10 Strategi Jitu Membesarkan UKM Lewat Pemasaran Online

10 Strategi Jitu Membesarkan UKM Lewat Pemasaran Online

Wajar jika Anda memikirkan UKM, Anda pasti memikirkan istilah UMKM. Lantas, apa yang membedakan satu dengan yang lain? UKM adalah singkatan dari Usaha Kecil dan Menengah. Ungkapan ini biasa digunakan untuk menggambarkan jenis usaha kecil yang menghasilkan uang paling banyak, yaitu sekitar Rp. 200 juta, dan memiliki kurang dari 20 karyawan. UKM bukan merupakan anak perusahaan atau perusahaan cabang. Akibatnya, bisnis yang beroperasi secara independen tetapi diklasifikasikan sebagai usaha kecil dan menengah (UKM) kadang-kadang disebut demikian. Usaha kecil didefinisikan sebagai kegiatan ekonomi yang dilakukan dalam skala kecil oleh individu atau kelompok individu, dengan sebagian besar operasi bisnis termasuk dalam kategori ini.

Strategi Mengembangkan UKM

Anda bisa mencoba berbagai cara untuk menumbuhkan UKM, salah satunya dengan promosi. Keberhasilan perusahaan ini akan ditentukan oleh seberapa baik ia dipromosikan. Biaya yang akan Anda keluarkan nantinya untuk memperkenalkan produk Anda akan berdampak signifikan terhadap minat calon pelanggan terhadapnya. Manfaatkan peluang pemasaran offline dan online secara ekstensif untuk mempromosikan produk Anda. Untuk mencapai promosi yang efektif, lakukan langkah-langkah berikut:

1. Kenali Pesaing Anda

Menurut Keputusan Presiden Nomor 9 Tahun 1998, perusahaan kecil yang memerlukan perlindungan dianggap sebagai UKM. Mengetahui identitas dan keunggulan pesaing Anda akan menjadi informasi penting bagi perusahaan Anda sendiri. Selain itu, Anda harus orisinal dalam pekerjaan Anda dan menghindari meniru sifat atau tindakan orang lain.

2. Perluas Jaringan

Jika Anda mendirikan cabang atau waralaba, bisnis ini dapat berkembang. Pengusaha juga dapat menarik investor dan pendukung yang bersedia bergabung dan membantu bisnis Anda.

3. Tingkatkan Sumber Daya

Intinya, pemahaman tentang UKM ini dimulai dari perusahaan kecil. Anda harus mau mencoba hal baru dan tetap berpikiran terbuka jika ingin bisnis Anda berkembang. Pengembangan produk dan perekrutan sumber daya manusia yang berpengetahuan adalah dua cara untuk meningkatkan sumber daya.

4. Layanan Pelanggan yang Optimal

Selain terus-menerus berusaha memperluas pasar, sangat penting untuk mempertahankan pelanggan. Mempertahankan hubungan yang kuat dengan pelanggan dapat membantu bisnis Anda tumbuh dan menjadi lebih berkelanjutan.

Cara Membesarkan Brand Bisnis UKM

Kekuatan pendorong era sekarang di balik pertumbuhan bisnis adalah pemasaran online, juga dikenal sebagai pemasaran digital. Menggunakan metode ini secara signifikan dapat mempercepat pertumbuhan bisnis untuk semua orang dari usaha kecil dan menengah (UKM) hingga perusahaan besar. Perusahaan bergaya UKM sedikit berbeda dengan perusahaan besar, yang industrinya memiliki akar yang dalam. Mereka sering menghadapi pembatasan karena anggaran pemasaran yang kecil. UKM harus mengelola pengeluaran pemasarannya dengan bijak jika ingin mengakali pesaingnya. Jika tidak, akibatnya bisa fatal.

1. Optimalkan SEO Situs Web

SEO adalah landasan bisnis internet. Jika Anda memiliki SEO yang efektif, situs web Anda akan muncul di halaman pencarian utama ketika klien mencari hal-hal yang mereka butuhkan. Mulailah dengan melakukan riset kata kunci atau mencari istilah yang terkait dengan barang dan jasa Anda.

2. Bangun Blog

Salah satu taktik pemasaran yang paling umum adalah memulai sebuah blog. Selain dapat digunakan untuk menghasilkan lalu lintas yang konsisten dari SEO, ini juga dapat membantu meningkatkan reputasi pasar perusahaan Anda. Anda dapat menarik pembaca atau pelanggan jika konten blog Anda menarik dan menguntungkan Anda. Jika konsumen sudah terbiasa dan menyukai materi Anda, mereka cenderung lebih menyukai produk Anda.

3. Membangun Merek di Instagram

Termasuk UMKM, semua bisnis internet perlu menggunakan Instagram untuk membangun merek mereka. Anda dapat memposting produk dan layanan serta memperkenalkan bisnis Anda menggunakan media ini. Gunakan Instagram perusahaan daripada Instagram pribadi jika Anda ingin merek Anda menonjol di platform. Anda mungkin mendapatkan pemahaman yang lebih menyeluruh tentang apa yang terjadi dengan akun Instagram Anda dengan membuat profil bisnis.

4. Bergabung dengan Grup Facebook

Karena Anda hanya memiliki 5.000 teman, dan karena berbagai alasan lainnya, menggunakan Facebook pribadi untuk promosi tidak lagi efektif. Sebagai alternatif, Anda dapat menggunakan grup Facebook yang memungkinkan untuk promosi Facebook yang gratis dan efektif.
Saat mempromosikan produk di grup Facebook, misalnya, pastikan niche Anda selaras dengan komunitas. 

5. Buat Halaman Khusus Merek Anda

Saat menggunakan Facebook sebagai alat pemasaran, penting untuk memisahkan akun pribadi dan bisnis. Akibatnya, Anda harus membuat halaman penggemar atau halaman penggemar khusus perusahaan. Anda dapat melayani pelanggan yang tertarik dengan barang Anda dan mengarahkan mereka untuk mempelajari lebih lanjut tentang barang dan jasa Anda dengan membuat halaman penggemar Facebook.

6. Membuat Profil Google Bisnisku

Pengoptimalan pencarian lokal dengan Google Bisnisku (GMB) akan menguntungkan perusahaan Anda. Jika bisnis Anda memiliki lokasi fisik atau menyertakan konten lokal, Anda harus mendaftarkannya ke GMB. Sangat penting untuk mengoptimalkan toko online Anda untuk GMB, misalnya, jika lokasi utamanya tersebar di beberapa kota besar. Tujuannya adalah agar merek Anda muncul saat pelanggan lokal mencari solusi tertentu.

7. Bangun Saluran YouTube

Video adalah salah satu alat pencitraan merek paling efektif yang tersedia saat ini. YouTube adalah alat pemasaran online berikutnya yang harus Anda gunakan, jika kita berbicara tentang platform video.

8. Buat Profil Aktif di LinkedIn

Anda dapat memanfaatkan LinkedIn untuk mengembangkan merek Anda ketika produk atau layanan Anda adalah B2B (Business to Business). Tidak seperti platform media sosial lainnya, LinkedIn menghadirkan Anda sebagai seorang profesional. Oleh karena itu akan menghubungkan barang dan jasa Anda dengan pebisnis yang membutuhkannya. Saat mengembangkan profil LinkedIn Anda untuk pertama kalinya, jangan terlalu agresif. Karena dihuni oleh para profesional, platform ini secara signifikan mengurangi akun spam.

9. Promosikan Produk di Marketplace

Anda juga dapat memperluas audiens Anda dengan membuka toko online di marketplace ternama. Dengan memasarkan produk Anda di pasar, Anda dapat meningkatkan jumlah orang yang membelinya. Mendaftar untuk akun marketplace sangatlah mudah. Dengan masuk langsung ke marketplace, Anda sudah bisa membuat akun.

10. Aktif di Forum

Menggunakan forum yang relevan juga bisa menjadi strategi pemasaran yang efektif. Jika Anda tidak yakin, gunakan mesin pencari Google untuk menemukan halaman yang benar. Setelah itu, Anda dapat memilih forum mana yang aktif dan menguji berbagai kata kunci yang terkait dengan produk Anda. Anda juga bisa mengakses berbagai forum dari media jual beli ternama. seperti Detik, Kaskus, atau Kompas

Bisnis adalah salah satu cara untuk mendapatkan akses ke kekayaan yang relatif melimpah. Anda memiliki pilihan untuk melakukan bisnis dengan UKM. Usaha Kecil dan Menengah (UKM) adalah bisnis dengan fokus komersial yang kuat. Karena gajinya yang tinggi, banyak orang tertarik pada sektor bisnis. Selanjutnya, memulai bisnis adalah cara untuk mencapai kemandirian finansial. Fakta bahwa mayoritas orang kaya dunia adalah keturunan pengusaha menunjukkan hal ini. Namun, sebelum menjadi pebisnis sukses, kemungkinan besar Anda adalah salah satu dari sekian banyak pengusaha UKM atau orang yang memulai bisnisnya dari bawah.

Baca Juga