10 Cara Gampang Mendapatkan Uang Dari Instagram

10 Cara Gampang Mendapatkan Uang Dari Instagram

Banyak dari Anda yang mungkin belum mengetahui bagaimana cara memonetisasi akun Instagram. Bisnis, influencer, selebriti, dan pedagang internet termasuk di antara mereka yang sudah memanfaatkannya untuk mendapatkan uang. Ada banyak cara untuk memonetisasi platform Instagram yang telah menjadi cara bagi sebagian orang untuk menghasilkan uang. Namun, beberapa orang masih belum dapat memperoleh keuntungan finansial dari media sosial ini. Instagram merupakan salah satu platform media sosial yang dimanfaatkan oleh anak muda dalam jumlah yang signifikan, meskipun sebagian besar hanya digunakan untuk mengunggah foto sebagai bagian kesenangan, pembelajaran.

Mendapatkan banyak pengikut dan menjadikan diri Anda sebagai influencer juga merupakan salah satu manfaat sebagai selebgram, adalah cara terbaik untuk menghasilkan uang di Instagram. Jika Anda memiliki citra pribadi yang kuat dan menghasilkan konten berkualitas tinggi, Anda dapat bekerja sebagai influencer Instagram dan mendapatkan banyak uang. Anda harus membangun membuat konten inspiratif yang Anda bagikan di Instagram.

Cara Menghasilkan Uang di Instagram

Berikut adalah beberapa teknik untuk menghasilkan uang di Instagram:

1. Menjadi Influencer atau Selebgram 

Langkah pertama adalah memantapkan diri sebagai selebriti atau influencer atau selebriti Instagram. Sulit untuk menjadi selebriti atau influencer di Instagram karena personal branding yang konsisten diperlukan untuk itu. Namun, jika Anda telah memiliki banyak penggemar yang signifikan dan mau berpartisipasi aktif di akun Anda, maka Anda bsia mulai menerima tawaran untuk menyediakan konten bersponsor dan bekerja sebagai duta sebuah merek. Jumlah follower dan interaksi di akun Anda dapat meningkatkan potensi penghasilan Anda di setiap proyek.

Tahap pertama untuk menjadi seorang influencer atau selebritas adalah memilih spesialisasi yang Anda sukai yang dapat dipertahankan untuk waktu yang lama. Baik itu di bidang kesehatan mental, parenting, fashion, humor, pendidikan, atau yang lainnya. Ketika ada merk yang minta dipromosikan, Anda bisa membuat posting khusus berupa foto dimana Anda berpose dengan produk dari merk tersebut. Tentu saja Anda akan dibayar karena Anda mempromosikan produk tersebut kepada publik. 

2. Content Creator

Pembuat konten berbeda dari influencer dan selebriti. Influencer, sering dikenal sebagai selebgram adalah seseorang yang mencapai ketenaran dan kemudian menggunakannya untuk memonetisasi akun Instagram mereka. Sedangkan pembuat konten adalah orang yang menggunakan Instagram untuk menyebarkan karya mereka. Misalnya, Anda sering membuat konten memasak, make up, membuat pakaian, membuat sesuatu kerajinan tangan, dan sebagainya. Menjadi produser konten membutuhkan konsistensi dan tingkat imajinasi yang tinggi. Ketika pekerjaan Anda menjadi terkenal, Anda dapat memulai menerima permintaan mempromosikan produk klien di konten Anda. Tentu saja Anda dibayar untuk itu. 

3. Product Reviewer 

Tidak tertarik menjadi selebriti, influencer, atau pembuat konten? Anda bisa menjadi product reviewer dengan cara mengulas suatu produk sponsor. Anda bisa mengulas manfaat, jenis atau apapun tentang produk tersebut. Ketika Anda mengevaluasi manfaat dan keunikan suatu produk, Anda juga harus menyertakan link yang dapat digunakan orang untuk membeli produk tersebut. Anda bisa melakukan review terhadap produk apa saja, sesuai dengan brief yang diberikan oleh sponsor. 

4. Paid Promote

Pengguna atau pemilik akun lain juga dapat memulai layanan promosi berbayar di Instagram Anda untuk mendapatkan uang. Pengguna Instagram yang ingin melakukan aktivitas promosi, bisa dengan cara memanfaatkan fitur Instagram Story atau Feed Instagram Anda. Perusahaan yang menggunakan layanan ini mungkin juga Akan menghubungi Anda untuk memberikan materi promosi. Biaya pemasangan iklan layanan ini cukup murah dna telah banyak digunakan oleh para pelaku usaha atau UMKM. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan jika ingin mencoba mendirikan bisnis ini, antara lain sebagai berikut. 

 

  • Manfaatkan akun yang valid, akan lebih mudah untuk menemukan pelanggan jika Anda menggunakan akun yang memiliki reputasi baik. Juga, perlu diingat bahwa kredibilitas akun Anda dipertaruhkan.
  • Selektif, Anda juga harus menggunakan kehati-hatian saat memilih bisnis. Pilih perusahaan yang menciptakan barang berkualitas tinggi untuk menjaga kepercayaan pengikut Instagram.
  • Tingkatkan keterlibatan. Karena ini adalah salah satu kriteria perusahaan untuk memilih layanan promosi berbayar, sangat penting untuk mengambil tindakan untuk meningkatkan keterlibatan.

5. Jasa Titip Barang

Anda juga dapat membuka bisnis jasa kurir dan mengumpulkan uang tunai dari Instagram. Dengan menyediakan layanan ini, Anda setuju untuk membeli produk sesuai dengan permintaan pelanggan. Anda bisa memulai bisnis ini dengan memotret produk yang dipajang di berbagai toko kemudian mempublikasikan foto tersebut ke Instagram. Pembeli yang berminat, bisa titip uang untuk dibelikan produk tersebut. Produk yang dibeli biasanya berasal dari luar negeri. Anda membutuhkan banyak pemesan agar Anda bisa menutup biaya ongkos ke luar negeri. Anda juga bisa memotret produk-produk dari toko di luar negeri kemudian foto tersebut Anda bagikan di akun Anda. Sangat penting untuk diingat untuk selalu memperhatikan kebijakan toko yang Anda kunjungi karena tidak semuanya mengizinkan pelanggan untuk memotret barang yang mereka tawarkan. Jadi pastikan untuk bertanya terlebih dahulu.

6. Ikut Program Afiliasi

Produk sekarang dapat dipasarkan secara terpisah melalui program afiliasi. Anda dapat bekerja sama dengan perusahaan yang menyediakan program afiliasi, sehingga Anda dapat memberikan rekomendasi produk melalui akun Instagram dengan kode tertentu. Jika ada orang yang membeli barang sebagai hasil dari rekomendasi Anda, Anda akan mendapatkan uang sesuai dengan ketentuan kontrak. Dengan program afiliasi, Anda hanya perlu mempromosikan saja link yang diberikan oleh perusahaan afiliasi. Anda dan tidak perlu menjual apapun. 

7. Bikin Akun Instagram untuk Dijual

Memang butuh waktu yang lama dan konsistens untuk memiliki banyak follower di Instagram. Jika Anda sudah mengetahui cara kerja Instagram dalam membesarkan akun agar memiliki banyak follower, Anda bisa membuat akun baru dan menjualnya ke pengguna lain. Perusahaan atau online shop biasanya mencari akun yang sudah memiliki banyak follower. Tujuannya adalah agar mereka bisa mempromosikan produk mereka. 

8. Profesi Admin Instagram

Anda bisa mendapatkan uang dari Instagram dengan menjadi admin yang mengawasi konten dan perkembangan Instagram orang lain. Hal ini bisa dilakukan setelah Anda mengetahui seluk beluk seperti cara memposting, algoritma, filter, IG Story, IGTV, dan bahkan cara memilih hashtag terbaik. Meski membuat akun Instagram gratis, namun tidak semua orang punya waktu untuk memantau administrasi dan konten mereka. Banyak orang terkenal dan berpengaruh menggunakan Instagram untuk berkomunikasi dengan follower mereka atau mempromosikan merek mereka, tetapi banyak juga yang tidak memiliki waktu atau keahlian yang dibutuhkan untuk memuat konten dengan rutin. Untuk bisa mengenakan tarif yang sesuai, pastikan Anda mampu dan menguasai tentang bagaimana cara kerja fitur-fitur di Instagram.

9. Jualan Produk dan Jasa

Jika Anda terus-menerus menghasilkan konten baru setiap hari, peringkat akun Anda akan tumbuh, dan mungkin juga muncul di halaman hasil pencarian. Jika sudah sampai pada titik ini, Anda sudah tahu siapa tujuannya. Ini berarti Anda dapat mulai menjual barang dan jasa kepada klien yang dituju yang Anda rencanakan sejak awal. Instagram memiliki fitur belanja yang memungkinkan pengguna menggunakan Instagram sebagai etalase dan menyelesaikan pesanan dan pembayaran di sana. Fitur terbaru ini merupakan salah satu komponen penting yang turut mendukung kesuksesan Instagram sebagai marketplace online. Kalau Anda kurang paham cara menggunakannya, Anda bisa menggunakan marketplace. Di Instagram, Anda cukup membuat konten yang relevan, lalu menyisipkan link menuju ke marketplace. 

10. Jual Barang Bekas

Ada banyak barang bekas berkualitas tinggi untuk dijual. Kesulitan utama adalah membuat kesepakatan antara penjual dan klien. Instagram dapat membantu Anda menarik pembeli yang tertarik dengan barang bekas. Barang bekas berkualitas tinggi yang dijual di Instagram akan lebih mahal karena disertai dengan foto-foto menawan. Anda cukup memposting gambar barang bekas di Instagram dapat menghasilkan uang bagi Anda.

Penutup

Menjual di Instagram sangat menjanjikan, dengan 1 miliar pengguna aktif dimana 500 juta pengguna harian dan 80% orang mengikuti setidaknya satu akun bisnis. Instagram menyediakan banyak sekali fitur yang dapat membantu para pelaku bisnis khususnya UMKM. Anda dapat menggunakan berbagai metode untuk mempermudah penjualan. Apakah modal selalu diperlukan untuk memulai bisnis di Instagram? Tidak. Anda bisa mendapatkan rupiah di Instagram meskipun Anda memiliki sedikit modal atau bahkan tanpa modal sama sekali. Anda hanya perlu membuat konten secara konsisten. 

Baca Juga