Word of Mouth Marketing: Teknik Merebut Konsumen

Word of Mouth Marketing: Teknik Merebut Konsumen

Dalam bahasa Inggris Word of Mouth mengacu kepada arti yaitu kata yang diucapkan. Ada dua kata dalam bahasa Indonesia yang artinya sama yaitu "kata" dan "mulut".  Word of mouth adalah pemasaran dari mulut ke mulut bisa menjadi pilihan yang layak untuk mempromosikan perusahaan. Jenis promosi ini dianggap menguntungkan karena konsumen lebih mempercayai kata teman dan anggota keluarga mereka daripada pemilik produk itu sendiri. Orang-orang yang lebih mengandalkan saran teman mereka daripada mereka harus melakukan sendiri dengan penelitian mereka sendiri.

Faktanya, 83% konsumen lebih percaya pada rekomendasi dari teman dan keluarga daripada dalam bentuk iklan apa pun. Mereka telah membantu menyebarkan informasi produk dan terlibat dalam pemasaran dari mulut ke mulut untuk merek atau perusahaan. Perasaan bahagia itu mendorong orang untuk memberi tahu orang lain tentang pengalaman mereka. Pemasaran dari word of mouth adalah ketika pelanggan memberi tahu teman dan keluarganya tentang produk yang mereka sukai. Bentuknya bisa berupa rekomendasi atau testimoni.

Jenis pemasaran ini sering didasarkan pada pengalaman pelanggan terhadap suatu produk atau layanan. Pemasaran word of mouth adalah strategi pemasaran legendaris yang sangat penting. Kabar baik tersebut bisa disampaikan melalui SMS, telepon, chat, email, atau media sosial misalnya. Hubungan sosial juga sangat penting karena bersifat informal dari mulut ke mulut. Iklan di televisi dan internet justru kurang dipercaya dibandingkan rekomendasi pribadi dari orang yang kita kenal.

Jenis Word Of Mouth Marketing

1. Traditional Word of Mouth Marketing

Ini adalah bentuk pemasaran yang terjadi secara alami. Ketika orang membicarakan suatu produk atau layanan, itu disebut dari mulut ke mulut. Saran dan testimonial yang mereka terima dari pelanggan Anda adalah hasil dari kemauan mereka sendiri, dan ini terjadi secara alami. Hal ini mendukung citra perusahaan Anda atau hanya untuk menyebarkan berita tentang apa yang Anda lakukan. Wajar jika teman Anda ingin memberi tahu Anda tentang pengalaman mereka sendiri dengan barang tersebut.

2. Modern Word of Mouth Marketing

Ini adalah metode pemasaran produk yang digunakan oleh korporasi berdasarkan testimoni dan rekomendasi pelanggan. Perusahaan Anda bisa dengan sengaja mengumpulkan dan mempublikasikan ulasan pelanggan tentang produk mereka untuk membantu konsumen membuat keputusan yang tepat. Hal ini dilakukan untuk membangun kepercayaan dengan calon pelanggan dan untuk menjaga agar pelanggan merasa puas. Ulasan, rekomendasi dan pujian terhadap suatu merek atau produk adalah contoh testimonial. Contoh pemasaran dari modern word of mouth modern marketing seperti halaman testimonial di marketplace.

Manfaat Word of Mouth Marketing

Menurut sebuah penelitian, 92% responden mempercayai hal-hal yang disarankan oleh orang-orang terdekat mereka. Pemasaran semacam ini ternyata cukup menguntungkan. Berikut ini adalah manfaat dari strategi pemasaran word of mouth ini:

1. Meningkatkan Kepercayaan Calon Konsumen

Manfaat utama dari pemasaran word of mouth adalah peningkatan kepercayaan konsumen terhadap penawaran perusahaan. Ketika pelanggan puas dengan produk atau layanan perusahaan, maka penyebaran kabar word of mouth pasti akan terjadi. Keyakinan pelanggan terhadap suatu produk atau merek akan tumbuh lebih kuat. Bahkan mendorong mereka untuk menyarankannya kepada teman dan anggota keluarga mereka, yang pada akhirnya akan membuat lebih banyak orang percaya pada merek dan produk tersebut.

2. Meningkatkan Brand Awareness

Agar lebih dikenal luas, perusahaan atau merek baru harus melakukan segala cara untuk membangun nama dan reputasinya di pasar. Pendekatan word of mouth ini tidak terbatas pada penggunaan media sosial atau bentuk media elektronik lainnya. Ada kemungkinan bahwa pemasaran dari word of mouth dapat membantu sebuah merek menjadi lebih dikenal dan dihormati. Peningkatan pengenalan merek terjadi ketika banyak orang percaya pada kualitas dan nilai produk. Beberapa aktivitas branding lebih lanjut, seperti mengembangkan identitas merek yang mengkomunikasikan prinsip-prinsip inti perusahaan mungkin diperlukan.

3. Biaya Pemasaran yang Murah

Biaya word of mouth marketing juga lebih murah dibanding jika perusahaan harus menghabiskan banyak uang untuk pemasaran. Karena strategi ini hanya mengandalkan pengalaman pelanggan, biayanya relatif rendah dibandingkan dengan opsi lain. Namun, agar word of mouth marketing menjadi efektif, setiap bisnis harus melakukan upaya tambahan. Anda dapat menunjukkan penghargaan kepada pelanggan dan melakukannya secara teratur. Sebagai contoh, pelanggan setia diberikan hadiah atau layanan gratis.

4. Promosi Gratis

Gratis, itulah keuntungan pertama dari word of mouth marketing. Anda tidak perlu memberikan apa pun kepada orang yang melakukan promosi karena Anda tidak memintanya. Itu adalah salah satu cara yang mungkin mengurangi pengeluaran pemasaran Anda. 

5. Meningkatkan Penjualan

Konsumen lebih cenderung mengikuti saran teman dan anggota keluarga mereka dalam hal membeli produk atau merek. Pelanggan baru yang membeli produk, akan memberikan peningkatan pendapatan terhadap perusahaan. Karena konsumen lebih cenderung membeli produk setelah mendengar umpan balik positif dari orang-orang yang mereka anggap sebagai teman dekat atau anggota keluarga.

Cara Menjalankan Word of Mouth Marketing

1. Buatlah produk atau layanan berkualitas

Membuat produk atau layanan yang ingin dibicarakan orang adalah cara terbaik untuk membuat orang mau menyebarkan berita tentang bisnis Anda. Layanan pelanggan, penjualan, dan jenis pekerjan layanan lainnya, semuanya bisa memperoleh manfaat dari pengalaman yang sangat baik dari pelanggan mereka. Untuk menjaga kepercayaan dan kepuasan konsumen, maka Anda perlu menjaga dan meningkatkan kualitas produk dan layanan.

2. Pastikan Pelanggan Mendapatkan Layanan Terbaik

Cara termudah untuk membuat pelanggan menyebarkan berita tentang bisnis Anda adalah dengan memberi mereka layanan yang sangat baik. Ini menciptakan rasa peduli dan penting di benak pelanggan. Wajar bagi pelanggan untuk menyebarkan berita tentang bisnis Anda jika mereka senang dengan produk atau layanan Anda.

3. Berikan Hadiah untuk Pelanggan

Pelanggan Anda akan menghargai jika Anda memperhatikan mereka, terutama jika itu tidak terduga. Jika Anda ingin membuat pelanggan Anda puas, Anda dapat memberi mereka hadiah dari waktu ke waktu. Jika Anda ingin hadiah itu lebih berkesan, jangan beri tahu pelanggan Anda tentang hal itu sebelum mereka membukanya. Pergi ke tempat mereka, bawa, dan lihat apa yang mereka pikirkan.

4. Minta Pendapat Pelanggan

Umpan balik konsumen dapat digunakan sebagai pertimbangan untuk pengembangan dan inovasi produk. Pelanggan akan merasa lebih terhubung dalam proses pengembangan produk jika dimintai komentar. Ini juga menunjukkan bahwa perusahaan Anda menghargai dan peduli dengan pendapat pelanggannya. Survei, kotak saran, interaksi media sosial atau media lain yang dipilih pelanggan, semuanya dapat digunakan untuk mengumpulkan masukan dari mereka.

5. Menyelenggaran Acara

Anda dapat menyelenggarakan berbagai kegiatan yang berfokus pada pelanggan. Undang mereka ke sebuah kegiatan seperti peluncuran produk atau pameran dan minta mereka untuk belajar lebih banyak tentang perusahaan Anda dan penawarannya secara bersama-sama. 

6. Kumpulkan Testimoni

Word of mouth marketing dapat terjadi jika Anda tidak berada dalam kelompok sosial. Ini dapat diperoleh dari pengalaman orang lain menggunakan produk Anda. Keputusan pembelian konsumen juga dipengaruhi oleh review produk. Menurut penelitian bahwa 94% pembeli berpikir bahwa ulasan yang baik mempengaruhi keputusan pembelian mereka terhadap suatu merek dan bisnis. Oleh karena itu, mengelola ulasan produk sangat penting jika Anda ingin selalu mendapatkan testimoni terbaru.

7. Kerjama dengan Influencer

Saat ini, dengan pertumbuhan media sosial, pemasaran influencer menjadi lebih terkenal dan digunakan secara luas. Anda dapat memanfaatkan metode ini untuk memperluas basis konsumen Anda dan mengembangkan word of mouth marketing. 

Penutup

Anda dapat melihat peningkatan pendapatan dan pertumbuhan di perusahaan Anda jika Anda menerapkan metode word of mouth marketing. Sederhananya, pelanggan yang menyukai suatu produk secara alami pasti ingin menyebarkan berita kepada teman dan keluarga mereka.

Baca Juga