan dan berkenalan dengan banyak orang dari berbagai macam latar belakang. Hal itu tentu saja akan membantu Anda untuk mengakses berbagai macam hal yang tidak bisa dijangkau sebelumnya.

Salah satu tokoh yang setuju dengan manfaat mendirikan komunitas yang pertama ini adalah Jonathan Long. Dalam wawancaranya bersama Entrepreneur ketika Jonathan gabung dengan komunitas, ia memiliki banyak sekali kenalan dan bisa membantunya untuk mengembangkan bisnis. Hal ini karena, Jonathan menjadi mampu menjangkau berbagai macam akses dari orang-orang yang dikenalnya melalui komunitas. 

2. Melatih Komunikasi

Ketika masuk ke dalam komunitas, Anda akan mulai banyak berbicara dengan orang lain untuk mengenal mereka lebih dekat. Oleh karena itu manfaat mendirikan komunitas selanjutnya adalah mampu melatih komunikasi Anda. 

Komunikasi ini bisa berupa verbal maupun non verbal dan ketika semakin sering dilatih, keterampilan komunikasi Anda akan semakin meningkat dari hari ke hari.

Contoh hal-hal yang dapat melatih skill komunikasi Anda adalah dengan adanya diskusi dan perbincangan bersama. Oh iya, skill komunikasi ini nantinya bisa juga diterapkan di dunia kerja.

3. Bisa Untuk Mendapatkan Saran dan Nasehat

Manfaat mendirikan komunitas selanjutnya adalah dengan mendapatkan saran dan nasehat. Contohnya saja nasihat dan saran dari orang-orang yang sudah berpengalaman di bidang tertentu.

Misalnya saja ketika Anda ingin berkonsultasi menentukan jalan karir kedepannya. Anda bisa bertanya ke para anggota senior ini dan mendiskusikan masalah tersebut. Jalan karir apa yang harus Anda pilih dan seperti apa rancangan karir yang bagus.

4. Membagikan Ilmu

Selanjutnya menurut Fairy God Boss, ketika Anda dalam sebuah komunitas, Anda bisa berbagi skill dan pengalaman ke orang lain maupun sebaliknya. Sehingga Anda bisa mendapatkan manfaat yang sangat besar ketika mendirikan komunitas ini karena bisa saling belajar dan menciptakan lingkungan suportif bagi yang lainnya.

Maka dari itu, dengan situasi yang bisa mendukung Anda untuk terus berkembang, Anda bisa memulai karir yang baik ke depannya.

5. Melakukan Kolaborasi

Selanjutnya dalam komunitas. Anda bisa melakukan kolaborasi yang tepat dalam bidang bisnis maupun berkarya. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan income yang lebih banyak melalui kolaborasi ini.

Nah, dari 5 manfaat di atas salah satu bentuk komunitas yang bisa Anda gunakan untuk melakukan kolaborasi adalah rajaframe.com. Rajaframe.com merupakan komunitas online yang menyediakan berbagai macam frame untuk kebutuhan kampanye massal. Misalnya saja kebutuhan kampanye sesame teman, perusahaan, almamater, hingga negara sehingga orang lain juga bisa ikut. 

Frame ini nantinya bisa digunakan dan Anda share dengan bebas melalui media social. Anda hanya cukup dengan memilih poster atau frame yang disediakan oleh rajaframe.com. Atau Anda juga bisa membuat frame sendiri sesuai dengan kebutuhan Anda.

Lalu, bagaimana cara membuat frame untuk kebutuhan perusahaan dan komunitas pribadi? Anda bisa melakukan pendaftaran dan mengupload frame Anda di rajaframe.com seperti para contoh penyedia frame lainnya.

Dengan menggunakan frame ini, Anda bisa melakukan promosi ke seluruh media sosial. Sehingga Anda akan mendapatkan lebih banyak dukungan untuk event atau kegiatan yang tengah diadakan. Frame yang dipilih ini juga bisa Anda ambil gratis tanpa biaya sehingga Anda bisa melakukan promosi tanpa perlu mengeluarkan biaya lebih banyak.

Frame ini bisa Anda sebarkan melalui Instagram, Facebook, maupun Twitter. 

Selain untuk promosi, Anda juga bisa menggunakan frame dari rajaframe ini untuk memberikan dukungan lebih lanjut dalam kegiatan yang positif seperti bakti sosial dan kegiatan kemanusiaan lainnya. Bahkan, sekadar memperingati hari kemerdekaan juga bisa Anda lakukan melalui rajaframe ini.

Bagaimana? Anda tertarik menggunakan frame dari Rajaframe.com ini? Anda bisa langsung mendaftarkan diri melalui website official Rajaframe.com dan pilih frame yang diinginkan. Yuk, mulai rasakan manfaat mendirikan komunitas bersama rajaframe.com.

Baca Juga