Jenis Influencer Berdasarkan Jumlah Pengikut dan Platform

Jenis Influencer Berdasarkan Jumlah Pengikut dan Platform

Istilah influencer dari bahasa Inggris. Influencer adalah seseorang yang memiliki banyak follower. Sederhananya, influencer adalah seseorang dengan kemampuan mempengaruhi masyarakat untuk membujuk orang lain untuk bertindak atau melakukan sesuatu. Orang-orang terkenal, blogger, YouTuber, atau tokoh masyarakat yang dihormati oleh kelompok orang tertentu adalah contohnya. Meskipun influencer media sosial biasanya memiliki jutaan pengikut, seseorang dengan sedikit pengikut yang memiliki dampak signifikan pada audiens mereka juga dapat diklasifikasikan sebagai influencer. Influencer biasanya didefinisikan sebagai selebriti, blogger, YouTuber, atau tokoh masyarakat lainnya yang dihormati atau berpengaruh di komunitas tertentu.

Influencer adalah seseorang yang memiliki jutaan pengikut media sosial dan memiliki dampak signifikan pada audiens mereka. Merek sering memanfaatkan efek signifikan ini, misalnya untuk meningkatkan pemasaran dan promosi melalui media digital. Pengaruh adalah kekuatan seorang influencer. Mereka memiliki kemampuan untuk mengatur tren baik dalam skala kecil maupun besar. Karena efek yang luar biasa ini, banyak pemilik bisnis yang berkolaborasi dengan influencer untuk menjual produk mereka. Bagaimana awalnya istilah influencer mulai dikenal, atau apa sebenarnya influencer itu? Influencer marketing merupakan salah satu strategi pemasaran dimana sebuah perusahaan mengajak seorang influencer untuk berkolaborasi guna meningkatkan brand awareness dan penjualan pada target pasar tertentu.

Jenis Influencer

Influencer biasanya diklasifikasikan sebagai makro, mikro, nano, dan premium. Perbedaan ini ada karena jumlah pengikutnya di media sosial. Berikut ini adalah berbagai jenis influencer:

Nano Influencer

Influencer nano lebih kecil dari influencer mikro. Influencer yang diklasifikasikan sebagai influencer nano ini memiliki lebih sedikit pengikut, biasanya di bawah 1.000. Influencer yang sangat kecil ini biasanya hanya berdampak pada komunitas terdekat mereka. Tokoh masyarakat lokal, misalnya, adalah jenis nano influencer.

Micro Influencer

Kategori pertama adalah micro influencer. Influencer micro memiliki kurang dari 10.000 follower. Influencer ini biasanya mengandalkan tingkat keterlibatan yang sebanding dengan jenis influencer lain yang juga memiliki sedikit pengikut. Menurut penelitian, konsumen akan membeli barang berdasarkan rekomendasi atau saran dari micro influencer. Tingkat keberhasilan untuk penelitian ini adalah 82 persen. Apa peran mikro influencer? Kekuatan mikro influencer meningkat karena keterlibatan mereka dengan pengikut mereka. Selanjutnya, mikro influencer menargetkan audiens yang lebih spesifik pada topik tertentu.

Macro Influencer 

Macro influencer adalah kategori influencer ketiga. Kelompok influencer dengan lebih dari 10.000 follower dapat disebut sebagai macro influencer. macro influencer biasanya adalah orang-orang terkenal yang memiliki banyak pengikut namun tidak setenar selebriti. Macro influencer memiliki banyak pengikut, yang memaksimalkan jumlah promosi atau pemasaran yang dapat dilakukan. Untuk membuat brand Anda tampil unik, Anda juga bisa memilih macro influencer sebagai brand ambassador. Seseorang dianggap sebagai macro influencer jika dia memiliki 100.000 follower. Macro influencer potensial menjangkau audiens yang besar dengan mempromosikan ke banyak follower mereka. Memanfaatkan macro influencer juga dapat membuat bisnis Anda terlihat eksklusiv.

Premium Influencer

Premium influencer adalah influencer paling populer yang memiliki jutaan follower. Jutaan orang sering followe premium influencer. Predikat premium influencer seringkali berlaku untuk selebriti ternama sebagai influencer. Rekomendasi premium influencer mungkin memiliki efek yang lebih kecil daripada rekomendasi dari influencer lain. Namun, Anda dapat mengiklankan barang atau jasa Anda kepada sekelompok orang yang lebih besar. Kenapa begitu? karena mereka memiliki follower yang lebih banyak daripada influencer premium ini. Meskipun mungkin tidak setinggi influencer lain, proporsi pembelian produk yang dipengaruhi oleh rekomendasi influencer premium masih positif. Jangkauan pesan yang luas dari premium influencer adalah penyebabnya. Namun, Anda harus mempertimbangkan anggaran dan kesesuaian produk Anda.

Jenis Influencer Berdasarkan Media Sosial

Blogger

Mengingat dominasu media sosial saat ini, blogger mungkin tidak sebanyak influencer di platform lain. Siapapun yang menjalankan atau memiliki blog disebut sebagai blogger. Blog ini biasanya berfungsi sebagai reviewer produk. Review atau rekomendasi suatu produk di blog kemungkinan akan mendorong pembaca untuk mencobanya. Blogger biasanya memiliki pengikut pembaca setia yang cukup besar. Pemilik atau pengelola blog disebut sebagai blogger. Banyak blogger yang mengevaluasi berbagai produk spesifik seperti produk kecantikan dalam bentuk ulasan produk. Dukungan seorang blogger terhadap suatu produk pasti akan membujuk pembaca untuk mencobanya. Pemasaran produk tidak diragukan lagi akan lebih sederhana dan lebih sukses jika blogger memiliki banyak pembaca setia.

Youtuber

Menjadi seorang YouTuber saat ini tentu saja bisa menjadi karir yang menggiurkan. Selanjutnya, YouTube, yang baru-baru ini menambahkan fungsi Shorts, membuatnya semakin populer. Youtuber adalah jenis influencer yang mengunggah video ke YouTube dengan informasi dalam bentuk ulasan produk, aktivitas sehari-hari, dan hal lainnya. YouTuber sekarang sangat penting. YouTube tampaknya digunakan oleh lebih dari 90% pengguna internet untuk mempelajari produk baru. Anda mungkin sudah mengetahui siapa influencer ini.

Ya itu benar. YouTuber adalah seseorang yang mengunggah video ke YouTube dengan informasi, khususnya informasi produk. YouTuber adalah pemain penting dalam pemasaran influencer produk. Alasannya karena YouTube adalah sumber utama dimana lebih dari 90% pengguna internet belajar tentang produk baru. Tentu, berkolaborasi dengan YouTuber dengan banyak pengikut meningkatkan peluang Anda untuk mendapatkan perhatian publik.

Selebgram

Selebgram adalah influencer Instagram, yang menggunakan platform Instagram untuk mempromosikan produk. Penggunaan selebgram saat ini sangat layak dilakukan di Indonesia karena Instagram memiliki 59 juta pengguna aktif dan itu menempati peringkat keempat negara di dunia. Menurut data, menggunakan selebgram untuk mempromosikan atau memasarkan barang atau jasa Anda bisa menjadi keputusan yang bijaksana. Selebriti Instagram adalah seorang publik figur yang menggunakan platform Instagram untuk iklan produk. Statistik menunjukkan bahwa popularitas selebgram dapat digunakan untuk mempromosikan suatu produk. Anda dapat menarik lebih banyak perhatian ke merek produk Anda dan serta layanannya. 

Penutup

Nah, sekarang Adna sudah tahu bahwa tidak semua influencer itu sama. Jadi jangan kaget kalau ada influencer yang tarif endorsenya sampai puluhan juta untuk 1x review. Alasannya karena ditentukan oleh jumlah follower masing-masing influencer dan jenis platform yang digunakan. 

 

Baca Juga