Inilah Cara Partai Mensosialisasi Citra Positif

Inilah Cara Partai Mensosialisasi Citra Positif

Citra positif diperlukan partai politik untuk memenangkan hati rakyat. Cara – cara yang dipilih harus cerdas dan dipikirkan dengan matang. Masyarakat kini sudah lebih kritis. Sebagian besar memiliki pendapat kuat tentang suatu partai tertentu dan tidak mudah untuk diubah.

Pencitraan bukan hanya sekedar promosi, apalagi untuk partai politik. Perlu ada interaksi yang bisa menekankan kepedulian pada masyarakat sebagai individu. Dengan demikian, pesan yang disampaikan jadi lebih pribadi dan responnya pula akan lebih terasa. 

Cara – Cara Partai Membangun Citra Positif dengan Sosial Media 

Selain pesan kampanye yang kuat, pemilihan sosial media juga memegang peranan penting. Itulah mengapa partai politik kerap memiliki akun sosial media dan memaksimalkannya untuk sosialisasi agendanya. Citra partai bisa dibangun bahkan hanya dengan memaksimalkan keberadaan internet. 

Mulai dari pesan, cara dan juga media, citra yang baik dari partai dapat disosialisasikan dengan berbagai cara. Hal inilah yang menjadikan strategi pencitraan sangat penting. Berikut adalah beberapa cara yang dipakai partai untuk membentuk citra positif. 

1. Agenda Setting

Mengangkat isu yang sedang trending disesuaikan dengan agenda partai. Tentu kesesuaian materi perlu dilakukan, tapi hampir semua topik yang sedang hangat bisa dicarikan sudut pandang yang bisa disesuaikan dengan visi dan misi yang dipercayai oleh partai. 

Melakukan hal ini sangat mengandalkan media. Jadi, publik disodorkan berita yang sesuai dengan kapasitas partai untuk mengomentarinya. Ini bisa dijadikan pemicu untuk menarik minat masyarakat untuk turut memberikan pendapat. Sehingga, partai dikenal memiliki kepedulian dengan hal – hal yang sedang populer. 

2. Mensosialisasikan Nilai 

Citra positif partai bisa dibentuk dan dibangun dengan membicarakan tentang nilai-nilai tertentu yang dipercayainya pada masyarakat. media massa online dapat dipakai untuk mensosialisasikan materi lingkungan, kesehatan, pendidikan dan lain sebagainya. 

Kemudian, hal tersebut dikaitkan dengan bagian dalam masyarakat, memberikan informasi dan juga menghubungkannya dengan peran serta partai. Dengan demikian, masyarakat lebih mudah menghubungkan partai dengan berbagai hal positif yang dibicarakannya. 

3. Aktivitas Politik 

Partai politik tentu perlu menonjolkan sisi politiknya Hal ini bisa dilakukan dalam dua cara. Partai mengadakan acara yang mengundang wartawan karena memiliki nilai berita. Satu lagi adalah melakukan aktivitas yang memiliki nilai kepentingan publik. 

Intinya, aktivitas politik tidak selalu harus berdasarkan kegiatan yang terkait dengan kepartaian. Pilihannya bisa beragam tapi tetap membawa nama partai. Hal tersebut memberikan variasi pemberitaan sehingga tidak terlalu jelas kalau apa yang dilakukan memiliki nilai promosi partai. 

4. Rutin Posting 

Partai bisa membuat akun sosial media, tapi juga perlu mengisinya dengan rutin. Bukan hanya sesekali ketika sedang masa kampanye atau agenda politik lainnya. Manfaatkanlah sosial media untuk menjadi wadah baik antara anggota partai dan juga masyarakat. 

Kini sudah banyak sistem yang memungkinkan untuk media sosial melakukan posting secara otomatis di beberapa sosmed yang berbeda. Misalkan Anda membuat posting Instagram yang langsung terpasang di Facebook dan media lainnya. 

5. Memilih Pesan Kampanye

Ada banyak partai politik yang tumbuh kembang di masyarakat. Sebagai pembeda, partai perlu memilih sebuah pesan kampanye dan menjadikannya sebagai pedoman ketika memakai media sosial dan kegiatan lainnya. Pesan yang tepat akan mendapatkan respon yang baik pula. 

Partai perlu memilih satu atau dua hal yang ingin ditekankannya ketika berkampanye. Jadi, citra yang terbentuk pula akan mengikuti dari pesan yang diberikan. Pesan juga akan menjadi ciri khas partai yang dapat dipakai untuk konten sosmed, aktivitas yang dilakukan dan lain sebagainya. 

6. Iklan Online 

Citra positif bisa juga dibangun dari cara kampanye yang dipilih. Ketika masa kampanye kita akan melihat banyak spanduk dipasang di sepanjang jalan. Ini adalah cara lama yang sudah ketinggalan jaman dan pengaruhnya sulit diukur. Berbeda dengan berpromosi secara online.

Anda dapat mengetahui berapa orang yang mengunjungi website partai. Jumlah orang yang berkomentar pada posting juga bisa diukur. Dengan mendigitalisasi pesan dan iklan, maka pesan bisa tersampaikan lebih jauh dan luas. 

7. Keseragaman Atribut 

Partai memiliki logo, warna atau bahkan gambar yang menjadi identitasnya. Kita kerap membedakan partai satu dan lainnya dari warna dan logo. Warna merah mewakilkan partai apa dan warna biru dikenal sebagai partai lainnya. 

Oleh karena itu, citra juga bisa dibina dengan selalu memakai warna yang sama, tidak lupa menyematkan logo atau memperkenalkan yel – yel partai. Kesan kompak bisa menjadi citra positif yang baik untuk disosialisasikan kepada masyarakat luas. 

Itulah beberapa cara partai untuk mensosialisasikan citra positifnya dengan memanfaatkan media online. Kini, tidak hanya media offline saja yang dapat dipakai untuk berkampanye. Manfaat medsos justru bisa menjangkau masyarakat lebih luas dan beragam. 

Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah memastikan adanya keseragaman identitas. Anda bisa membuat frame partai untuk berbagai aktivitas yang dilakukan atau event yang sedang berlangsung. Frame untuk ucapan Hari Raya atau hari besar lainnya. Frame juga bisa dipakai untuk memperingati acara partai. 

Anda bisa memesan frame untuk berbagai kegiatan partai dengan www.rajaframe.com. Ada banyak jenis frame yang bisa dibuat, sesuai dengan keperluan partai. Anda pun bisa memesan desain khusus kalau tidak menemukan frame yang Anda inginkan dari katalog yang ada. Berikanlah perhatian khusus pada tampilan partai dalam media masa. Jadi, citranya semakin positif dan juga diperhatikan oleh masyarakat. 

Baca Juga