Mengenal keistimewaan 10 hari pertama Bulan Ramadah

Mengenal keistimewaan 10 hari pertama Bulan Ramadah

Setiap Muslim perlu mengetahui keutamaan 10 hari pertama Ramadhan. Pasalnya, 10 hari pertama dianggap sebagai fase puasa terberat, di mana Anda hanya beradaptasi dengan aktivitas tanpa makan di siang hari. Hal ini tentunya juga sangat diprioritaskan bagi Anda yang memaksimalkan ibadah.

Tidak hanya puasa, Anda juga bisa melakukan amalan lain seperti membaca Al-Qur'an, membaca doa, memperbanyak dzikir, sholat malam, dan bersedekah. Jika Anda melakukan amalan ini secara rutin, Anda pasti akan mendapatkan pahala yang setimpal dari Allah SWT. Keutamaan 10 hari pertama Ramadhan bisa Anda dapatkan dengan rajin beribadah. Di awal bulan Ramadhan, Allah SWT membuka pintu rahmat-Nya bagi setiap hamba yang berpuasa dan rajin beribadah.

Berikut keutamaan  10 hari pertama puasa di bulan Ramadhan berdasarkan kitab Fadhâil Al-Asyhur Ats-Tsalâtsah :

Hari 1: Allah SWT akan mengampuni segala dosa yang tersembunyi dan terlihat, menaikkan ribuan derajat, membangun 50 ribu kota di surga bagi orang yang berpuasa.

Hari 2: Allah akan mencatat setiap ibadah orang yang berpuasa seperti ibadah satu tahun dan pahalanya seperti seorang nabi.

Hari 3: Allah SWT akan memberikan orang yang berpuasa taman permata yang indah di surga, di atasnya 12 ribu rumah cahaya, di bawahnya 12 ribu tempat tidur, dan di setiap tempat tidur ada bidadari. Setiap hari seribu malaikat mengunjungi dan setiap malaikat membawa hadiah untuk orang yang berpuasa.

Hari 4: Allah SWT akan memberikan kepada orang yang berpuasa Surga Khuld, 70 ribu istana dan di setiap istana ada 70 ribu rumah di mana di setiap rumah ada 50 ribu tempat tidur dan di setiap tempat tidur ada bidadari, dan setiap bidadari memiliki seribu permata lebih baik dari dunia dan segala isinya.

Hari 5: Allah SWT akan memberikan Anda di surga Al-Ma'wa ribuan kota. Di setiap kota ada seribu rumah, di setiap rumah ada seribu meja makan, di setiap meja makan ada 70 ribu tempat makan, di setiap tempat makan ada 70 jenis makanan yang berbeda.

Hari 6: Allah SWT akan memberikan 100 ribu kota di Surga Darus Salam. Di setiap kota ada seratus desa, di setiap desa ada 100 ribu rumah, di setiap rumah ada 100 ribu tempat tidur emas panjang, setiap tempat tidur panjangnya seribu hasta, di atas tempat tidur ada bidadari berpasang-pasangan berhiaskan 30 ribu permata permata putih dan permata merah, dan setiap bidadari membawa 100 pelayan.

Hari 7: Allah akan memberimu pahala seperti pahala seribu syuhada dan 40 ribu orang shalih di surga Na'im.

Hari ke 8 : Allah akan membalasmu seperti pahala 60 ribu jamaah dan 60 ribu orang zuhud.

Hari 9 : Allah SWT akan memberikan apa yang diberikan kepada seribu orang ulama, seribu orang yang beri'tikaf, dan seribu orang yang menyambung tali persaudaraan.

Hari 10: Allah SWT memenuhi 70 ribu keinginan dan memohon ampun bagimu matahari, bulan, bintang-bintang, binatang melata, burung-burung, binatang-binatang, setiap batu dan segumpal tanah liat, setiap kering dan basah, setiap binatang di bumi. tanah. laut dan dedaunan di pepohonan.

Itulah keutamaan dan keistimewaan 10 hari puasa di bulan romadhon. Allah akan melimpahkan pahala juga menjanjikan surga untuk mereka yang beriman dan menjalani puasa di bulan romadhon.

Selain itu juga terdapat banyak manfaat di 10 hari pertama bulan ramadhan antara lain :

Waktu  yang Tepat  nuntuk ber Doa

ada banyak waktu yang mujarab untuk ber Doa, yaitu saat puasa, saat sahur, saat terdengar adzan, dan saat malam lailatul qadar. Bahkan, Anda bisa menerapkan Doa di 10 hari pertama Ramadhan, mulai dari hari pertama puasa hingga hari ke-10. Setiap hari ada doa-doa berbeda yang bisa Anda baca, yang tentunya memiliki kekhasan masing-masing.

Membiasakan Berjemaah

Sholat berjamaah di bulan puasa perlu diprioritaskan, terutama bagi kaum pria. Sholat berjamaah juga merupakan sarana silaturahim, dan menjaga hubungan baik antar umat Islam yang juga merupakan salah satu bentuk ibadah. Rasulullah SAW tidak pernah meninggalkan shalat berjamaah, meskipun sedang sakit atau cuaca sedang tidak menentu.

Memperbanyak Amal ibadah Sunah

Bulan Ramadhan juga menjadi waktu bagi umat Islam untuk memperbanyak ibadah sunnah. Jangan melewatkan waktu di 10 hari pertama Ramadhan tanpa memperbanyak ibadah sunnah. Luangkan waktu Anda untuk beribadah sunnah seperti shalat dhuha, shalat juru rawat, shalat tarawih, shalat witir, dan membaca Alquran.

Belajar Perbanyak Dzikir

Dzikir  merupakan salah satu bentuk ibadah yang bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja asalkan tempatnya suci. Mengingat Allah dengan Dzikir   maka akan mendekatkan kita kepada-Nya, maka perbanyak dzikir agar kita selalu berada dalam lindunganya dan di jauhkan dari hal hal tercela.

Memperbanya Membaca Al Quran

Al-Qur'an diturunkan di bulan Ramadhan, sebagai pengetahuan dan pemahaman, juga sebagai pedoman hidup. Maka di bulan ini pahala membaca Al-Qur'an berlipat ganda. sebagaimana disebutkan dalam Al-Qur'an QS. Al Baqarah ayat 185. Oleh karena itu perbanyak lah membaca Al Quran di bulan Ramadhan agar senantiasa mendapatkan Rahmat Allah SWT

Menyehatkan Badan

Selama ini, sebagian orang mungkin menganggap puasa adalah ritual yang dilakukan untuk memenuhi tuntutan agama atau tradisi. Namun, siapa sangka, di balik puasa ada banyak manfaat kesehatan. Selain itu, puasa juga sering dilakukan sebagai metode diet yang disebut puasa intermiten.

Baca Juga