Giveaway, Metode Pemasaran yang Sedang Trend Saat Ini

Giveaway, Metode Pemasaran yang Sedang Trend Saat Ini

Salah satu jenis kampanye berkelanjutan yang menawarkan hadiah dengan syarat adalah giveaway. Giveaway adalah salah satu dari sekian banyak taktik pemasaran. Registrasi merupakan langkah awal implementasi teknis. Selanjutnya dipilih satu atau lebih pemenang dari semua orang yang sudah mendaftar. Mereka akan diberikan hadiah unik dari Anda. Hadiah ini biasanya merupakan barang promosi dalam hal pemasaran.

Jenis promosi ini adalah salah satu teknik pemasaran andalan yang paling banyak digunakan karena menarik perhatian banyak orang dari berbagai kalangan. Efek giveaway pada rencana pemasaran memiliki dampak yang signifikan terhadap perusahaan, salah satunya adalah meningkatnya jumlah klien atau konsumen, selain meningkatkan popularitas merk bisnis atau perusahaan Anda.

Ini adalah ide cerdas bagi Anda yang ingin meluncurkan bisnis untuk mengembangkan strategi pemasaran terkini. Rencana yang paling efektif adalah dengan melakukan promosi, seperti mengadakan giveaway, karena strategi pemasaran merupakan alat utama yang digunakan dalam dunia usaha untuk mempromosikan barang atau jasa. Tergantung pada sumber daya keuangan dan target pelanggan atau konsumen yang akan dicapai, berbagai jenis hadiah sah-sah saja. Anda bisa menyelenggarakan giveaway pada acara-acara tertentu seperti ulang tahun perusahaan Anda, opening maupun acara-acara unik lainnya. Menyelenggarakan giveaway menuntut pemikiran yang cermat seperti halnya promosi lainnya.

Manfaat Giveaway

1. Promosi Berbiaya Rendah

Harga giveaway adalah manfaat utamanya. Giveaway lebih murah jika dibandingkan dengan iklan yang terdapat pada billboard dan jenis signage lainnya. Pada kenyataannya, tujuan mendasar mereka sangat mirip. Keduanya ingin audiens belajar tentang merek mereka dan bahkan mungkin menggunakannya. Hadiah dalam giveaway idealnya adalah sesuatu yang bisa digunakan oleh banyak orang, sehingga bisa dibawa dibawa kemana-mana oleh si pemenang. Pada akhirnya, sejumlah besar orang melihat produk tersebut. Diharapkan audiens ini akan terinspirasi untuk menggunakan produk Anda juga.

2. Hemat Biaya

Kemampuan untuk menghemat banyak biaya adalah efek giveaway yang paling signifikan. Meskipun memberikan hadiah pada awalnya membuat program ini tampak sia-sia, namun nyatanya sangat sedikit uang yang benar-benar dihabiskan untuk itu. Jika dilakukan dengan baik, bahkan uang yang dikeluarkan untuk mengadakan promosi ini dapat tergantikan dengan pendapatan yang lebih besar.

3. Fleksibel

JIka anggaran promosi Anda terbatas, maka promosi dengan giveaway adalah pilihan cerdik. Atau Anda tertarik untuk membagikan barang-barang promosi tetapi khawatir anggaran pemasaran Anda akan habis?
Jika demikian, taktik giveaway adalah pilihan terbaik untuk Anda karena harga bisa diubah atau berubah. Misalnya, jika Anda hanya bisa membagikan 100 botol air, maka Anda tetap dapat memberikan hadiah promosi meskipun hanya sedikit. Cukup mudah beradaptasi, bukan?

4. Meningkatkan Brand Awareness

33 persen peserta giveaway ingin tahu lebih banyak tentang perusahaan si penyelenggara. Ini menunjukkan bahwa mereka tertarik pada merek tersebut dan pada akhirnya mungkin membeli dari mereka. Mereka juga dapat memberi tahu teman dan keluarga tentang penawaran ini atau mempostingnya ke media sosial. Dari sana, brand awareness dapat tumbuh dan bahkan dapat menjangkau lebih banyak klien baru yang potensial.

4. Peluang Kolaborasi

Tahukah Anda, selain mengadakan sendiri, Anda juga bisa mengajak perusahaan lain untuk berkolaborasi dalam menyelenggarakan acara giveaway. Anda dapat mengusulkan berkolaborasi dengan perusahaan lain yang punya kepentingan sama. Anda dapat terhubung dengan pasar mereka dan berbagi target pasar perusahaan Anda. Kerjasama ini dapat digunakan untuk membangun koneksi dengan pelaku bisnis lain dan ini adalah kolaborasi yang saling menguntungkan.

5. Meningkatkan Loyalitas Klien

Pelanggan akan selalu menghargai hadiah gratis. Untuk membuat pelanggan setia Anda lebih senang menggunakan produk Anda, Anda dapat menggunakan freebie ini sebagai sarana untuk menunjukkan penghargaan Anda. Selain itu, mereka pasti akan membicarakan tentang perusahaan Anda dan ingin memberi tahu orang lain tentang pengalaman mereka. Dengan demikian, freebie tidak hanya memperluas target pasar tetapi juga menumbuhkan loyalitas klien yang lebih besar.

Cara Menyelenggarakan Giveaway

1. Sesuaikan dengan Tujuan

Setiap tim bisnis atau pemasaran tentunya memiliki tujuan yang berbeda-beda. Oleh karena itu, program giveaway perlu disesuaikan untuk memenuhi tujuan tersebut. Anda hanya perlu menyesuaikan dengan karakteristik audiens media sosial yang Anda gunakan untuk menjalankan promosi. Tetapkan saja syarat untuk mengambil bagian dalam giveaway, misalnya minta peserta untuk menyebutkan teman-teman mereka di komentar. Selain itu, Anda juga dapat meminta mereka untuk memberikan ulasan produk di akun media sosial mereka masing-masing.

2. Pilih hadiah yang Tepat

Tentu saja, Anda perlu mempersiapkan hadiah sebelum giveaway dimulai. Jangan lupa untuk membuat pilihan yang tepat. Anda dapat memberi mereka barang, atau Anda juga dapat memberikan hadiah berupa kupon sebagai alternatif. Apa pun yang Anda akan berikan, pastikan audiens Anda akan menganggapnya cukup berharga. Jangan lupa menyesuaina harga hadiah dengan budget perusahaan Anda. 

3. Menentukan Syarat

Pemenang giveaway adalah mereka yang berhasil memenuhi persyaratan. Oleh karena itu, membangun kondisi yang kondusif sangat penting saat menjalankan giveaway. Tujuan giveaway juga harus syarat yang diajukan. Jika meningkatkan partisipasi adalah tujuan Anda, Anda dapat mengundang peserta untuk mengikuti dan menyebutkan beberapa teman terdekat atau anggota keluarga mereka di komentar. 

4. Gunakan Bantuan Influencer

Anda sudah tahu bahwa influencer dapat memperluas promosi sehingga bisa mengajak lebih banyak orang untuk mendaftar. Influencer bisa membujuk lebih banyak orang untuk ikut berpartisipasi dalam kontes ini. Kampanye Anda bisa menjadi lebih populer dengan cara ini. Bahkan influencer bisa membuat lebih banyak orang merasa akrab dengan merek Anda.

5. Buat Promosi di Media Sosial

Media sosial membuat segalanya jadi lebih mudah untuk menjangkau banyak orang. Oleh karena itu, mengadakan kontes di sana adalah langkah yang tepat. 80% pengguna Instagram follow profil bisnis atau perusahaan. Alhasil, Anda tidak perlu ragu untuk membagikan hadiah promosi di sana. Namun, Anda harus berhati-hati karena saluran media sosial tertentu memiliki aturan khusus, contohnya Youtube. 

Jenis promosi saat ini yang paling banyak digunakan adalah giveaway karena sangat menarik. Efek giveaway pada rencana pemasaran memiliki dampak yang signifikan terhadap perusahaan. Salah satunya adalah meningkatnya jumlah klien atau konsumen. Ini adalah ide cerdas bagi Anda yang ingin meluncurkan bisnis untuk mengembangkan strategi pemasaran yang agak canggih. Rencana yang paling efektif adalah dengan melakukan promosi seperti mengadakan giveaway, karena strategi pemasaran merupakan alat utama yang digunakan dalam dunia usaha untuk mempromosikan barang atau jasa.

 

Baca Juga