Fungsi Partai Politik di dalam Sistem Demokrasi Indonesia

Fungsi Partai Politik di dalam Sistem Demokrasi Indonesia

Seringkali muncul pertanyaan terkait fungsi partai politik dalam sistem demokrasi di Indonesia. Hal tersebut berkaitan dengan partai politik itu sendiri sebagai organisasi yang bertugas untuk menjalankan ideologi dan dibentuk untuk tujuan umum.

Pada umumnya, partai politik dibentuk menjadi suatu bentuk kelompok yang terorganisir dengan baik. Sedangkan kelompok tersebut terbentuk oleh kumpulan anggota dengan cita-cita, orientasi, dan nilai-nilai yang sama. Sehingga mereka bisa menjalankan setiap program dengan satu visi dan misi.

Tujuan dari pembentukan partai politik sendiri yaitu untuk merebut kedudukan politik suatu partai dan memperoleh kekuasaan. Biasanya cara mendapatkan kekuasaan dan kedudukan itu sendiri, anggota partai politik perlu melakukan cara konstitusional serta kebijakan-kebijakan lainnya.

Fungsi Partai Politik yang Berkaitan dengan Sistem Demokrasi

Ada beberapa fungsi partai politik yang perlu Anda ketahui yang berkaitan dengan sistem demokrasi di Indonesia. Yuk simak ulasan berikut ini secara lengkap untuk mengetahui apa saja fungsi dari partai politik dalam sistem demokrasi.

1. Sarana Partisipasi Politik

Fungsi partai politik yang pertama yaitu sebagai sarana partisipasi politik yang dapat mempengaruhi kebijakan-kebijakan dalam pemerintahan. Hal tersebut terjadi karena partai politik dapat menampung sekaligus menerima aspirasi yang disampaikan oleh masyarakat terkait pelaksanaan pembangunan nasional.

Bagi negara yang menganut sistem demokrasi seperti Indonesia, tentunya membutuhkan peran partai politik untuk menampung suara dan keluhan masyarakat. Agar suara tersebut bisa disampaikan kepada pemerintah dengan tepat.

Hal tersebut juga berkaitan dengan pembuatan dan penetapan kebijakan-kebijakan baru oleh pemerintah. Tanpa adanya peranan partai politik, kebijakan yang dibuat tidak bisa diubah dan tidak dapat menyesuaikannya dengan kondisi masyarakat.

2. Sarana Kontrol Politik

Selanjutnya, fungsi partai politik juga digunakan sebagai sarana kontrol terhadap suatu politik. Hal tersebut terjadi karena partai politik dapat memberikan pendapatan, membantu meluruskan dan mengingatkan kebijakan-kebijakan baru yang akan dibuat.

Biasanya dalam menetapkan kebijakan dan keputusan, seringkali terjadi kesalahan ataupun kekeliruan. Kesalahan dan kekeliruan tersebut biasanya berkaitan dengan kepentingan maupun kondisi masyarakat.

Hal tersebut yang membuat partai politik perlu melakukan kontrol terhadap kebijakan dan keputusan baru yang akan dibuat. Agar pemerintah tidak membutuhkan keputusan ataupun kebijakan yang merugikan rakyat.

3. Sarana Pengatur Konflik

Kemudian, fungsi partai politik yang selanjutnya yaitu sebagai sarana pengatur konflik. Biasanya di negara demokrasi seringkali terjadi perbedaan pendapat, namun hal tersebut tergolong wajar karena keberagaman yang dimiliki. Seperti ragam suku, budaya, bahasa, ras, etnis, status sosial dan lain sebagainya.

Namun, konflik yang biasa terjadi juga seringkali menimbulkan ancaman terhadap persatuan dan kesatuan bangsa. Sehingga partai politik seringkali mendapatkan tuntutan untuk bisa mengatasi konflik yang ada dan menjadi penengah di antara pihak yang bertikai.

Konflik yang terjadi akibat perbedaan dan persaingan membuat partai politik harus menjadi sarana pengatur konflik sekaligus wujud perdamaian dari pihak politik suatu negara. Sehingga bisa menciptakan kondisi yang harmonis dan membangun persaingan sehat untuk mencapai semua tujuan.

4. Sarana Rekrutmen Politik

Tidak hanya itu, partai politik juga berfungsi sebagai sarana rekrutmen politik. Sebagai sarana rekrutmen politik, partai politik menjadi wadah yang dapat menampung sekaligus calon kader politik. Sehingga kader-kader politik tersebut dapat melanjutkan kepemimpinan dengan menempati jabatan tertentu.

Selain itu, partai politik juga akan memberikan kesempatan bagi masyarakat lainnya untuk berpartisipasi dalam ranah politik suatu negara. Sehingga tidak mengherankan lagi jika partai politik melakukan perekrutan terhadap kader mudah yang berbakat dan memiliki pengawasan yang luas.

5. Sarana Sosialisasi Politik

Fungsi partai politik yang selanjutnya yaitu berkaitan dengan perannya sebagai sarana sosialisasi politik. Sosialisasi politik mencakup cukup banyak hal yang berkaitan langsung dengan masyarakat dan politik suatu negara.

Hal tersebut terjadi karena seseorang akan memperoleh orientasi dan sikap terhadap suatu fenomena politik. Sedangkan fenomena politik suatu negara sangat beragam dan dalam jangka waktu tertentu.

6. Sarana Komunitas Politik

Terakhir, fungsi partai politik yaitu sebagai sarana komunitas politik. Selain menampung suara dan keluhan masyarakat, partai politik juga berperan penting dalam menyalurkan aspirasi masyarakat. Sehingga partai politik perlu memastikan jika aspirasi masyarakat bisa tersampaikan pada pemerintah dengan cepat dan tepat.

Tidak hanya itu, komunitas politik yang dilakukan oleh partai politik dengan menjadi pihak perantara antara masyarakat dan pemerintah. Seperti halnya menyampaikan keputusan dan kebijakan baru yang dibuat pemerintah kepada masyarakat luas.

6 fungsi di atas harus dimiliki oleh partai politik di negara demokrasi, sehingga menghindari adanya ketimpangan dan penyalahgunaan dalam pengoperasiannya. Jika suatu partai politik tidak berfungsi sebagaimana ulasan di atas, seringkali terjadi penyalahgunaan partai politik untuk kepentingan kelompok atau golongan.

Anda bisa dengan mudah menggelar acara atau kegiatan yang akan dilakukan oleh partai politik terkait dengan memaksimalkan sosial media yang dimiliki. Terutama menggunakan frame untuk menyebarluaskan acara yang akan disebarluaskan di sosial media baik Facebook, Instagram, TikTok maupun Twitter dengan mudah dan cepat.

Anda juga bisa dengan mudah menemukan desain frame yang sesuai dengan partai politik yang didukung dengan mengakses semua frame yang tersedia. Salah satu website resmi yang bisa Anda akses untuk menggunakan frame terbaik sesuai kebutuhan yaitu RajaFrame.com. 

Bagaimana, apakah Anda tertarik untuk menggunakan frame untuk mendukung kegiatan partai politik yang akan diadakan? Demikian ulasan singkat mengenai fungsi partai politik, semoga bermanfaat.

Baca Juga