Dropship Solusi Memulai Jualan Online Tanpa Modal Besar

Dropship Solusi Memulai Jualan Online Tanpa Modal Besar

Anda ingin membuka usaha tapi kekurangan modal? Dropship bisa menjadi pilihan untuk Anda saat ini. Dropshipping adalah bisnis yang bisa dilakukan oleh siapa saja hanya dengan sedikit uang. Orang-orang masuk ke bisnis ini karena memberi banyak kemudahan dan keuntungan. Banyak juga barang yang bisa dijual karena banyak perusahaan yang menawarkan penjualan dropshipping untuk mitranya.

Perusahaan-perusahaan ini menjual barang-barang seperti kosmetik, makanan dan minuman, obat-obatan, pakaian, dan elektronik. Gagasan di balik bisnis dropshipping adalah bahwa penjual yang disebut dropshipper, menghubungkan pembeli dengan produsen atau supplier. Dalam hal ini, pihak ketiga adalah dropshipper. Orang sering beranggapan dropship dan reseller memiliki arti hal yang sama. Dalam sistem dropship, barang bisa dikirim langsung dari produsen atau supplier ke pembeli. Sehingga penjual tidak perlu menyediakan tempat untuk menyimpan atau mengemas barang yang akan dikirim ke pembeli.

Apa Itu Dropship?

Dropship adalah cara menjual barang dimana penjual atau dropshipper tidak harus membeli barang terlebih dahulu. Reseller bekerja sama sebagai dropshipper dengan supplier. Dropshipping adalah metode yang semakin banyak digunakan penjual online untuk menjual barang. Sebaliknya, mereka hanya memasarkan dan menjual produk milik orang lain. Dengan metode dropshipping ini, para reseller bisa menjual barang tanpa harus menyimpan stok barang apapun.

Dropshipping adalah bisnis lain yang bisa dilakukan di mana saja dengan koneksi internet. Orang-orang masuk ke bisnis karena kemudahannya, produsen atau supplier menangani semuanya, mulai dari pengepakan hingga pengiriman.  Banyak barang yang bisa dijual karena banyak perusahaan yang menawarkan penjualan dropshipping untuk mitranya. Perusahaan-perusahaan ini menjual barang-barang seperti kosmetik, makanan dan minuman, obat-obatan, pakaian, dan elektronik.

Dengan maraknya media sosial dan belanja online, disinilah para reseller bisa memasarkan barangnya. Modal mereka hanya gambar, deskripsi, dan harga barang yang mereka jual. Informasi tentang produk ini ditaruh di media sosial dan toko online, kemudian mereka tinggal menunggu pesanan masuk. Ini akan mengubah ukuran target pasar untuk media sosial seperti Instagram, Facebook, jaringan teman, atau pengikut.

Target pasar untuk produk yang dijual bertambah seiring bertambahnya jumlah teman atau follower. Kebanyakan dropshippers menjual sebagai bisnis sampingan untuk menghasilkan uang tambahan. Namun ada juga beberapa orang yang memulai sebagai pekerjaan sampingan namun akhirnya menjadikannya sebagai sumber penghasilan utama mereka.

Cara Kerja Dropship

Dropshipper menghasilkan uang dengan menjual barang secara online. Mereka melakukan ini dengan menggunakan teknologi digital. Dropshippermenjual barangnya kepada pembeli melalui media sosial, online marketplace dan website. Foto produk biasanya diberikan oleh perusahaan yang membuat barang tersebut. Ketika seorang dropshipper mendapatkan pembeli, ia dapat menghubungi supplier atau produsen dan produk dikirim langsung ke alamat pembeli.

Dropshippers menghasilkan uang dari selisih antara harga yang dibayar ke supplier dengan harga yang dibayar pembeli. Dropshipper harus menjaga hubungan baik untuk memastikan supplier selalu menyediakan stok dan memberikan informasi terbaru tentang daftar produk maupun sistem pembayaran. 

Keunggulan Menjadi Dropshipper

Walaupun supplier akan mengirimkan barang pesanannya kepada pembeli atau customer, nama pengirim tetap akan menjadi nama dropshipper. Dropshipper menghasilkan uang dari selisih antara harga yang dibayar pemasok dan harga yang dibayar pelanggan. Dropshippers juga memiliki keunggulan dalam cara kerja karena mendapatkan komisi. Dropshipping adalah kegiatan yang bisa dilakukan sebagai bisnis oleh siapa saja yang hanya memiliki sedikit uang.

Dropshipping adalah bisnis yang bagus karena Anda tidak perlu menghabiskan banyak waktu untuk itu dan Anda tidak memerlukan keahlian atau pendidikan khusus untuk melakukannya. Dengan metode dropshipping ini, para reseller bisa menjual barang tanpa harus menyimpan stok barang apapun. Dropshipping adalah bisnis lain yang bisa dilakukan di mana saja dengan koneksi internet. Orang-orang masuk ke bisnis karena kemudahannya dimana produsen atau supplier menangani semuanya, mulai dari pengepakan hingga pengiriman.  

Apa Itu Reseller?

Reseller adalah orang yang membeli suatu produk kemudian menjualnya kembali. Dropshippers, di sisi lain, adalah pebisnis yang menjual produk tanpa modal dan hanya mengandalkan pemasaran. Kata "reseller" sudah ada sejak lama dan bukan hal baru. Reseller adalah bagian dari bisnis online atau bisnis yang bukan produsen. Reseller adalah pelanggan yang membeli sesuatu dan kemudian menjualnya ke pelanggan lain.

Meski membutuhkan uang sebagai modal untuk membeli barang, tetapi menjadi reseller masih merupakan cara yang cukup mudah untuk menjalankan bisnis. Hanya saja reseller tidak membutuhkan modal sebesar produsen pada umumnya. Reseller hanya membeli barang yang dipesan pelanggan. Reseller bisa menjual barang dengan harga lebih tinggi. Beginilah cara reseller menghasilkan uang dari proses jual beli. 

Perbedaan Dropshipper dan Reseller

Apa perbedaan antara dropshipper dan reseller? Reseller adalah seseorang yang membeli barang dari pemasok dan menjualnya dengan komisi tertentu atau langsung dari pemasok. Yang membedakan reseller dengan dropshipper adalah siapa pemilik produk atau barang tersebut. Cara menjadi reseller, syaratnya kita harus membeli produk dari supplier terlebih dahulu. Keuntungan menjadi reseller adalah Anda dapat melakukan Dropship dengan sedikit uang dan online.

Jadi, ini adalah pilihan yang bagus untuk orang yang ingin memulai bisnis tetapi tidak punya banyak uang. Reseller harus mengeluarkan uang untuk membeli saham dari pemasok untuk dijual nanti, sedangkan dropshipper tidak perlu mengeluarkan uang sepeser pun karena pemasok yang mengurus semuanya. Satu-satunya hal sama yang harus dilakukan oleh reseller dan dropshipper adalah menemukan pembeli.

Ketika Anda berbicara tentang dropshipper, Anda pasti akan berbicara tentang reseller. Sebenarnya reseller tidak jauh berbeda dengan dropshiper. Dropshipper yang berjualan di marketplace menghasilkan lebih banyak uang daripada mereka yang berjualan di media sosial. Apalagi jika toko online tersebut sudah memiliki rating yang bagus di marketplace. Ini akan membuat lebih banyak orang mengetahui produk, yang secara otomatis akan menghasilkan lebih banyak penjualan. 

Baca Juga