Bukan Sekedar Naik, Penggemar Kereta Api Jadi Sukarelawan

Bukan Sekedar Naik, Penggemar Kereta Api Jadi Sukarelawan

Penggemar PT Kereta Api Indonesia (Persero) (KAI) sering disebut juga sebagai railfans. Ini adalah sekelompok orang yang senang pada kereta api. Mereka menyukai kereta api lebih dari sekadar naik kereta api. Dengan menggunakan metode transportasi ini, mereka mengunjungi banyak stasiun dan sesekali jalan-jalan. Mereka membawa kamera dan alat perekam digital yang mereka bawa digunakan untuk dokumentasi. Penggemar kereta api ini menyalurkan minatnya melalui foto dan video namun mereka juga mendukung kerja karyawan KAI lainnya.

Tujuan Utama Komunitas

Mereka semua ingin melihat perkeretaapian Indonesia berkembang dan penggemar kereta api sangat penting bagi upaya KAI untuk mendorong pembangunan perkeretaapian. Fakta bahwa mereka terlibat dalam berbagai operasi tentu saja membuat mereka senang, diantaranya adalah operasional untuk Lebaran dan Tahun Baru. Mereka mendukung PT KAI dalam memberikan layanan pelanggan di stasiun. Kegiatan mereka berupa bantuan tenaga saat pencetakan boarding pass, memantau jalur pintu masuk, mendistribusikan informasi tentang jadwal kereta api. Kadang-kadang, anggota komunitas juga membantu memindahkan tas penumpang dari peron ke pintu masuk. Tim ini sadar akan tugas dan kendalanya sebagai relawan sehingga mereka masih di bawah pengawasan PT KAI.

Kegiatan Utama

Mereka hanya ingin berkumpul dengan sesama anggota komunitas. Mereka akan berkumpul dan bertukar informasi saat memiliki agenda pertemuan. Karena semua orang memiliki jadwal yang padat, tidak ada agenda khusus yang diatur. Jika ada kesempatan, mereka melakukan pertemuan. Mereka masih memilih akhir pekan, terutama pada hari Sabtu dan Minggu, untuk melakukan pertemuan. Stasiun kota terutama, semuanya telah dieksplorasi. Mengambil gambar kereta api yang lewat. Bergantian, mengambil gambar rel dengan latar belakang yang indah.

Berburu gambar bisa memakan waktu hingga 4 jam, walaupun hanya memotret. Setelah mendapatkan gambar, mereka akan menyebarkan kemana-mana. Tujuannya adalah untuk bersosialisasi dengan teman-teman dan tetangga. Anggota komunitas juga melakukan perjalanan kereta api gabungan selain berburu gambar. Mereka tidak langsung memilih kota tujuan akhir, yang penting semua bisa naik kereta bersama adalah hal yang paling penting. Beli tiket juga secara bersamaan.

Selain membantu sosialisasi keselamatan di perlintasan kereta api, PT KAI secara rutin mengajak komunitas Railfans untuk berbaur ketika peluncuran kereta api baru. Beberapa bulan yang lalu, Railfans membantu pengenalan armada baru dan tanggung jawab diberikan kepada anggota Railfans. Komunitas Railfans dengan sukarela menghiasi lokomotif dengan berbagai suvenir selain mengatur selimut di gerbong. 

Mayoritas Anggota Komunitas Adalah Pelajar

Anggota komunitas yang menjadi sukarelawan di KAI dan ikut kegiatan sukarela, mayoritas merupakan mahasiswa dan pelajar. Kebanyakan adalah lulusan perguruan tinggi dan universitas. Lainnya bekerja sebagai guru atau di sektor swasta. 

Menjadi Sukarelawan

Mereka membantu PT KAI dalam melayani penumpang sebagai relawan. Selain itu, peminat kereta api sangat penting dalam membantu KAI terus membangun layanan kereta api. Tindakan yang mengagumkan ini akan membantu meningkatkan kepuasan pelanggan dan memberikan kesan yang baik kepada KAI. Antara lain membawa barang bawaan penumpang, membantu mereka yang membutuhkan bantuan saat boarding atau check-in, memberikan informasi jadwal keberangkatan dan kedatangan kereta api, dan memantau protokol kesehatan, railfans membantu dengan berbagai tugas tambahan.

Para lansia dan konsumen berkebutuhan khusus juga disambut dengan tangan terbuka oleh para penggemar kereta api. Dalam hal melayani penumpang, kehadiran mereka di pusat bisnis ini cukup menguntungkan. Karena mereka membantu dengan cara memberikan layanan masyarakat seperti mengunjungi banyak stasiun lalu melakukan kebersihan dan kegiatan sosialisasi maupun instruksi keselamatan. Lingkungan dan bahkan organisasi terkait mendukung kegiatan ini. Vice President Humas KAI berterima kasih atas kerja keras sejumlah penggemar kereta api, terutama dalam meningkatkan kesadaran akan keselamatan berkendara kereta api. Sebenarnya, beberapa proyek ini dibuat oleh railfans. 

Baca Juga