Growth Hacking Marketing Jalan Pintas Menuju Kesuksesan

Growth Hacking Marketing Jalan Pintas Menuju Kesuksesan

Bagaimana cara startup melakukan growth hack? Anda harus membaca artikel ini tentang strategi growth hacking jika Anda menjalankan start-up. Growth hack cocok untuk start up baru karena keterbatasan sumber daya manusia dan keuangan. Growth hack menjadi semakin populer, begitu juga halnya growth hacker yaitu orang yang menjalankan metode tersebut.

Growth hacker itu sendiri lebih dari sekadar pemasar online. Namun, mereka harus terbiasa dengan pemasaran, teknologi, data dan produk. Selain itu, seorang growth hacker harus memiliki pola pikir yang sangat khusus dan fokus pada pertumbuhan perusahaan yang berkelanjutan.

Apa Itu Growth Hacking?

Taktik pemasaran yang dikenal sebagai growth hack adalah salah satu metode yang sering digunakan oleh perusahaan pemula dengan tujuan untuk mempercepat pertumbuhan bisnis. Growth hack adalah istilah yang telah menjadi populer di kalangan pemula dalam beberapa tahun terakhir. Untuk bisnis start up yang baru memulai, strategi pemasaran cukup jitu.

Karena growth hacking tidak membutuhkan banyak biaya, namun dapat bekerja dengan baik dan cepat. Pengetahuan tentang growth hack menggabungkan teknologi, data, dan pemasaran. Teknik growth hack ini membutuhkan pengujian ekstensif tetapi pada akhirnya yang paling efektif dalam meningkatkan jumlah pelanggan.

Dengan menerapkan strategi ini, sebuah merek dapat menjadi kompetitif terhadap pesaing selain menumbuhkan basis pelanggannya. Rahasianya adalah mengandalkan data sehingga Anda dapat lebih mudah menganalisis pesaing. Strategi growth hacking adalah hal yang baru yang diperkenalkan pada tahun 2011. 

Keuntungan Teknik Growth Hack

Dengan sumber daya yang terbatas tetapi permintaan untuk hasil yang signifikan dengan cepat, perusahaan start up dan usaha kecil sering dikaitkan dengan growth hack. Pada dasarnya, setiap perusahaan yang ingin mempertahankan retensi pelanggan dan pertumbuhan bisnis dapat menggunakan konsep growth hack ini. Siapa saja dan bisnis apa pun dapat menggunakan strategi pemasaran ini. Pada dasarnya, Anda harus mengikuti prinsip efisiensi anggaran saat menjalankan bisnis.

1. Hemat Biaya

Manfaat utama growth hack adalah mengurangi pengeluaran untuk biaya promosi yang tidak berguna. Dengan menggunakan taktik ini, Anda dapat mengukur bentuk iklan dan promosi yang paling efektif untuk perusahaan Anda. Iklan yang tidak perlu dan hampir tidak mempengaruhi penjualan dapat dihapus. Anda bahkan mungkin tidak selalu membutuhkan iklan berbayar.

2. Mengembangkan Mental Bisnis

Memahami pentingnya pertumbuhan bisnis yang lebih visioner dimungkinkan dengan bantuan strategi growth hack. Anda akan terbiasa menggunakan pemikiran kritis dan inventif Anda untuk memajukan perusahaan. Anda akan proaktif dan siap untuk setiap perubahan jika Anda melakukan ini. Anda dapat dengan cepat mengubah strategi pemasaran Anda dan terus berkembang.

3. Meningkatkan Kualitas Produk

Anda dapat mengevaluasi keefektifan produk Anda bagi pelanggan dengan melakukan beberapa eksperimen. Apakah pelanggan puas dengan penawaran Anda? Apakah ada hal lain yang bisa Anda lakukan lebih baik? Anda dapat menggunakan umpan balik pelanggan untuk meningkatkan kualitas produk Anda. Pelanggan akan lebih menyukai produk Anda dan kualitasnya akan meningkat jika Anda melakukan ini.

Cara Menggunakan Teknik Growth Hack

Pendekatan ini biasanya digunakan oleh perusahaan start up dengan modal terbatas yang sedang dalam fase pertumbuhan bisnis. Tujuan dari strategi pemasaran ini adalah untuk menarik pelanggan sebanyak mungkin dengan jumlah uang yang paling sedikit. Intinya, semua model bisnis termasuk start up dan bisnis mapan, membutuhkan strategi seperti ini. Karena tidak dapat dipungkiri bahwa bisnis merupakan industri yang dinamis. Para pelaku bisnis harus selalu dapat berpikir kreatif, memecahkan masalah, dan menentukan cara terbaik untuk memajukan perusahaan mereka dalam menghadapi perubahan yang cepat ini.

1. Membuat Content Marketing

Salah satu taktik yang efektif dan tidak perlu mahal adalah menggunakan strategi content marketing. Growth hack adalah taktik yang tidak perlu menghabiskan banyak uang. Akibatnya, menggunakan content marketing akan menjadi tindakan terbaik. Selain itu, konten yang tepat dapat bertindak sebagai magnet utama untuk menarik prospek berkualitas tinggi.

2. Membangun Komunitas

Membangun komunitas adalah taktik growth hack penting lainnya. Dengan menciptakan komunitas ini, dapat berkontribusi untuk meningkatkan loyalitas dan kepercayaan pelanggan. Jika sebuah merek ingin dapat mengembangkan komunitas yang lebih kuat, media sosial dapat digunakan. Selain itu, media sosial dapat menjadi saluran yang efektif untuk mendorong keterlibatan pelanggan. Melalui media sosial, Anda dapat mencoba untuk lebih terlibat dengan pelanggan. Setelah itu, Anda juga dapat menawarkan konten yang menarik untuk meningkatkan keterlibatan.

3. Bekerja Sama dengan Influencer

Pemasaran influencer adalah taktik pemasaran berbeda yang cukup populer di kalangan merek. Menggunakan strategi pemasaran ini akan menghasilkan hasil yang positif juga. Ini karena audiens yang lebih besar akan dapat mengenali produk dengan lebih mudah. Sebelum bekerja dengan influencer, ada beberapa hal yang harus Anda pertimbangkan. Anda pasti dapat meningkatkan kesadaran produk dengan bekerja sama dengan influencer yang memiliki banyak pengikut. Namun, Anda juga harus memastikan bahwa pengikut influencer sesuai dengan target pasar untuk merek tersebut.

Strategi pemasaran yang disebut growth hacking menggabungkan pemasaran, data, dan teknologi. Seorang growth hacker akan menggunakan growth hacking untuk menemukan cara yang paling kreatif, efisien, dan cepat untuk sukses dengan sebuah start up. Rekayasa terbalik, pengujian A/B, SEO, email marketing, viral marketing dan content marketing adalah beberapa strategi yang digunakan oleh peretas pertumbuhan. Sepanjang proses, berbagai teknik digunakan secara independen. Namun, metode ini juga dapat diterapkan secara bersamaan.

Baca Juga