10 Strategi Sukses Menjalankan Pemasaran di Facebook

10 Strategi Sukses Menjalankan Pemasaran di Facebook

Pemasaran Facebook akan menjadi sangat penting jika Anda ingin merek Anda berhasil di media sosial. Setiap bulan, lebih dari 2,8 miliar pengguna menggunakan platform ini. Itu menunjukkan bahwa ada banyak pelanggan potensial melihat perusahaan Anda. Karena inilah fakta tentang Facebook, ini adalah tempat di mana pelanggan dapat terlibat dengan perusahaan dari semua level.

Sebenarnya, dua pertiga pengguna Facebook mengatakan bahwa mereka mengunjungi halaman Facebook perusahaan lokal setidaknya sekali setiap minggu. Jika kita boleh mengatakannya tanpa terlihat terlalu terang-terangan, ekonomi digital ini sedang membawa kabar positif. Dugaan Anda benar bahwa mereka mencari Anda. Tapi Anda tidak bisa hanya mengandalkan nasib baik jika Anda ingin menjangkau audiens ini. Jadi, adalah penting untuk memiliki strategi pemasaran Facebook yang ditargetkan. Berikut ini adalah semua informasi yang Anda butuhkan untuk mencapai sukses menjalankan pemasaran di Facebook. 

1. Buatlah Posting Foto di Facebook

Secara umum, posting foto menerima lebih banyak interaksi daripada posting teks. Gambar yang menarik adalah metode yang hebat untuk menarik perhatian calon konsumen yang menelusuri feed berita mereka atau ilustrasi atau infografis. Foto yang menunjukkan produk yang digunakan, terutama untuk bisnis yang berfokus pada produk, bisa sangat berguna. Anda butuh banyak gambar untuk menarik perhatian audiens. Bukan masalah jika Anda bukan fotografer profesional atau memiliki foto yang menantang. Ada banyak situs stok foto gratis yang bisa Anda gunakan. Sebelum Anda mulai mempublikasikan, pastikan Anda mengerti soal hak cipta gambar.

2. Buatlah Posting Video di Facebook

Ada lebih banyak orang terlibat dengan video daripada dengan foto. Video bisa sangat menarik, baik untuk video berisi pengumuman yang singkat dan lucu atau video panjang yang indah dengan narasi. Konsumen dapat dengan cepat membaca semua informasi di Facebook dan berkomentar, menanggapi, atau memposting ulang. Karena video diputar di umpan berita di Facebook, Anda hampir pasti akan menarik perhatian pemirsa. Ini adalah penyebaran yang sempurna. 

3. Posting video Live Facebook

Cobalah bereksperimen dengan Live jika video yang direkam sebelumnya meskipun itu tidak sesuai dengan keinginan Anda. Siaran langsung yang dipublikasikan langsung di halaman Facebook Anda dikenal sebagai video live Facebook. Bentuk media ini sangat disukai, pada musim semi 2020, penayangan Facebook Live naik 50%. Cara mudah untuk berinteraksi dengan follower adalah melalui video langsung. Video live bisa digunakan untuk sesi tanya jawab, dan banyak lagi.

4. Tetapkan Target di Facebook

Sasaran yang benar harus ditetapkan sebagai langkah pertama dalam kampanye pemasaran apa pun. Rencana ini akan menjadi tolok ukur penting untuk menilai efektivitas pendekatan pemasaran Facebook Anda. Tetapi sebelum Anda menetapkan tujuan, Anda harus melakukan riset untuk memastikan strategi Anda layak di platform. Oleh karena itu, hasil survei ini adalah tempat yang bagus untuk memulai jika Anda belum memiliki tujuan Facebook sendiri. Selain itu, jika bisnis Anda telah menetapkan tujuan yang luas, periksa untuk melihat apakah tujuan tersebut sesuai dengan rencana Anda sendiri untuk pemasaran Facebook.

5. Kenali Target Anda

Untuk memilih metode pemasaran Facebook mana yang akan digunakan dan bagaimana caranya, penting untuk memahami siapa yang menggunakan Facebook dan bagaimana mengklasifikasikan audiens Anda. Analisis mendalam tentang demografi media sosial oleh Sprout Social adalah tempat yang bagus untuk memulai jika Anda ingin mendapatkan gambaran kasar tentang siapa yang menggunakan platform dan bagaimana caranya. Kemudian, dengan memanfaatkan Facebook Page Insights atau program seperti Sprout, luangkan waktu untuk mengenal demografi audiens Facebook Anda.

6. Berinteraksi Secara Aktif dengan Audiens

Seperti platform media sosial lainnya, Facebook dirancang sebagai jaringan untuk interaksi, berwacana dan berbagi konten. Anda tidak dapat melupakan bahwa jaringan media sosial adalah inti dari sebuah merek. Itu menyiratkan bahwa terlibat dalam komunikasi dan dialog tidak boleh diabaikan. Jadilah komunitas untuk audiens Anda. Facebook adalah platform yang sangat baik untuk membangun obrolan dan diskusi tentang industri, baik yang melibatkan konsumen Anda atau dengan audiens yang berbeda. Dengan meminta orang untuk terlibat di Facebook sejak awal, Anda dapat mendorong lebih banyak aktivitas di sana. Namun, Anda tidak bisa hanya menunggu penggemar berinteraksi dengan Anda. Anda harus meningkatkan keterlibatan bahkan saat Anda tidak dapat menjangkau semua orang.

7. Buat Agenda Posting Facebook Anda

Setiap rencana media sosial harus mencakup pembuatan konten dan kurasi. Anda memiliki lebih banyak opsi untuk posting yang dapat Anda manfaatkan di Facebook. Ini termasuk pembaruan status, kiriman grup, dan cerita. Saat menilai strategi pemasaran Facebook yang paling efektif untuk Anda, penting juga untuk mempertimbangkan jenis materi tertentu yang diminati audiens Anda. 18% responden menyatakan mereka lebih suka gambar, sementara 30% mengatakan mereka ingin tautan ke halaman berisi informasi lebih lanjut. Sementara 17% responden, video menempati urutan ketiga. Anda memiliki alternatif gratis dan berbayar untuk menjadwalkan materi yang Anda inginkan.

8. Pilih Strategi Periklanan Facebook

Mungkin sulit untuk menghindari dorongan membayar iklan untuk meningkatkan visibilitas merek di Facebook, terlepas dari berapa lama Anda telah menggunakannya. Tempat terbaik untuk mulai mempelajari lebih lanjut tentang iklan Facebook adalah dengan mempelajari panduan mendalam tentang bagaimana mengembangkan rencana periklanan Facebook Anda. Namun, membangun follower yang berdedikasi dan dapat memperluas audiens Anda, itu membutuhkan waktu.

Anda harus bekerja keras untuk mendapatkan itu. Namun, ada cara untuk mencapainya sedikit lebih cepat, menggunakan iklan media sosial. Ada lebih dari empat juta pemasar secara khusus di Facebook, tetapi rasio klik tayang rata-rata hanya 9%. Iklan Facebook lebih mudah, tetapi tidak selalu sederhana. Brand Anda harus tetap dikembangkan dengan baik dan ditampilkan dengan sempurna dalam iklan.

9. Dukungan Tim 

Pendukung terbesar Anda adalah menjadi tim pekerja Anda. Menurut survei Sprout Brands Get Real, 72% konsumen mengatakan mereka merasa lebih dekat dengan sebuah perusahaan ketika para pekerjanya memposting konten tentangnya di media sosial. Karyawan memberikan merek seperti wajah manusia, yang membantu bisnis mereka berhubungan dengan pelanggan mereka secara lebih baik. Dengan adanya tim membuat bisnis Anda membangun hubungan emosional dengan para pelanggan yang pada akhirnya juga akan menguntungkan bisnis Anda. 

10. Monitoring

Bagian terakhir dari rencana Anda adalah memantau metrik yang Anda pilih selama kampanye berjalan dan mengevaluasi hasilnya. Ini menuntut Anda bagaimana mencari tahu ROI Anda. Jangan lupa untuk membandingkan diri Anda dengan pesaing juga. Untuk memastikan rencana pemasaran Facebook Anda berada di jalur yang benar, Anda bsia menggunakan tools seperti Sprout untuk membandingkan kinerja Anda secara langsung dengan rata-rata industri dan statistik pesaing.

Ada banyak metode agar perusahaan Anda bisa mencapai sukses menggunakan Facebook. Tetapi hal utama adalah bagaimana membuat konten yang menarik, mengetahui kapan waktu posting yang tepat, mengenali audiens Anda, melakukan pemantauan hingga mengukur keberhasilan kampanye Anda. 

Baca Juga