Community Marketing Metode Interaksi Kepada Pelanggan

Community Marketing Metode Interaksi Kepada Pelanggan

Ada banyak strategi pemasaran yang bisa digunakan untuk mendongkrak penjualan saat ini. Selain content marketing, social media marketing dan email marketing, sekarang juga ada community marketing. Tahukah Anda bahwa sekarang ada banyak cara untuk memasarkan bisnis Anda dan meningkatkan penjualan? Meskipun tidak sepopuler content marketing, social media marketing, dan email marketing, tetapi community marketing telah bekerja dengan baik untuk bisnis.

Jadi, kita akan berbicara tentang community marketing di artikel ini. Cara pemasaran baru yang semakin populer di Indonesia. Community marketing adalah jenis pemasaran yang berfokus pada pemenuhan kebutuhan langsung atau tidak langsung pelanggan. Dalam community marketing, bisnis biasanya berinteraksi dengan sekelompok orang yang memiliki minat yang sama.

Tujuan dari interaksi ini adalah untuk menemukan sekelompok orang yang sudah tertarik dengan merek, filosofi, produk, atau layanan bisnis. Community marketing adalah cara yang populer bagi perusahaan atau pebisnis untuk memasarkan barang atau jasa mereka saat ini. Semakin banyak bisnis yang mulai menyadari bahwa komunitas adalah bagian penting untuk dapat menyampaikan pesan mereka.

Ketika sebuah bisnis menggunakan strategi community marketing, itu juga bisa mendapatkan banyak manfaat lainnya. Antara lain dapat menyebarkan pesan perusahaan secara lebih efektif, meningkatkan jumlah orang yang dapat mendengarnya, dan mengirim pesan ke target pasar dengan lebih cepat. Community marketing adalah strategi di mana merek atau bisnis berinteraksi dengan sekelompok orang yang tertarik pada hal yang sama.

Saat ini interaksi dengan masyarakat banyak dilakukan secara online. Seperti grup media sosial, blog dengan audiens tertentu, atau papan pesan online. Pada akhirnya, membangun komunitas online memang memberikan bisnis atau perusahaan tautan penting ke pelanggan mereka sehingga mereka dapat memiliki hubungan yang panjang dan kuat dengan mereka.

Apa itu Community Marketing?

Community marketing adalah cara bagi bisnis untuk menjangkau pelanggannya dengan berinteraksi dengan mereka. Komunikasi semacam ini dapat terjadi baik secara online maupun secara langsung. Misalnya, di Facebook, di komunitas kota, di acara, seminar, atau di forum online. Community marketing terutama tentang membangun dan menjaga hubungan baik dengan semua pelanggan Anda.

Jadi Anda harus selalu memperhatikan apa yang orang inginkan dan butuhkan dan berikan kepada mereka. Sangat penting untuk berbicara dengan pelanggan Anda dengan cara dua arah yang sehat. Sebagai bagian dari strategi pemasaran komunitas ini, Anda juga menjalankan promosi untuk mendongkrak penjualan, mendapatkan pelanggan baru, atau mendapatkan lebih banyak prospek.

Sama seperti cara lain untuk menjual sesuatu. Community marketing hanya dilakukan dengan cara yang lebih halus dan bertahan lebih lama daripada metode lain. Pemasaran komunitas, yang juga bisa disebut pemasaran berbasis komunitas adalah cara merek atau bisnis terhubung dengan sekelompok orang yang memiliki minat yang sama. Sebagian besar waktu, interaksi semacam ini terjadi secara online, di tempat-tempat seperti grup media sosial, situs blog yang ditargetkan, dan forum diskusi online.

Jenis Community Marketing

Ada dua jenis strategi community marketing yaitu organik dan sponsor. Komunitas organik adalah sekelompok orang yang melakukan interaksi satu sama lain sendiri, tanpa bantuan sponsor. Pelanggan dapat berbagi informasi, mengajukan pertanyaan tentang produk terkait, membaca ulasan produk tersebut, dan membuat asumsi tentang merek melalui komunitas yang dibangun.

Jenis komunitas sponsor adalah komunitas yang didukung dan dibangun oleh merek. Misalnya grup pengguna motor Honda, yang didukung oleh perusahaan di media sosial. Pelanggan tidak hanya dapat berbicara dengan pelanggan lain melalui saluran ini, tetapi mereka juga dapat berbicara dengan merek yang mirip dengan merek yang mereka gunakan.

Community Marketing memiliki Banyak Keunggulan

Ketika community marketing semacam ini dibangun, ia akan memberikan sejumlah manfaat bagi bisnis Anda. 

1. Pelanggan Lebih Setia dan Mempercayai Bisis Anda

Pelanggan ingin menggunakan produk atau layanan yang Anda tawarkan, tetapi mereka juga ingin berhubungan dengan Anda. Bisa berupa keluhan, saran, atau diskusi. Semua hal di atas dapat dilakukan dengan community marketing semacam ini. Anda juga dapat mendengarkan dan berbicara dengan orang-orang secara terbuka. Anda dapat mendengar keluhan, saran, dan hal lainnya. Dengan kata lain, Anda memperlakukan pelanggan dengan cara yang sama seperti Anda memperlakukan seseorang. Jadi bukan hanya untuk target. Jika ini dilakukan dengan benar, pelanggan akan lebih setia dan lebih mempercayai bisnis Anda.

2. Lebih Banyak Orang Mengenal Bisnis Anda

Anda mungkin pernah mendengar sebuah nama merek disebutkan baik di kehidupan nyata maupun online. Bahkan jika Anda belum pernah mendengar tentang merek itu sebelumnya. Tentu saja, internet akan memberi tahu Anda merek apa itu. Orang tersebut berbicara percaya diri dengan antusias, terutama ketika berbicara tentang merek yang bersangkutan. Community marketing memiliki ini sebagai salah satu manfaatnya.

Penelitian menunjukkan bahwa 77 persen bisnis berpikir bahwa komunitas dapat membantu menyebarkan berita tentang merek mereka. Karena orang-orang di komunitas akan berbicara banyak tentang bisnis Anda. Jadi, semakin banyak orang yang mengetahuinya, semakin besar kemungkinan Anda akan mendapatkan lebih banyak pelanggan baru.

3. Mengenali Pelanggan Anda Lebih Baik

Anda juga akan dapat berbicara langsung dengan pelanggan melalui community marketing ini, supaya Anda bisa lebih mengenal mereka. Komunitas online ini akan membantu Anda memahami apa yang diinginkan pelanggan sampai dengan 86%. Anda bisa mengetahui apa yang mereka sukai dan apa yang tidak. Anda juga bisa mendapatkan umpan balik dari kebijakan bisnis Anda dan mendapatkan informasi lebih detail langsung dari pelanggan. Informasi ini juga dapat digunakan untuk berbagai hal di masa depan seperti retargeting dan remarketing. 

4. Membangun Hubungan Jangka Panjang dengan Pelanggan

Setiap pemilik bisnis ingin mempertahankan pelanggannya agar pelanggan membeli produk baru Anda dan memberi tahu teman-teman mereka tentang hal itu. Ini akan menghemat uang Anda, karena biasanya membutuhkan biaya 5-20x lipat untuk mendapatkan pelanggan baru. Dengan community marketing semacam ini, akan mudah untuk membuat orang membeli lagi dari Anda.

Karena Anda tidak hanya fokus untuk mendapatkan pelanggan baru tetapi juga dapat memberikan perhatian yang layak kepada pelanggan lama Anda. Di sini, Anda juga dapat berbicara dengan mereka, menjawab pertanyaan dan keluhan mereka, memberi mereka berita terbaru, dan melakukan hal-hal lain. Sehingga pelanggan lama juga akan merasa dihargai dan tidak ditinggalkan. Pada akhirnya, pelanggan lama itu tidak akan berpikir dua kali untuk membayar lebih untuk produk Anda.

Kesimpulan

Pada akhirnya, community marketing adalah jenis pemasaran yang perlu digunakan perusahaan jika Anda ingin meningkatkan nilai merek di zaman sekarang ini. Pelanggan juga dapat dipertahankan untuk waktu yang lama melalui community marketing dan mereka akan menjadi pelanggan tetap dari waktu ke waktu. 

Baca Juga