Niche Market: Strategi Memilih Pasar Spesifik Rendah Persaingan

Niche Market: Strategi Memilih Pasar Spesifik Rendah Persaingan

Niche market adalah bagian dari industri dengan target pasar atau basis konsumen yang lebih sempit. Dengan kata lain, niche market adalah bagian dari industri yang lebih besar, yang sering dikenal sebagai pasar massal. Seorang pemasar tentunya akan menjual barang atau jasa yang ditawarkan ke pasar yang dituju. Di sinilah pentingnya niche market, yaitu pasar yang spesifik.

Strategi ini sangat penting untuk dipertimbangkan saat memulai bisnis, karena persaingan menjadi semakin ketat dan luas. Menentukan target pasar yang lebih khusus akan membantu Anda menghasilkan lebih banyak uang daripada terjun ke target pasar yang besar. Karena seorang pemasar pada akhirnya tidak dapat menjual produk atau jasanya kepada semua orang. Niche market adalah bagian dari industri dengan target konsumen dan pasar yang lebih sempit.

Seorang pemasar atau pemilik bisnis dapat mempromosikan barang-barang mereka ke pasar sasaran ini. Metode ini layak dipertimbangkan mengingat persaingan antar perusahaan semakin tinggi. Alasannya, dengan mempersempit target pasar, pendapatan akan lebih tinggi. Jika dibandingkan dengan memasuki target pasar yang luas dimana produk Anda mungkin tidak dibutuhkan oleh semua orang. 

Keuntungan Memilih Niche Market

Seorang pemasar akan melakukan berbagai langkah untuk meningkatkan penjualan produk. Memilih niche market adalah salah satu taktik pemasaran yang berbeda yang dapat digunakan.

1. Persaingan Rendah

Ketika Anda mengidentifikasi niche market, hampir dipastikan bahwa persaingan akan berkurang, tidak sebesar global market. Sebab, seperti yang sudah Anda perkirakan bahwa tidak banyak orang yang memilih target pasar.  Namun, Anda harus menyadari bahwa persaingan rendah di niche market tidak akan berlangsung lama karena pelan-pelan akan datang pebisnis lainnya yang mencium peluang yang sama. Akan selalu ada pebisnis atau pemasar yang akan memasuki pasar yang telah Anda tetapkan.

2. Lebih Mudah Fokus

Keuntungan lain dari mengidentifikasi niche market adalah Anda dapat lebih berkonsentrasi pada bisnis Anda. Alasannya adalah bahwa target pasar dan konsumen Anda telah terdefinisikan dengan baik. Dengan begitu, apa yang harus Anda lakukan adalah mendesain ulang produk Anda agar sepenuhnya sesuai dengan keinginan pelanggan Anda. 

3. Lebih Mudah Dikenali Konsumen

Bisnis yang mengkhususkan diri pada niche market tentu akan lebih mudah dikenali oleh banyak orang. Mengapa demikian? Karena pesaing Anda sedikit jumlahnya. Lain halnya jika saingannya banyak, konsumen bingung  memilih dari sekian banyak produk yang ditawarkan. Dalam kondisi ini, ada kemungkinan besar konsumen akan memperhatikan produk Anda dan memberi tahu orang lain tentangnya. Secara tidak langsung, nama perusahaan Anda akan berkembang secara luas karena rujukan klien yang asli.

4. Produk Unik

Karena tidak banyak pesaing di niche market yang Anda pilih, memilih niche market akan mengurangi persaingan produk Anda. Namun, keadaan ini hanya sementara. Pelan-pelan, pesaing lain akan bermunculan ke pasar yang sama. Tapi jangan khawatir, Anda bisa melakukan inovasi meskipun produk Anda sama. Perusahaan besar banyak melakukan hal ini, dimana sebuah produk yang sama memiliki banyak varian. 

5. Ahlinya

Karena Anda sudah memiliki niche market dan konsumen yang jelas untuk dihadapi, Anda bisa lebih berkonsentrasi menjalankan perusahaan Anda. Setelah itu, tinggal meningkatkan kualitas produk agar lebih sesuai dengan kebutuhan pelanggan. Pelanggan akan lebih puas karena berbelanja di toko Anda. Dengan menangani hal yang sama berulang-ulang, Anda akan menjadi ahlinya di bidang yang sama, produk yang sama, pasar yang sama. 

6. Harga Jual Tinggi

Hukum bisnis yang paling sederhana tetapi paling penting untuk dipahami adalah bahwa ketika suatu yang tidak biasa, tidak tersedia secara umum, maka pasti akan dihargai lebih tinggi. Ini terjadi ketika jumlah permintaan melebihi jumlah ketersediaan barang. Alhasil, untuk menghindari kendala produk tersebut, harga jual akan dinaikkan. 

7. Pemasaran Lebih Sederhana

Bisnis yang mengidentifikasi niche market akan lebih mudah menemukan apa yang dibutuhkan pelanggan mereka. Pertimbangan yang biasanya dipikirkan pelanggan, dapat dengan cepat dipelajari oleh Anda yang membidik niche market tertentu. Anda dapat menggunakan informasi ini untuk mengidentifikasi pendekatan pemasaran terbaik dan bahasa komunikasi yang paling efektif untuk menjual produk atau layanan mereka kepada klien perusahaan yang potensial. Ini lebih sederhana daripada Anda berjuang di market global. 

8. Perluasan Bisnis Lebih Mudah

Memilih niche market yang tepat memerlukan lebih dari sekadar menilai potensi pasar. Namun, passion atau minat Anda juga harus diperhatikan. Dengan kata lain, cobalah untuk menemukan niche market di bidang yang Anda sukai dan ingin Anda layani. Akibatnya, Anda dapat memilih jenis konsumen terbaik untuk dilayani. Ini akan membuat Anda merasa lebih nyaman dan memungkinkan Anda melakukan perluasan bisnis menjadi lebih mudah. 

Bagaimana Cara Memilih Niche Market?

1. Lakukan Riset Pasar

Tahap pertama sebelum menentukan niche market adalah mempelajari tuntutan dan kesulitan pelanggan. Anda dapat membantu proses identifikasi ini dengan melakukan riset pasar. Untuk mendapatkan jawaban yang tepat, kumpulkan informasi sebanyak-banyaknya menggunakan internet atau survei langsung. Anda dapat merancang produk yang memberikan solusi untuk setiap permintaan pelanggan menggunakan hasil ini.

2. Riset Pesaing

Setelah memilih produk dan pasar yang sesuai, Anda harus melakukan riset terhadap pesaing yang akan Anda hadapi. Penelitian ini dapat dilakukan dengan memanfaatkan berbagai alat, termasuk Google Keyword Planner, Google Trends, dan lain-lain.

3. Tes Minat

Tahap berikutnya dalam menentukan niche market adalah melakukan tes minat untuk memastikan bahwa market yang Anda incar memiliki minat terhadap produk Anda. Uji minat ini akan mengungkap ada atau tidaknya prospek untuk bisnis di masa datang. Jika ada, Anda harus membuat strategi untuk diterapkan dengan tujuan yang tepat.

4. Kepastian Keuntungan

Menyoroti kekhasan perusahaan itu penting, tetapi Anda juga harus realistis, apakah ide bisnis yang ingin Anda jalankan saat ini berpotensi memberikan keuntungan? Langkah selanjutnya dalam menentukan niche market adalah memastikan peluang keuntungan.

5. Tes Produk

Tes produk bisa menghabiskan waktu dan uang Anda dalam prosesnya. Namun, bisnis tidak dapat dipisahkan dari pasang surut karena perubahan diperlukan sampai bisnis Anda akhirnya bisa berdiri sempurna dan mampu bertahan dalam jangka panjang. Jadi, jangan takut untuk melakukan tes produk terhadap pasar. 

Bagaimana? Anda pasti sudah menyadari sekarang betapa pentingnya pasar khusus untuk bisnis. Ya, niche market adalah pasar yang lebih tertarget. Tentu saja, dengan menggunakan taktik terencana maka operasi pemasaran bisnis Anda dapat disesuaikan dengan audiens yang tertarget. 

Baca Juga