Kenali 8 Jenis Media Promosi Online Untuk Mengiklankan Komunitas Anda

Kenali 8 Jenis Media Promosi Online Untuk Mengiklankan Komunitas Anda

Pemakaian media promosi online bisa untuk menjangkau banyak orang. Hal ini kerap dipakai untuk mensosialisasikan komunitas atau usaha. Anda yang menginginkan citra terbaik dari komunitas yang Anda jalani, tentu perlu mengetahui berbagai jenis media online yang ada. Jadi, Anda bisa memilih dan memakainya untuk mempromosikan komunitas, sehingga dikenal dan diingat oleh masyarakat luas. 

Media Promosi Online Paling Efektif, Agar Komunitas Anda Dikenal

Pemakaian media pemasaran online pada dasarnya adalah meningkatkan kesadaran secara digital pada suatu komunitas. Untuk memperkenalkan komunitas baru, Anda memerlukan website, email, akun media sosial dan lain sebagainya. Antara satu media dengan media lainnya harus terlihat mirip sehingga terlihat korelasinya. Berikut adalah berbagai media promosi online yang paling pas untuk mensosialisasikan komunitas Anda. 

1. Akun Sosial Media

Cara terbaik untuk membangun identitas adalah dengan memiliki sosial media yang sesuai dengan target pasar yang diinginkan. Kalau Anda membangun komunitas untuk demografis usia antara 15 sampai 25 umumnya akan membuat akun Instagram. Pilihan lain adalah Facebook, Twitter, Tiktok, Youtube dan lain sebagainya. 

Anda perlu menetapkan logo dan warna yang dipakai di semua sosial media yang dipakai. Jadi, selain mudah ditemukan, kontinuitas tersebut akan membangun kesadaran citra tentang komunitas Anda. Misalkan logo yang dipilih adalah biru, maka gunakan warna yang sama untuk frame, latar dan lain sebagainya. 

2. Iklan Sosial Media 

Anda punya beberapa media promosi online seperti akun sosial media. Tapi untuk mempromosikannya secara aktif, akun tersebut bisa diiklankan. Anda bisa memasang Facebook Ads, Instagram Ads dan akun sosial media lain yang Anda pilih. 

Kini iklan dapat dibuat saling berkaitan sehingga Anda bisa pasang iklan di satu akun sosial media dan bisa terpasang otomatis ke beberapa sosmed lainnya. Iklan tentu berarti mengeluarkan sejumlah uang sebagai biaya promosi. Beberapa komunitas ada yang beriklan sesuai dengan visi dan misi yang dimilikinya. 

3. Advertorial

Promosi yang berbentuk iklan berkesan menjual. Advertorial adalah konten editorial dengan gaya penjualan yang lebih halus. Jadi. Media promosi online satu ini merupakan salah satu strategi untuk mempromosikan produk atau jasa dengan gaya soft selling.

Anda bisa berbagi informasi termasuk keunggulan dari komunitas dan mempromosikannya. Dengan demikian, pesan Anda bisa diterima target pasar dengan berbagai cara dan tidak selalu dengan cara beriklan yang jelas – jelas. 

4. Website

Komunitas bisa memilih media yang dipakai sebagai mensosialisasikan dirinya. Akun sosial media tersedia dengan gratis dan dapat meraih masyarakat yang memakainya. Kalau ingin tampilan yang lebih resmi, bisa membuat website komunitas dan mengisinya dengan semua konten terkait. 

Jadi, Anda memiliki media online yang bisa diakses ketika berkaitan dengan kata kunci yang berhubungan dengan komunitas. Media ini bisa dipakai untuk meraih target pasar yang belum mengenal komunitas Anda tapi memiliki minat dengan hal – hal yang komunitas Anda lakukan. 

5. Email Marketing 

Email adalah media yang sudah dipakai puluhan tahun untuk berpromosi. Sifatnya lebih personal karena dikirimkan langsung ke tiap individu. Agar email marketing tidak terlewatkan, perlu dipilih frame, warna dan gambar yang dipakai untuk media lainnya. Jadi, target sasaran yang diinginkan, akan membuka email tersebut ketika melihatnya. 

Email bisa dipakai sebagai penunjang promosi di akun sosial media. Dengan demikian, media ini bisa berlaku sebagai pendukung dari media – media lainnya. Pemasaran dengan memakai email masih memiliki efek karena dapat menjangkau pelanggan dengan lebih personal.

6. Forum Komunitas

Komunitas kerap membahas tentang hal – hal penting sesuai dengan misi dibangunnya komunitas tersebut. Jadi suatu hal yang masuk akal bila memakai media forum untuk menghubungkan berbagai peserta komunitas dan berinteraksi dalam satu forum. 

Komunitas Anda bisa menetapkan citranya dan sekaligus memelihara interaksi antara komunitas, orang – orang di dalamnya serta berbagai opini yang berkembang. Forum membicarakan hal – hal yang komunitas ingin bahas. Ini bisa jadi media promosi tepat untuk membangun citra yang baik. 

7. Google 

Mesin penelusuran Google adalah media terbesar yang bisa Anda pakai untuk mensosialisasikan komunitas. Selain mencangkup beberapa media seperti email, drive, blog dan lain sebagainya, Google adalah media populer untuk bisa berpromosi secara online. 

Anda bisa mendaftarkan komunitas dengan Google My Business. Layanan ini akan mengkaitkan komunitas Anda dengan berbagai informasi terkait yang lengkap. Ini adalah fitur yang paling lengkap yang bisa Anda pakai dengan memanfaatkan semua layanan yang ditawarkan oleh Google. 

8. Endorsement 

Anda dapat memakai akun sosmed seperti Youtube, Tiktok, Instagram dan lain sebagainya dan bekerjasama dengan Influencer dan orang populer lainnya. Cara ini terbilang efektif karena memfokuskan promosi pada media dan tokoh yang sesuai dengan komunitas. 

Semua elemen tersebut menyatu dan meeyakinkan target pasar sesuai dengan pesan yang diinginkan. Jadi, komunitas bisa melakukan kampanye, membujuk orang melakukan sesuatu atau menginformasikan pengetahuan tertentu. Cara ini adalah salah satu cara pas untuk mempromosikan komunitas Anda. 

Anda bisa memanfaatkan berbagai media promosi online untuk mensosialisasikan komunitas. Mulai dari visi, misi, kegiatan dan pencapaian, semua dapat dibagi dalam bentuk yang sama. Yang berbeda adalah medianya. Beberapa diantaranya yang banyak dipakai termasuk Instagram, Facebook, Twitter, Youtube dan Tiktok. Tidak tertutup di masa depan ada medsos lainnya yang berkembang dan dipakai orang banyak. 

Untuk menyamakan tampilan, Anda bisa memakai frame online yang dipasangkan pada semua sosial media Anda. Tempat untuk mendapatkan frame tersebut adalah Rajaframe.com. Lakukan promosi dengan memakai berbagai frame yang bisa disesuaikan dengan komunitas dan kebutuhannya.

 

Baca Juga