Guerilla Marketing Teknik Nyeleneh yang Justru Sering Viral

Guerilla Marketing Teknik Nyeleneh yang Justru Sering Viral

Teknik pemasaran modern seperti guerilla marketing atau disebut pemasaran gerilya memanfaatkan unsur kejutan. Tujuannya adalah untuk lebih menarik perhatian penonton. Setiap upaya promosi harus sangat kreatif jika kampanye guerilla marketing ingin berhasil. Ini cukup sulit. Namun, penonton sering terhibur dengan hasil ketika mereka melihat iklan penawaran produk yang ditampilkan. Banyak perusahaan saat ini menggunakan strategi pemasaran gerilya . Alasannya, teknik pemasaran ini memiliki anggaran yang rendah meski efektif. Mengapa demikian? Ini sebagai hasil dari peningkatan perhatian yang diberikan pada kreativitas, ide, waktu, dan energi yang terkait. Tidak memprioritaskan anggaran dulu.

Kenapa Memilih Pemasaran Gerilya

Selain itu, pemasaran gerilya menargetkan pelanggan daripada menarik calon pelanggan. Itu karena tujuan dari kampanye ini adalah untuk memperkuat hubungan pelanggan dengan merek atau produk. Dampaknya, pemasaran gerilya sering menjadi viral karena menargetkan pasar yang spesifik. Kmampanye dengan teknik ini menyebarkan pesan kreatif dari mulut ke mulut, sehingga potensial viral Ini menunjukkan efektifas taktik pemasaran ini.

1. Anggaran Rendah Biaya

Teknik pemasaran lain mungkin lebih mahal untuk dijalankan. Lain halnya dengan pemasaran gerilya. Anda masih dapat menarik perhatian audiens Anda secara efektif tanpa menghabiskan banyak uang untuk iklan.

2. Potensial Viral

Inisiatif pemasaran gerilya dikembangkan dengan modal kreativitas tinggi dan bahkan humor. Akibatnya, kampanye guerilla marketing memiliki peluang lebih besar untuk menjadi viral karena menarik perhatian audiens daripada gaya kampanye seperti biasanya.

3. Meninggalkan Kesan Mendalam

Pemasaran gerilya dapat membangkitkan emosi yang kuat pada audiens. Oleh karena itu, lebih efisien untuk menyebarkan berita tentang produk. Kedekatan perasaan ini biasanya akan mendorong pengembangan keterlibatan yang kuat.

4. Membangun Kerjasama

Pemasaran gerilya  memerlukan kerja sama dengan perusahaan atau produk lain. Jangkauan audiens kampanye dapat ditingkatkan lebih luas selain fakta bahwa anggaran yang lebih kecil dapat digunakan untuk melaksanakannya.

Prinsip Pemasaran Gerilya

Anda harus terlebih dahulu memahami dasar-dasarnya sebelum Anda dapat menerapkan pemasaran gerilya ke perusahaan Anda. Jadi, perhatikan panduan pemasaran gerilya berikut.

1. Membuat Kejutan

Pemasaran gerilya bekerja dengan cara membuat sesuatu yang mengejutkan audiens target. Bagaimana caranya? Dengan menggunakan pesan maupun bentuk yang unik. Tujuannya agar lebih mudah untuk menarik perhatian banyak audiens.

2. Kreatif dan Inovatif

Pemasaran gerilya berfokus pada imajinasi, ide kreatif, dan desain inovatif. Khalayak akan tertarik dengan pesan yang disampaikan jika ditampilkan iklan promosi yang baru dan unik. Tujuan utamanya adalah untuk menarik audiens untuk membeli produk atau melakukan apa yang mereka inginkan.

3. Insidentil

Kampanye seperti ini hanya memanfaatkan tema yang trending dan bukan untuk jangka panjang. Namun, sebaiknya tetap dilakukan dengan cara yang wajar. Pemasaran gerilya akan nampak sempurna jika mencapai hasil yang luar biasa dengan pengeluaran pemasaran yang kecil.

4. Gunakan Ide Kreatif

Kampanye pemasaran gerilya Anda harus mampu mengejutkan penonton dan menarik perhatian banyak orang. Jadi, harus menggunakan konsep orisinal yang belum pernah digunakan sebelumnya. Karena kampanye kehilangan efektivitasnya jika dijalankan berulang-ulang. Akibatnya, Anda perlu mengembangkan rencana pemasaran baru. Jangan lupa untuk menjadwalkan acara promosi yang akan datang. Tujuannya agar perhatian audiens bisa menjadi konversi.

5. Siapkan Call To Action

Kampanye pemasaran gerilya Anda harus berisi Call To Action jika Anda menginginkan hasil terbaik. Ada banyak pilihan. Anda dapat menjalankan kontes atau membagikan kupon untuk diskon. Sebagai alternatif, Anda dapat memberi mereka tautan ke formulir yang dapat diisi oleh pelanggan produk Anda.

6. Fokus pada Kelompok Kecil

Kampanye bisnis yang menargetkan kelompok yang lebih kecil dapat menjadi strategi pemasaran yang efektif. Karena Anda dapat mengembangkan hubungan yang lebih kuat dengan mereka. Akibatnya, dapat membentuk ikatan yang lebih kuat dengan pelanggan.

7. Buat Pesan yang Jelas dan Singkat

Pesan yang ingin Anda sampaikan adalah salah satu landasan kampanye pemasaran gerilya yang sukses. Pastikan pesan Anda jelas dan ringkas sebelum menyampaikannya kepada audiens Anda. Gunakan juga teknik komunikasi yang tepat agar lebih mudah mengajak penonton untuk beraksi.

Pemasaran gerilya membutuhkan lebih banyak upaya untuk menghasilkan sesuatu yang dapat menarik perhatian lebih banyak audiens. Ide original lebih banyak diperlukan daripada menggunakna teknik pemasaran lainnya. Ini karena pendekatan ini membutuhkan banyak imajinasi dan penemuan yang signifikan. Namun, tidak perlu khawatir. Jika Anda memiliki strategi pemasaran yang berkembang dengan baik dan wawasan yang memadai tentang target pasar Anda, Anda akan berhasil menerapkan metode promosi ini. Setiap jenis bisnis dapat menggunakan pemasaran gerilya. Apakah Anda bersedia menggunakan pemasaran gerilya di perusahaan Anda?

Baca Juga