Pengenalan Dasar Pemasaran SEO Untuk Pemula

Pengenalan Dasar Pemasaran SEO Untuk Pemula

SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimization atau optimasi mesin pencari. Situs web ini dicoba untuk dioptimalkan menggunakan teknik ini agar mendapat peringkat tinggi dalam hasil pencarian Google. Dengan SEO, situs akan mudah ditemukan oleh pengguna, berpotensi meningkatkan lalu lintas. Mengapa Anda harus memprioritaskan SEO Google daripada mesin pencari lain seperti Yahoo!, Bing, Amazon, dll.

Jelas bahwa Google adalah mesin pencari pilihan bagi sebagian besar pengguna internet. Google digunakan setiap hari oleh sekitar 3,5 miliar orang, yang merupakan bukti. Tidak mengherankan jika Google menguasai 90% pasar mesin pencari. Optimasi mesin pencari atau SEO adalah proses mengubah situs web untuk meningkatkan visibilitasnya dan naik peringkat hasil pencarian.

Mengapa perusahaan perlu meningkatkan peringkat mesin pencari situs web mereka? Karena hal itu memudahkan pengguna untuk menemukan situs web dan menarik pengguna baru. Inisiatif pemasaran perusahaan akan meningkatkan partisipasi dan kesadaran, yang akan berdampak positif terhadap target penjualan perusahaan. 

Tujuan Utama SEO

Tujuan utama SEO adalah untuk meningkatkan penempatan situs web di hasil pencarian organik atau tidak berbayar. Jika bisnis memiliki situs web dan ingin meningkatkan lalu lintas yang relevan, SEO tidak diragukan lagi harus menjadi bagian dari strategi pemasarannya. Sebuah situs web dapat dibuat lebih baik melalui optimasi mesin pencari agar tampil lebih tinggi dalam hasil pencarian. Anda akan memiliki peluang lebih baik untuk menerima banyak lalu lintas gratis jika Anda menempati peringkat pertama dalam hasil pencarian.

Harus bisa selain berusaha mendapatkan trafik organik dari hasil pencarian. Anda dapat menarik pengunjung yang tepat dengan bantuan SEO. Akibatnya, mesin pencari akan mengarahkan pengunjung ke situs web Anda yang tertarik dengan materi pelajaran. Anda harus mematuhi semua pedoman yang ditetapkan oleh mesin pencari, dalam hal ini Google, untuk menerima lalu lintas organik bertarget berkualitas tinggi. Sehingga Anda harus memahami bagaimana fungsi SEO serta algoritma Google.

Cara Kerja SEO

Pertanyaan tentang bagaimana fungsi SEO akan mengikuti setelah Anda memiliki pemahaman dasar tentang apa itu SEO. Intinya, setiap mesin pencari menggunakan algoritme untuk menentukan apakah konten tersebut layak muncul di bagian atas hasil pencarian. Semua mesin pencari, termasuk Google, Yahoo, Bing, dan lainnya, benar akan melakukan hal ini. Namun dalam contoh ini, kita akan berbicara tentang bagaimana Google berfungsi.

Google digunakan oleh lebih banyak orang daripada mesin pencari lainnya di seluruh dunia. Oleh karena itu, belajar tentang algoritma dari Google akan lebih baik bagi Anda. Untuk memastikan bahwa semua penggunanya menerima hasil pencarian yang relevan, Google terus memperbarui algoritme pencariannya. Oleh karena itu, Anda harus selalu waspada terhadap perubahan algoritme Google.

Mesin pencari digunakan oleh pengguna internet untuk menemukan informasi yang mereka butuhkan. Namun, mesin pencari memiliki metodenya sendiri untuk menentukan situs web mana yang paling sesuai dengan kebutuhan pengguna. Hasil pencarian tidak hanya ditampilkan kepada pengguna apa adanya.

Dengan kata lain, mesin pencari seperti Google, Yahoo, atau Bing harus memeriksa setiap situs web secara terpisah, mengumpulkan data mengenai setiap halaman, dan kemudian membuat indeks. Untuk melakukan pekerjaan luar biasa ini, mereka menggunakan bot dengan algoritma unik. Algoritma ini digunakan untuk memeriksa konten situs web dan menentukan apakah data di dalamnya dapat diandalkan dan bermanfaat bagi pengguna.

Keuntungan SEO

SEO memberikan banyak keuntungan jangka pendek dan jangka panjang. Selain biaya SEO lebih hemat karena jumlah klik tak terbatas. Berbeda dengan iklan PPC dimana setiap klik akan dihitung biaya. 

1. Membantu Orang Menemukan Situs Web Anda

Mempermudah mereka yang mungkin tertarik dengan situs web Anda untuk menemukannya melalui SEO adalah cara yang pasti untuk meningkatkan lalu lintas ke web Anda. Karena optimasi mesin pencari, situs web Anda dapat muncul di bagian atas halaman pertama Google. Lokasi ini tentu berdampak pada lalu lintas. Perlu diingat bahwa 75% orang tidak menggulir ke halaman berikutnya karena malas.

2. Tampilkan Web Anda kepada Audiens yang Tepat

SEO tidak hanya memudahkan orang untuk menemukan situs web Anda, tetapi juga memungkinkan Anda untuk menargetkan audiens yang tepat. karena Anda dapat mendasarkan keputusan Anda pada kata kunci mana yang akan difokuskan pada maksud di balik penelusuran orang.

3. Meningkatkan Kesadaran Merek

Ketika seseorang mencari informasi di Google, mereka dapat dengan cepat menemukan produk yang mereka cari. Menurut statistik, banyak orang menggunakan Google untuk mencari informasi, jadi SEO itu penting. Menurut ReviewTrackers, 63% orang lebih memilih Google daripada situs ulasan lain saat mencari produk. Dengan kata lain, Google adalah tempat yang baik untuk meluncurkan produk atau meningkatkan pengenalan merek.

4. SEO Adalah Investasi Jangka Panjang

SEO akan terbayar dalam jangka panjang sebagai investasi jangka panjang. Karena Google SEO dapat memberikan peluang bisnis lebih banyak untuk mendapatkan keuntungan. Selanjutnya, 39% keputusan calon pembeli dapat dipengaruhi oleh hasil pencarian yang bersangkutan.

Posisi situs web di Google akan lebih kuat dan bertahan lebih lama jika Anda dapat menarik pengunjung secara alami. PPC berbeda karena lalu lintas langsung berkurang jika Anda berhenti membayar. Inilah sebabnya mengapa situs web Anda akan segera kehilangan peringkat teratasnya. Karena itu, meskipun SEO dan SEM bisa mahal, kami tetap percaya bahwa Anda harus fokus pada SEO untuk situs web Anda.

5. Tingkatkan Penjualan dan Tingkatkan Konversi

Keuntungan SEO selanjutnya adalah dapat meningkatkan pendapatan dan tingkat konversi. Faktanya, lebih dari tujuh puluh lima persen pemilik bisnis percaya bahwa SEO menghasilkan lebih banyak penjualan daripada jenis iklan lainnya. Faktanya, tingkat konversi bisa mencapai 14,6%. Alasannya, SEO lebih efektif untuk mendapatkan audiens yang lebih luas.

Kesimpulan

Metode terbaik untuk memasarkan konten adalah SEO. Ini menyiratkan bahwa situs web akan lebih mudah ditemukan di Google, semakin besar kemungkinannya untuk menerima lalu lintas. terutama jika orang terus menemukan konten Anda ketika mereka mencari berbagai kata kunci. Anda dapat melakukan banyak hal dengan lalu lintas yang Anda terima, dan bukan sembarang audiens. Apa yang dulunya adalah pelanggan baru yang potensial sekarang akan menjadi pelanggan yang sebenarnya. 

Kunjungi RajaSEO.com untuk memastikan website Anda sudah search engines friendly.

Baca Juga