10 Strategi Pemasaran Hemat Biaya Untuk Bisnis Kecil

10 Strategi Pemasaran Hemat Biaya Untuk Bisnis Kecil

Meningkatkan pengenalan merek dan menciptakan saluran prospek berkualitas yang dikonversi menjadi penjualan adalah tujuan pemasaran. Menyebarkan informasi mungkin sulit bagi perusahaan kecil karena visibilitas yang minim dan sumber daya yang terbatas terutama soal anggaran. Namun, ada taktik penting yang dapat membantu Anda meningkatkan inisiatif pemasaran perusahaan kecil Anda. Strategi pemasaran yang tepat untuk perusahaan Anda dengan membangun arahan saat Anda melakukan skalasi dalam mengatasi kendala anggaran terbatas dan waktu keterbatasan tenaga kerja dan pengetahuan.

Strategi Meningkatkan Pendapatan Perusahaan

1. Kenali Audiens Anda

Kesalahan umum adalah percaya bahwa siapa pun bisa menjadi pembeli Anda. Perusahaan yang lebih besar mungkin dapat menarik pasar yang lebih besar, tetapi ada alasan mengapa mereka mengatakan kekayaan ada di ceruk pasar. Sebagai bisnis kecil, Anda akan memiliki pengaruh paling besar di ceruk bisnis. Untuk mengembangkan ceruk dan menarik pembeli di dalamnya, Anda harus terlebih dahulu memahami masalah, peristiwa pemicu, dan prioritas mereka. Apa yang memotivasi mereka untuk membuat keputusan pembelian?

Apa yang akan terlihat seperti jika mereka berhasil? Mengetahui hal-hal ini akan membantu Anda membuat pesan yang mudah diingat dan persuasif untuk solusi Anda. Mulailah dengan mempertimbangkan pelanggan Anda saat ini dan dengan siapa Anda ingin bekerja sama. Selanjutnya, kembangkan buyer persona untuk memulai proses memasuki pola pikir pelanggan ideal Anda.

2. Buat Proposisi Nilai Anda Menonjol

Tidak ada alasan kuat bagi pembeli untuk bekerja sama dengan Anda jika tidak ada perbedaan antara Anda dan pesaing Anda. Proposisi nilai Anda akan membedakan Anda dari pesaing di industri Anda dan meyakinkan prospek bahwa Anda adalah layanan yang harus mereka pilih. Apa yang Anda lebih baik daripada orang lain di bidang Anda? Ini memberikan alasan yang kuat untuk dibuat.

3. Tetap fokus Pada Sasaran Tunggal

Jika Anda baru mengenal dunia pemasaran, Anda mungkin memperhatikan bahwa ada banyak sekali jalur yang dapat Anda ambil. Sangat menggoda untuk melakukan semuanya sekaligus dan membangun mesin yang kompleks dengan harapan dapat mencakup semua kebutuhan Anda. Sebaliknya, tentukan di mana dampak terbesar akan dirasakan. Di mana titik buta paling signifikan dalam pemasaran Anda yang menghambat pertumbuhan bisnis Anda? Tetapkan sasaran kinerja yang berpusat pada satu bidang utama itu dan fokuskan sumber daya Anda pada aktivitas dan taktik yang akan membantu Anda mencapai sasaran itu. Ketika Anda telah membuat lebih banyak kemajuan menuju tujuan tunggal itu, Anda dapat memperluas upaya Anda atau beralih ke inisiatif lain.

4. Memanfaatkan Permainan Jangka Pendek

Mulailah dengan hal yang sederhana. Sangat penting untuk menyadari ROI lebih cepat saat Anda melakukan skalasi. Anda akan memiliki momentum dan aliran uang untuk mengerjakan proyek yang lebih ambisius, strategi jangka panjang, dan model pertumbuhan berkelanjutan. Karena Anda tidak akan mendapatkan laba atas investasi Anda secepat yang Anda inginkan, strategi yang membutuhkan waktu untuk berkembang (seperti SEO) adalah pilihan yang buruk untuk tujuan utama Anda. Taruh beberapa telur Anda di keranjang lain jika Anda memiliki sumber daya yang cukup untuk memulai dari sana. Anda dapat menemukan bahwa iklan berbayar akan memberi Anda laba atas investasi langsung jika Anda memiliki bukti bahwa orang-orang menggunakan Google dengan tujuan memperoleh produk spesifik Anda.

5. Gandakan Apa yang Berhasil

Perhatikan data setelah inisiatif Anda berjalan dan Anda telah bereksperimen dengan beberapa hal. Ini dapat membantu Anda menentukan apa yang berhasil. Saat bisnis Anda tumbuh, ada baiknya untuk menggandakan metode penghasil pendapatan yang sudah terbukti.

6. Memahami Kekuatan Pelanggan

Biaya untuk mendapatkan pelanggan baru biasanya lima kali lebih besar daripada kehilangan pelanggan yang sudah ada. Ini berarti bahwa setelah mereka menyelesaikan pembelian, Anda tidak boleh berhenti memasarkan kepada mereka. Tentukan prospek Anda untuk cross-selling, upselling, dan bisnis berulang. Klien Anda saat ini sudah mengenal, menyukai, dan mempercayai Anda karena mereka telah melakukan transaksi dari Anda. Jika mereka memiliki pengalaman positif, mereka akan lebih mungkin untuk bekerja dengan Anda lagi jika kebutuhan itu muncul. Anda tetap harus menyenangkan pelanggan Anda. Pemasaran dari mulut ke mulut adalah taktik yang ampuh.

7. Gunakan Alat Promosi Gratis

Dalam hal alat promosi gratis, ingatlah bahwa karena Anda telah berkomitmen pada sasaran dan cakupan tertentu, tidak perlu mengeluarkan uang terlalu banyak untuk gadget. Gunakan alat promosi gratis bila memungkinkan, dan hanya berinvestasi pada alat berbayar jika Anda yakin alat tersebut akan meningkatkan operasi atau kinerja yang ada secara signifikan.

8. Buatlah Web untuk Eksistensi

Salah satu hal terpenting yang dapat Anda bangun untuk bisnis kecil Anda adalah situs web yang terlihat profesional. Di sini, Anda dapat menjelaskan latar belakang, layanan, lokasi, dan metode perusahaan Anda untuk menghubungi Anda. Ini adalah saluran yang akan selalu Anda miliki selain menjadi lokasi untuk mengirim lalu lintas organik. Situs web Anda lebih dari sekadar brosur statis. Dengan mempelajari cara mengubah lalu lintas dan mengubahnya menjadi prospek, Anda memiliki kesempatan untuk mengubahnya menjadi tenaga penjual 24 jam.

9. Pertimbangkan Blogging untuk Menarik Prospek

Salah satu hal terpenting yang dapat Anda bangun untuk bisnis kecil Anda adalah situs web yang terlihat profesional. Di sini, Anda akan menjelaskan latar belakang, layanan, lokasi, dan metode perusahaan Anda untuk menghubungi Anda. Ini adalah saluran yang akan selalu Anda miliki dan menjadi lokasi untuk mengirim lalu lintas organik. Setelah Anda mulai memposting, Anda dapat menyertakan ajakan bertindak pada setiap postingan untuk mendorong pembaca mengikuti blog Anda dan mendapatkan email. Ini adalah pendekatan yang fantastis untuk mulai menghasilkan prospek dan memberi klien potensial sarana untuk menerima informasi jika mereka belum siap untuk membeli apa pun dari Anda.

10. Gunakan Media Sosial untuk Mempromosikan Diri

Media sosial adalah alat bisnis yang kuat, dengan miliaran pelanggan potensial menggunakan berbagai platform setiap hari. Pemasaran media sosial dapat membantu Anda dalam menarik pelanggan potensial, meningkatkan kesadaran merek, dan mempromosikan produk Anda. Mengapa Anda tidak ingin terlihat di mana calon pelanggan Anda berada?

Pemasaran digital diperlukan bagi pemilik usaha kecil yang mencari alat untuk mengukur ROI dan eksposur merek. Pemasaran digital tidak hanya penting untuk mempromosikan barang atau jasa Anda; itu juga penting untuk keberhasilan perusahaan Anda secara keseluruhan. Meskipun Anda mungkin memiliki jalan panjang sebelum mengembangkan aset digital Anda, kemajuan apa pun yang dapat Anda buat akan berdampak signifikan pada perusahaan Anda.

 

Baca Juga