10 Aspek Penting Pemasaran Bisnis Menggunakan Youtube

10 Aspek Penting Pemasaran Bisnis Menggunakan Youtube

Ketika kita ingin mencoba berbagai cara mempromosikan bisnis online, Youtube marketing bisa menjadi alternatif yang baik. Perlu kita ketahui bahwa setelah Google, YouTube adalah situs terpopuler kedua. Alhasil, banyak orang kini beralih ke YouTube sebagai sarana promosi. Kita juga perlu mengetahui strategi dan panduan pemasaran YouTube ini untuk memaksimalkan hasil. Pemasaran YouTube adalah salah satu teknik pemasaran berbasis internet yang efisien. Anda pasti tahu situs video terbesar di dunia. Strategi menggunakan Youtube untuk mengiklankan bisnis disebut pemasaran youtube. Pembuatan video yang menggambarkan bagaimana bisnis dikelola lebih menjadi fokus dari teknik pemasaran Youtube ini. Video yang dibuat kemudian diposting ke saluran yang telah kami siapkan untuk akun YouTube perusahaan kami. dengan harapan pelanggan atau pemirsa kami akan tertarik dengan produk kami dan menggunakannya.

Langkah Pemasaran Video Youtube

1. Buat Channel Khusus

Panduan pemasaran YouTube pertama adalah membuat channel khusus. Namun, Anda dapat masuk menggunakan beberapa akun dengan menyiapkan akun unik hanya untuk perusahaan. sehingga orang lain dapat mengelola akun bisnis ini di masa mendatang. Anda mungkin dapat menjalankan saluran Youtube Anda sendiri pada awalnya, tetapi ketika perusahaan Anda berkembang dan akun memperoleh banyak pengikut, Anda akan kesulitan mengelola sendirian. Anda akan membutuhkan orang lain untuk mengurusnya.

2. Tentukan Tema Video

Sangat penting untuk memperhatikan tema video. Tema video dapat langsung tertaut ke produk yang dipromosikan, atau mungkin dimulai dengan tema yang berbeda tetapi pada akhirnya berhubungan dengan produk Anda. Tergantung pada tim atau konsep kreatif yang Anda pilih, konsep atau tema video iklan ini dapat berubah.

3. Buat Cerita yang Kuat

Tidak diragukan lagi akan ada banyak peminat yang tertarik pada video yang menarik dan sederhana. Alur cerita video yang menginspirasi, memotivasi, atau mengingatkan kita akan sesuatu. Di sinilah Anda membutuhkan seorang penulis naskah yang dapat membuat plot yang menarik untuk membangkitkan rasa ingin tahu pemirsa. Naskah itu yang akan Anda jadikan video. 

4. Gunakan Bahasa yang Mudah Dipahami

Bahasa yang digunakan di sini bukanlah bahasa yang digunakan oleh aktor dalam iklan, melainkan bahasa yang digunakan secara luas dan mudah dipahami oleh pemirsa yang bukan penutur asli bahasa tersebut. Anda dapat menggunakan bahasa Indonesia sebagai contoh, tetapi bahasa Inggris juga merupakan bahasa yang mudah dipahami. Juga, jangan lupa untuk menggunakan bahasa tubuh dasar sehingga audiens tidak salah mengartikan apa yang Anda katakan. 

5. Kualitas Video

Dalam sebuah video pemasaran, kualitas video akan menjadi prioritas utama. Perlu diingat bahwa karena kita hidup di era digital maka konsumen membutuhkan dan memahami berbagai macam hiburan berkualitas tinggi. Jika Anda memilih video yang berkualitas buruk dan tidak jelas, penonton akan malas untuk menonton konten Anda. Untuk promosi produk, gunakan video yang jernih dan berkualitas tinggi. Anda juga akan merasa lebih mudah untuk menyelipkan promosi dengan cara yang terhormat. Bagaimanapun, faktor kuncinya adalah selalu kepuasan penonton.

6. Gunakan Judul Pendek

Pastikan judulnya tidak terlalu rumit atau panjang. Agar judul video Anda tidak terpotong pada tampilan halaman Youtube, Anda dapat membatasi judul dengan 60 karakter atau kurang. Alasannya bahwa penonton akan kehilangan minat kalau judul yang panjang. Menulis nama untuk materi YouTube yang singkat dan menarik sangat penting. Jangan terlalu mengandalkan clickbait. 

7. Buat Thumbnail yang Menarik

Anda pasti sering melihat thumbnail di tampilan video YouTube, bukan? Thumbnail adalah istilah yang sering digunakan untuk ini. Sederhananya, thumbnail adalah gambar yang muncul di sampul video YouTube. Ketika seseorang melihat video di YouTube, mereka awalnya melihat gambar ini. YouTube biasanya mengekstrak beberapa tangkapan layar dari video Anda saat Anda mempostingnya untuk membuat gambar mini. Sayangnya, terkadang, gambar yang diambil kurang tajam dan tampak biasa saja. Anda dapat mengatur dan membuat gambar mini yang lebih menarik. 

8. Berinteraksi dengan Penonton

Strategi paling efisien untuk mempromosikan video YouTube Anda adalah berinteraksi dengan audiens Anda. Ini karena fakta bahwa Anda akan berada di dekat audiens Anda. Anda juga dapat menarik pengikut jangka panjang dari audiens Anda dengan menciptakan hubungan yang kuat dengan mereka. Dengarkan audiens Anda tetapi tidak semua komentar perlu ditanggapi. Anda dapat memilih beberapa yang membuat Anda bersemangatatau menyukai konten Anda. Sebagian besar pemirsa menghargai upaya Anda untuk terlibat dengan mereka saat Anda menanggapi komentar mereka. Selain itu, orang dapat kembali menonton film Anda jika mereka merasa didengarkan.

9. Optimalkan Penggunaan Media Sosial

Mungkin pendekatan ini bukanlah hal baru bagi Anda. Media sosial memiliki jangkauan yang signifikan untuk iklan, seperti yang diketahui dengan baik. Anda harus mulai dengan menggunakan semua media sosial untuk mengiklankan konten saluran YouTube. Mulai dari Twitter, Facebook, Instagram, dan media sosial lainnya. Untuk mendapatkan perhatian teman atau koneksi Anda, Anda dapat membagikan kutipan konten Anda.

10. Pengoptimalan SEO YouTube

Anda dapat mengambil sejumlah tindakan untuk meningkatkan SEO YouTube Anda, dimulai dengan riset kata kunci. Anda mungkin sudah familiar dengan kata kunci dari panduan SEO YouTube. Sahabat Wirausaha menyisipkan kata kunci dengan kepadatan tertentu dimulai dengan kata kunci utama, turunan, dan sinonim, mirip dengan materi di halaman. Berbicara tentang pengoptimalan metadata artinya menempatkan kata kunci saat untuk mengoptimalkan YouTube terhadap mesin telusur. Anda dapat mengatasi ini dengan menambahkan kata kunci ke judul, mengoptimalkan deskripsi video, menggunakan tag dan tagar yang benar, dan membuat gambar mini yang relevan dengan materi pelajaran video.

Anda memiliki peluang besar untuk mendapatkan lebih banyak pelanggan dari video yang Anda posting jika Anda menggunakan Youtube untuk menjual barang Anda. YouTube mungkin merupakan alat promosi yang cukup sukses dan efisien karena begitu banyak pengguna yang tertarik dengan platform ini. Anda dapat menggunakan alat periklanan Youtube untuk menarik klien lebih cepat. Ketika individu ingin melihat video YouTube, iklan dapat ditampilkan di samping. Mereka akan melihat barang yang Anda jual sebagai hasilnya dan menunjukkan minat untuk membelinya. Mengingat betapa populernya YouTube, Anda dapat memanfaatkannya untuk mengiklankan barang dan jasa Anda.

 

Baca Juga