Panduan Menulis Judul Menggunakan Teknik Clickbait yang Sukses

Panduan Menulis Judul Menggunakan Teknik Clickbait yang Sukses

Judul yang dimaksudkan untuk menarik pembaca agar klik dikenal sebagai clickbait. Wajar saja, setiap orang yang mengelola sebuah website ingin memiliki pengunjung yang banyak. Menggunakan judul yang relevan agar diterima secara luas atau melakukan pendekatan khusus yang bisa membuat orang meragukannya, segala hal ditempuh. Clickbait adalah salah satu hal yang sering dilakukan. Banyak orang menjadi mangsa clickbait, tetapi mereka tidak menyadari apa itu. Tindakan terlalu menjanjikan sesuatu dalam judul, postingan media sosial, foto, dan tempat lain mungkin adalah bentuk clickbait.

Clickbait sering menggunakan kata atau kalimat yang menarik perhatian untuk menarik pengunjung karena tujuannya adalah untuk memikat mereka, tetapi kadang-kadang substansinya mungkin tidak sesuai dengan harapan. Di internet, konten bergaya clickbait sering ditemukan. Relevansi antara judul dan konten adalah tanda clickbait yang baik. Namun, beberapa produsen materi sengaja menggunakan clickbait yang kontennya tidak berhubungan dengan judul.

Keuntungan dan Kerugian Menggunakan Clickbait

Clickbait tidak selalu berbahaya jika digunakan dengan benar dan tidak berlebihan. Pasalnya, penggunaan clickbait memiliki sejumlah manfaat. Di sisi lain, penggunaan click bait yang berlebihan dapat merugikan dan bahkan menipu pembaca. Jadi, haruskah Anda menahan diri untuk tidak menggunakan clickbait? Bahkan, ada diskusi seputar penggunaan umpan klik di konten yang dapat diakses publik. Beberapa orang percaya itu dapat diterima selama informasinya tidak menyesatkan pembaca. Namun demikian, beberapa tidak setuju.

Manfaat Clickbait

Penggunaan clickbait bisa menjadi pertimbangan jika Anda yang menyampaikan konten tersebut. Jelas, itu harus bisa dipertanggungjawabkan. Karena clickbait yang efektif jika sesuai dengan isi artikel. Hindari menggunakan judul yang dapat menyinggung atau menyakiti orang lain. Jika ini terjadi, pasti tidak akan ada yang mau membaca konten Anda sampai habis, akibat pengunjung merasa tertipu.

1. Meningkatkan Rasio Klik Tayang (RKT)

Judul clickbait tujuannya untuk menarik emosi pembaca agar mereka klik. Semakin tinggi rasio RKT Anda, maka semakin banyak klik yang Anda terima. Jika rasio klik tayang tinggi, artinya kebutuhan audiens terpenuhi.

2. Peningkatan Jumlah View

Memanfaatkan clickbait berfungsi untuk menarik pemirsa untuk klik. Pada akhirnya, ini dapat mendorong peningkatan lalu lintas situs web dan tampilan halaman (view). Ketika ada banyak jumlah tampilan halaman, maka Google menganggap konten itu berharga dan merekomendasikan agar web Anda ditampilkan pada hasil pencarian.

3. Meningkatkan Awareness 

Salah satu manfaat clickbait adalah meningkatkan bradn awareness selain meningkatkan RKT dan jumlah tampilan halaman/view. Mengapa itu terjadi? Orang-orang akan mulai mempromosikan situs web Anda ketika judul clickbait menarik dan kontennya relevan. Karena clickbait memiliki potensi besar untuk dibagikan ke media sosial sehingga cukup efektif untuk memotivasi banyak orang untuk menyebarkan konten Anda. Alasannya karena itu melibatkan perasaan yang mendorong orang lain untuk tertarik, terkejut, dan emosi serupa lainnya.

Kekurangan Clickbait

Jika Anda seorang pembaca yang biasanya lebih suka membaca atau menonton video, Anda dapat membedakan judul yang cocok dengan isinya dan judul yang tidak cocok dengan isinya. Sebenarnya cukup sederhana untuk membedakan sebuah judul. Jelas bahwa judul tidak akan sesuai dengan isinya jika judulnya mengandung kesan berlebihan dan meragukan. Jadi, penggunaan clickbait harus tepat. Setelah mempelajari manfaatnya, pertimbangkan kelemahan clickbait berikut.

1. Menimbulkan Kesan Negatif

Pembaca akan merasa tertipu dan jengkel jika ada penggunaan clickbait yang berlebihan yang di luar konteks konten. Pada akhirnya orang akan malas untuk mengunjungi situs web. Hal ini pada akhirnya akan merusak reputasi sebuah bisnis, karena dipandang hanya sebagai penyebar informasi palsu.

2. Bounce Rate Meningkat

Bounce rate biasanya naik jika konten tidak sesuai dengan judul. Persentase pengunjung situs web yang keluar setelah hanya melihat satu halaman dikenal sebagai bounce rate. Secara alami, ini harus dihindari. Alasannya adalah bahwa nilai situs web untuk mesin telusur akan menurun jika bounce rate cukup tinggi. Situs web dengan bounce rate tinggi, peringkatnya akan turun dari hasil pencarian Google karena dianggap tidak relevan dengan keinginan audiens.

3. Merugikan Banyak Orang

Selain merugikan pembuat konten, clickbait yang tidak sesuai dengan konten juga berdampak pada penonton. Pembaca menjadi jengkel karena informasi yang diharapkan tidak sesuai dengan judul, yang sebelumnya berhara bisa mendapatkan sesuatu yang bermanfaat. Jika hal ini terus terjadi, reputasi bisnis Anda akan memburuk dan ada kemungkinan orang hanya melihat konten yang dibuat atas nama bisnis yang sudah dipercaya akibat ketidakpercayaan terhadap sumber informasi yang tidak benar.

Panduan Menulis Judul Clickbait yang Baik

Sekarang setelah Anda mengetahui apa itu clickbait, Anda mungkin bertanya-tanya bagaimana menggunakan clickbait yang efektif. Ini dapat menjadi panduan bagi penulis konten untuk menarik pembaca. Berikut ini adalah beberapa panduan untuk menulis judul clickbait yang efektif. 

1. Judul Harus Sesuai dengan Konten

Penggunaan judul harus sama memikatnya dengan konten yang diberikan. Inilah rahasia sukses clickbait yang benar dan layak sehingga tidak merugikan audiens Anda, baik itu artikel, video atau posting di media sosial. Clickbait menekankan pada aspek menarik yang mempengaruhi emosi pembaca untuk klik link yang dibagikan. Namun, itu mungkin menyebabkan kesalahpahaman jika kontennya berbeda dari judulnya. Menyebarkan informasi yang menyesatkan sama dengan menggunakan judul yang tidak sesuai dengan substansinya. Jadi, buat konten sebaik mungkin untuk menghindari pembaca yang kecewa karena gagal menemukan konten yang sesuai dengan judul.

2. Melibatkan Emosi Pembaca

Judul dapat mendorong orang untuk klik karena judul yang menggugah perasaan pembaca. Sebenarnya, ini adalah saran untuk meningkatkan minat pada konten. Namun, jangan menggunakannya secara berlebihan. Ini berarti bahwa judul Anda harus tetap jujur ​​dan juga dapat memenuhi kebutuhan informasi pembaca. Anda dapat menarik perhatian ke artikel Anda dengan menggunakan frasa yang menimbulkan rasa penasaran. Anda tidak perlu khawatir karena hal ini bisa diatasi dengan memberikan konten yang bermanfaat dalam artikel. Jadi, selama itu dilakukan dengan benar, tariklah emosi pembaca.

3. Membuat Judul dengan Angka

Saran penulisan judul clickbait selanjutnya adalah mencantumkan angka. Judul yang mengandung angka akan selalu menjadi preferensi di antara produsen konten. Bagaimana bisa? Angka-angka yang efektif menarik perhatian pembaca karena alasan pertama bahwa orang menginginkan hal-hal yang dapat diverifikasi. Alasan kedua adalah bahwa judul dengan angka membuat janji yang tepat tentang substansi artikel. Dalam pendekatan ini, salah satu saran untuk menarik perhatian audiens Anda adalah dengan menambahkan angka pada judul.

4. Hindari Kalimat yang Tidak Masuk Akal

Click bait dikenal dengan penggunaan bahasa yang berlebihan, tapi pengguna internet sekarang sudah mulai cerdas. Jadi, hindari penggunaan pernyataan berlebihan yang tidak masuk akal, jika Anda ingin membuat judul umpan klik yang solid. Reputasi bisnis Anda akan ditentukan oleh ini, jadi lakukan hal yang benar. 

5. Penekanan Bagian yang Menarik

Berlatihlah menulis menggunakan perspektif yang berbeda. Baca ulang tulisan Anda sendiri untuk melihat bagian mana yang menarik dan apa yang membedakannya dari tulisan orang lain. Soroti frasa yang menarik di judul untuk membantu pengunjung memahami mengapa mereka harus klik artikel Anda. 

6. Clickbait harus Bertanggung Jawab

Periksa judul dan isi konten yang telah Anda buat setelah Anda selesai melakukannya. Jangan memasukkan apa pun yang mungkin menyakiti orang lain, tidak relevan dengan subjek, atau bahkan mungkin menipu pembaca. Meskipun mendapatkan klik adalah tujuannya, pertimbangkan etika media agar materi yang Anda hasilkan tidak berdampak negatif bagi banyak orang.

Kesimpulan

Penjelasan definisi clickbait, manfaat, dan pembuatan clickbait efektif untuk judul konten berikut. Salah satu teknik penulisan judul yang menarik minat pembaca adalah clickbait. Sayangnya, itu mungkin memiliki efek negatif jika digunakan secara luas. Menggunakan clickbait terlalu banyak dapat memiliki efek merugikan pada pembaca, reputasi perusahaan dan meningkatkan bounce rate. Jadi, buatlah judul konten yang menarik daripada membuat judul konten yang akan membuat pembaca marah.

Baca Juga