Pengertian Elektabilitas Partai dan Cara Meningkatkannya

Pengertian Elektabilitas Partai dan Cara Meningkatkannya

Semakin mendekati pemilu, istilah elektabilitas partai kerap bermunculan. Bukan hanya soal partai tetapi juga orang yang dicalonkan sebagai pemimpin. Semakin bagus elektabilitasnya maka potensi untuk bisa memenangkan pemilu pun juga tinggi. 

Demi meningkatkan elektabilitas ini jugalah, kegiatan seperti kampanye dilakukan semua calon dari berbagai partai politik. Sebagai orang awam penting untuk tahu maksud dari elektabilitas ini, apalagi jika Anda bergabung di salah satu partai. Seperti apa penjelasan soal elektabilitas, bisa cari tahu di sini.

Apa Itu Elektabilitas Partai

Istilah elektabilitas menurut KBBI adalah kemampuan atau kecakapan supaya bisa dipilih untuk menjabat di pemerintahan. Elektabilitas juga menjadi salah satu istilah populer yang kerap digunakan saat ini. 

Pada konteks politik, elektabilitas partai adalah tingkat ketertarikan masyarakat umum pada figur politik, lembaga politik atau partai politik. Adanya ketertarikan inilah yang membuat masyarakat akan memilihnya. 

Jadi tidak heran jika elektabilitas partai menjadi tujuan utama dari setiap kampanye sebelum pemilu. Setiap kandidat atau calon harus bisa memenuhi kriteria keterpilihan serta popularitas tinggi. 

Apabila hanya memenuhi satu hal saja, misalnya kandidat memiliki kriteria yang sesuai namun sayangnya popularitasnya rendah. Otomatis hasil dari suara pemilihan yang diperoleh bisa kecil. Kemungkinan untuk dipilih pun akan mengikuti popularitasnya. 

Cara Meningkatkan Elektabilitas Partai Politik 

Memiliki elektabilitas yang tinggi bagi suatu partai atau peserta pemilu adalah tujuan utama. Demi mendapatkan angka yang tinggi ini maka diperlukan berbagai macam usaha yang membutuhkan waktu. 

Usaha ini bertujuan memberikan informasi kepada masyarakat mengenai profil kandidat, program yang akan dijalankan, dll. Berbagai cara untuk meningkatkan elektabilitas yang biasa dilakukan adalah sebagai berikut:

1. Memasang Baliho 

Salah satu strategi yang dari dulu hingga sekarang kerap dilakukan adalah pemasangan baliho di berbagai daerah. Baliho dipasang untuk memperkenalkan calon kandidat dari partai kepada masyarakat. 

Di dalam baliho sering juga dijelaskan secara singkat mengenai visi dan misi partai, termasuk juga foto dari kandidat tersebut. Ukuran baliho biasanya juga disesuaikan dengan tingkat pemilu yang diadakan. 

Aksi sejenis juga dilakukan dalam bentuk poster, selebaran yang ditempel di berbagai sudut kota atau dibagikan secara langsung. Selain mendongkrak elektabilitas, baliho juga akan meningkatkan popularitas partai.

2. Seleksi Kandidat yang Dicalonkan 

Setiap partai juga harus bisa menunjukan bagaimana seleksi kandidat yang diajukan secara terbuka dan transparan kepada masyarakat. Cara ini bertujuan untuk menunjukan kepada masyarakat bahwa pemilihan calon berdasarkan kriteria yang jelas. 

Baik itu dari segi prestasi yang pernah dilakukan sampai dengan profesionalisme di bidangnya. Masyarakat pun jadi tahu kualitas dari partai tersebut sehingga tidak segan untuk memilihnya. 

3. Memperlihatkan Prestasi atau Pencapaian 

Perlu juga untuk menunjukan prestasi yang pernah dicapai oleh partai dan kandidatnya. Prestasi ini akan menjadi bagian penting yang menunjukan kualitas partai. Misalnya saja prestasi dalam pembangunan atau melaksanakan rencana demi kesejahteraan masyarakat. 

Prestasi dan pencapaian ini menjadi bukti nyata kapabilitas sebuah partai yang mengikuti pemilu. Apalagi jika saingannya lebih bagus dan memiliki banyak pencapaian. Oleh karena itulah setiap partai wajib membangun prestasi dan memiliki pencapaian terbaik. 

Langkah ini juga ditempuh untuk mendapatkan kepercayaan masyarakat akan sumber daya yang dimiliki oleh partai tersebut. 

4. Meningkatkan Kegiatan Sosial 

Cara meningkatkan elektabilitas partai yang selama ini masih mendulang angka tertinggi adalah kegiatan sosial. Setiap partai selalu berlomba-lomba melakukan berbagai macam kegiatan sosial, khususnya yang berfokus pada masyarakat berkekurangan. 

Misalnya saja membagi-bagikan makanan yang dibeli dari UMKM, menanam seribu pohon demi menjaga lingkungan, memberikan beasiswa dan masih banyak lagi.  Mengingat banyaknya permasalahan di lingkungan sosial, maka aktivitas yang berhubungan dengan sosial tidak pernah ada habisnya. 

5. Membangun Koalisi yang Kompak

Selain membangun popularitas di mata publik, partai juga harus bisa membangun koalisi. Memiliki koalisi yang kompak dan kuat bisa menciptakan satu suara. Adanya perbedaan suara dalam satu koalisi adalah hal rawan yang harus dicegah. Pasalnya bisa mempengaruhi elektabilitas. 

 Koalisi ini nantinya bisa diajak untuk meyakinkan masyarakat dan menguatkan langkah serta strategi-strategi kampanye. Penyampaian program kerja pun bisa jadi lebih jelas. 

6. Membentuk Program Kerja yang Jelas

Menyinggung soal program kerja, setiap partai dan kandidat harus bisa memaparkan program kerjanya dengan jelas. Program ini harus bersifat persuasif dan bisa mengatasi permasalahan yang kerap terjadi di masyarakat. 

Program kerja juga perlu dibuat yang bisa menandingi program lawan politik. Pengadaan program ini juga jadi tolak ukur masyarakat sejauh mana partai dan kandidat hadir sebagai solusi bukan sekedar mesin politik saja. 

Contoh program kerja yang jelas seperti pembuatan jalan, mentoring UMKM, membangun infrastruktur daerah dan masih banyak lagi. Pemaparan program kerja ini juga harus dilakukan dengan jelas kepada masyarakat agar mudah dipahami. 

7. Kampanye di Sosial Media 

Ada dua cara penyampaian kampanye di masa modern ini, pertama secara langsung dan kedua tidak langsung. Baliho menjadi salah satu kampanye tidak langsung sedangkan seminar, workshop adalah jenis kampanye langsung. 

Salah satu kampanye tidak langsung yang saat ini sangat efektif adalah melalui sosial media. Banyak orang berkumpul dan menggunakan sosial media sepanjang hari demi memperoleh informasi. Di sinilah partai dan kandidat perlu membangun kampanye yang menarik di sosial media demi meningkatkan elektabilitas. 

Contohnya dengan membuat frame melalui rajaframe.com. Mulai dari kampanye untuk pendidikan, lingkungan, atau yang sesuai program kerja bisa dibuat frame menariknya. Pembuatannya pun sangat mudah dan gratis sehingga elektabilitas partai pun dapat meningkat. 

Sekarang tidak bingung lagi soal arti dari elektabilitas yang kaitannya dengan partai politik bukan. Jika Anda adalah salah satu anggota partai, mulailah dengan mengakses frame menarik supaya kampanye di sosial media jadi lebih lancar. 

Baca Juga