Viral Marketing, Cara Cerdik Meraih Popularitas Instan

Viral Marketing, Cara Cerdik Meraih Popularitas Instan

Taktik pemasaran yang digunakan untuk menghasilkan iklan viral disebut pemasaran viral. Konten menyebar lebih cepat dalam waktu yang lebih singkat. Pemasaran viral bergantung pada respons audiens, ini yang membedakannya dari taktik pemasaran lainnya. Audiens adalah orang-orang yang dengan bebas membagikannya kepada orang siapapun. Ini sama halnya dengan penyebaran berita dari mulut ke mulut. Hasil akhirnya bisa mendukung kesadaran merek dengan lebih sukses. Bahkan, dapat menghasilkan penjualan yang lebih menguntungkan.

Semua perusahaan bisa menggunakan metode pemasaran viral, Anda juga dapat menggunakan taktik ini bahkan jika bisnis Anda hanya berskala kecil. Jika konten Anda cukup menarik, itu akan menarik perhatian orang. Media sosial sering digunakan untuk melakukan strategi ini karena kemudahan penggunaan dan penyebarannya yang cepat.

Strategi Pemasaran Viral

Viral marketing adalah jenis pemasaran yang melibatkan penggunaan email, internet, atau dari mulut ke mulut untuk mendistribusikan informasi tentang produk atau layanan dari satu orang ke orang lain. Menginspirasi orang lain untuk menyebarkan pesan komersial adalah tujuan pemasaran viral. Sesuatu yang cepat dan menyebar luas di kalangan penontonnya disebut-sebut sedang viral. Meskipun informasi tersebar secara alami, viral marketing adalah upaya yang dilakukan secara terencana atau mungkin tidak terencana.

Oleh karena itu, terlepas dari asal-usulnya dalam pemasaran, media sosial merupakan saluran yang ideal untuk pemasaran ini. Strategi pemasaran viral modern telah dimungkinkan dengan adanya penggunaan media sosial secara luas, termasuk Facebook, Twitter, Instagram, Snapchat, dan YouTube. Efektivitasnya telah meningkat di antara perusahaan digital. Media sosial adalah habitat alami gaya pemasaran karena betapa cepat dan mudahnya informasi dapat dibagikan di sana.

Karakteristik Pemasaran Viral

Semua contoh pemasaran viral, baik disengaja atau tidak disengaja, memiliki tiga kesamaan:
1. Pesan
2. Isi Pesan
3. Lingkungan, dimana pesan itu disebarkan. 

Agar kampanye pemasaran viral berhasil, setiap komponen harus digunakan. Ukuran bisnis apa pun dapat mengembangkan upaya pemasaran viral, yang dapat berdiri sendiri atau menjadi komponen dari kampanye konvensional yang lebih besar. Untuk menarik emosi pengguna atau pemirsa, materi yang sederhana akan lebih mudah dikonsumsi dan dibagikan. Kampanye ini dapat menggunakan berbagai teknik, termasuk video, game, foto, dan produk gratis. Influencer dengan jumlah pengikut media sosial yang signifikan juga sering digunakan dalam kampanye pemasaran viral.

Dibandingkan dengan metode pemasaran konvensional lainnya, pemasaran viral bisa lebih murah. Namun, dengan media sosial yang bertindak sebagai pengganda, bentuk pemasaran ini dapat berkembang dengan sangat cepat. Kampanye pemasaran ini berpotensi menarik perhatian media sehingga volume lalu lintas yang tinggi dapat dihasilkan dalam waktu singkat.

Tips Melakukan Viral Marketing

Alih-alih berkonsentrasi hanya pada penjualan produk, viral marketing yang efektif justru mempertimbangkan psikologi konsumen. Memahami motivasi di balik berbagi pengetahuan lebih penting daripada sekadar membujuk konsumen untuk membeli suatu produk. Memahami bagaimana dan mengapa pengguna berkomunikasi satu sama lain juga penting. Berikut adalah beberapa petunjuk untuk membuat kampanye pemasaran viral yang efektif:

1. Mengenali Audiens

Pengguna akan lebih cenderung membagikan konten yang terkait dengan minat mereka jika sebuah merek mengetahui apa yang menjadi perhatian audiens. Sebuah konten akan efektif jika menyoroti topik yang sudah diminati orang. Selain itu, sebuah pesan akan menarik perasaan yang dapat merebut simpati serta cinta mereka.

2. Melibatkan Emosi Audiens

Pengguna lebih cenderung berbagi konten yang memunculkan emosi positif seperti kekaguman dan kegembiraan. Pengguna cenderung tidak membagikan apa pun yang terkait dengan kesedihan, tetapi ini tidak berarti bahwa semua materi pemasaran harus positif. Intinya bahwa emosional adalah komponen penting.

3. Buat Konten yang Dapat Dibagikan

Metode ini digunakan oleh semua konten viral. Untuk menghindari melanggar batasan publikasi apa pun, video harus singkat dan memiliki ukuran file yang kecil. Jika materi pemasaran Anda diposting di jaringan media sosial, pertahankan sesegera mungkin.

4. Tetap Sederhana

Jaga agar pesan Anda tetap sederhana dan mudah dipahami. Audiens Anda dari berbagai kalangan, sehingga membuat pesan yang sederhana akan lebih mudah diterima semua lapisan sosial. 

Keuntungan dari Pemasaran Viral

Jika sebuah perusahaan berhasil menerapkan rencana ini, ia akan mendapatkan banyak keuntungan. Menghemat uang untuk iklan, meningkatkan lalu lintas, menghasilkan lebih banyak prospek, membangun kredibilitas, dan mendapatkan liputan media gratis adalah beberapa contohnya.

1. Hemat Biaya Iklan

Sebenarnya, biaya iklan bervariasi tergantung pada media yang digunakan dan jenis materi yang dipromosikan. Namun, jika iklan Anda menjadi populer dan sukses, imbalannya bisa jauh lebih besar. Keuntungan bahkan dapat ditingkatkan untuk menutupi biaya modal awal iklan. Karena iklan viral Anda akan menyebar dengan sendirinya. Pada kenyataannya, masih mungkin menjangkau audiens yang tidak berada di target pasar Anda.

2. Biaya Rendah

Kampanye pemasaran viral memiliki keterlibatan komersial yang minimal. Pasalnya, sebagian besar penyebaran konten tersebut dilakukan oleh pengguna media sosial. Iklan atau ruang media lainnya tidak perlu dibeli. Mungkin hanya memerlukan beberapa dorongan, seperti iklan berbayar di situs jejaring sosial. Ini berarti bahwa Anda tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk menyampaikan pesan pemasaran Anda ke luar sana.

3. Memiliki Jangkauan Luas

Audiens global dapat dijangkau dengan strategi viral marketing. Tanpa perlu dana yang banyak, hal ini bisa berkembang secara alami. Bahkan perusahaan sederhana pun dapat menerima banyak publisitas. Selain itu, karena kesadaran audiens yang meningkat dan diperluas tentang bisnis Anda sebagai hasil dari kampanye pemasaran ini, mungkin juga sangat bermanfaat di masa depan.

4. Pertumbuhan Signifikan

Kampanye pemasaran viral adalah salah satu dari beberapa metode untuk menghasilkan pertumbuhan yang signifikan yang mudah diterapkan. Setiap perusahaan menginginkan pertumbuhan yang begitu cepat, tetapi hal itu jarang terjadi. Itu bisa menjadi kenyataan dengan bantuan pemasaran viral. Bahkan jika pertumbuhan pesat tidak terwujud, pertumbuhan perusahaan yang konsisten pasti akan terjadi. Ini akan jauh lebih murah.

5. Tingkatkan Kesadaran Merk

Alasan utama mengapa begitu banyak pebisnis menyukai taktik ini adalah karena meningkatkan kesadaran merk. Ya, dengan konten viral, perusahaan Anda pasti akan semakin terkenal. Terutama jika iklan Anda dapat menyampaikan pesan yang praktis dan bermanfaat.

6. Peluang Diliput Media

Ini masih merupakan manfaat lain yang terkait dengan manfaat pertama, yaitu jangkauan. Anda tidak perlu mengeluarkan biaya untuk siaran pers atau memasang iklan di berbagai media saat iklan tersebut menjadi viral. Iklan Anda akan dliput media seperti majalah, radio, televisi, dan lain-lain.

7. Kredibilitas

Manfaat lain dari viral marketing adalah dapat membantu perusahaan Anda membangun reputasi yang solid di antara pengguna media sosial. Merek Anda akan segera muncul di umpan media sosial semua orang atau menjadi topik hangat di area lokal. Jika dijalankan dengan benar, ini akan langsung meningkatkan daya saing terhadap perusahaan serupa.

Bagaimana Memulai Strategi Pemasaran Viral

Apakah Anda sudah mengetahui semua keuntungan dan kerugian dari pemasaran viral? Jika Anda menjawab ya, Anda harus melanjutkan ke tahap pengembangan strategi berikutnya. Namun, kami ingin menekankan bahwa metode ini dapat digunakan oleh semua jenis bisnis, bahkan yang kecil.

1. Tentukan Target Audiens

Tidak ada yang menyebar kecuali orang-orang ingin menyebarkannya. Jadi pastikan bahwa pesan Anda menarik minat audiens yang Anda tuju. Kemudian, pilih platform atau saluran yang sesuai. Terlepas dari apakah Anda menggunakan Twitter, Facebook, Instagram, YouTube, atau platform lain. Periksa apakah demografis target Anda juga menonton saluran tersebut.

2. Gunakan Alat Analisis

Seperti yang sering dikatakan, audiens sangat penting untuk penyebaran viral konten Anda. Oleh karena itu, Anda harus mengetahui jenis informasi yang dinikmati pelanggan apakah video, cerita, meme, dan lain sebagainya. Memanfaatkan bantuan alat analisis adalah salah satu metode yang efisien. Anda dapat lebih mudah mengumpulkan data dari setiap aktivitas media sosial dengan bantuan alat ini.

3. Ciptakan Kesan Emosional

Sangat penting untuk diingat bahwa viral marketing tidak akan efektif kecuali konten Anda memiliki daya tarik yang melekat. Salah satunya adalah menghasilkan materi yang menarik emosi atau sentimen penonton.

4. Gunakan Hashtag

Menyertakan hashtag dalam iklan Anda adalah saran penting lainnya. Hashtag adalah alat yang ampuh untuk menyebarkan kesadaran akan konten Anda. Menambahkan hashtag tidak hanya memperluas pengenalan merek tetapi juga meningkatkan daya ingat konten Anda. Selain itu, memudahkan Anda untuk melacak efektivitas kampanye Anda. Luangkan waktu Anda saat membuat hashtag untuk memastikan bahwa hashtag itu asli, menawan, dan mudah diingat audiens Anda.

5. Gunakan Trend

Pernahkah Anda mendengar tentang pembajakan tren? Pembajakan tren adalah taktik pemasaran yang menggunakan kesulitan atau masalah yang muncul sebagai dasar untuk konten promosi. Taktik ini sering digunakan sebagai ide pembuatan konten viral. Dimulai dengan penggunaan gambar atau video yang sesuai dengan merek itu sendiri, meskipun hasil produksi mungkin akan sedikit berbeda.

6. Sosialisasi

Terakhir, sosialisasi. Pendekatan ini adalah cara lain yang ampuh untuk membuat konten Anda menjadi viral. Kuncinya adalah melakukan kontak dengan tokoh kunci dalam bisnis Anda, seperti influencer. Influencer akan membantu Anda menyebarluaskan konten. Anda hanya perlu mengeluarkan sedikit uang untuk membayar influencer tapi dengan hasil yang sepadan. 

Pemasaran viral adalah salah satu tujuan utama bagi banyak eksekutif bisnis di antara berbagai teknik pemasaran web. Selain itu, semua perusahaan besar dan kecil, dapat menggunakan metode ini. Sangat penting bagi Anda untuk mengembangkan strategi secermat mungkin untuk memastikan bahwa usaha Anda tidak sia-sia. Kami telah membahas semua detail tentang cara memanfaatkan metode pemasaran viral dalam artikel ini.

 

Baca Juga