Search Engine Marketing (SEM) Cara Pemasaran Iklan di Google

Search Engine Marketing (SEM) Cara Pemasaran Iklan di Google

Search Engine Marketing atau disingkat SEM adalah strategi pemasaran digital yang digunakan untuk meningkatkan kehadiran situs web di halaman hasil mesin pencari (SERP). JIka umumnya optimasi website merujuk pada kegiatan untuk meningkatkan visibilitas website pada pencarian organik yang disebut Search Engine Optimization atau disingkat SEO, sedangkan SEM mengacu pada iklan pencarian berbayar.

SEM sering dikenal sebagai pencarian berbayar atau Pay Per Click disingkat PPC. SEM adalah strategi yang sangat efisien untuk meningkatkan peringkat Anda di mesin pencari seperti Google dan menghasilkan lalu lintas yang berkualitas ke situs web Anda. Berinvestasi dalam SEM adalah metode hebat untuk meningkatkan brand awareness dan penjualan. SEM adalah teknik pemasaran digital yang bertujuan untuk menempatkan website perusahaan Anda di halaman pertama pada hasil pencarian mesin pencari seperti Google.

Tujuannya adalah untuk mendatangkan lebih banyak lalu lintas ke situs Anda dan menghasilkan konversi. SEM mencakup semua alat mulai dari pendekatan dan strategi yang digunakan untuk meningkatkan visibilitas situs web pada halaman web di mesin pencari seperti Google dan lainnya.

Mengapa SEM itu Penting?

Dengan meningkatnya jumlah orang yang melakukan pembelian produk secara online, maka SEM telah muncul sebagai metode pemasaran online yang penting untuk memperluas jangkauan perusahaan. Tidak diragukan lagi ini adalah metode tercepat untuk mengarahkan pengunjung ke situs web. Faktanya, sebagian besar pengunjung baru ke situs web menemukannya melalui permintaan pada mesin pencari.

Pengiklan hanya membayar untuk tayangan yang menghasilkan pengunjung dalam SEM, menjadikannya cara yang efisien bagi perusahaan untuk menghabiskan anggaran pemasarannya. Selain itu, setiap pengunjung yang masuk ke dalam web dapat meningkatkan peringkat situs web pada hasil pencarian organik. Jika dibandingkan dengan situs lain seperti media sosial, di mana pengguna tidak secara eksplisit mencari sesuatu.

Sedangkan pada SEM, pelanggan yang memasukkan permintaan pencarian dengan tujuan menemukan informasi komersial, memiliki tujuan untuk melakukan pembelian. Iklan PPC berbeda dengan sebagian besar iklan digital dimana iklan ini tidak mengganggu siapapun. Iklan hanya muncul jika seseorang mengetik suatu kata kunci ketika menggunakan mesin pencari seperti Google. 

Faktor-faktor dalam SEM

1. Keyword

Keyword atau kata kunci adalah istilah pad akata yang dimasukkan pengguna ke mesin pencari untuk meminta tampilan iklan atau hasil pencarian tertentu. Misalnya jika bisnis Anda adalah toko sepatu lalu pengguna mengetik keyword "toko sepatu" maka iklan Anda memiliki peluang untuk muncul pada hasil pencarian.

2. Jenis Keyword

Saat membuat kampanye di Google Ads, Anda harus menentukan tingkat kesesuaian antara kata kunci yang Anda pilih dengan istilah yang digunakan individu saat memasukkan kueri penelusuran ke mesin telusur. Ini merupakan penyesuaian. Jika Anda memilih pencocokan luas, misalnya, iklan akan muncul saat pengguna menelusuri sinonim atau istilah yang mirip dengan kata kunci. Jika Anda memilih pencocokan tepat, iklan hanya akan muncul ketika pengguna memasukkan kata kunci tertentu ke dalam mesin pencari.

3. Iklan Teks

Ini adalah jenis iklan yang paling umum ditampilkan di mesin pencari, sementara sekarang ada opsi lain yang tersedia, seperti iklan belanja. Iklan teks biasanya terdiri dari judul, URL yang terlihat yang dapat diubah, dan penjelasan singkat. 

4. Grup Iklan

Di Google Ads, grup iklan adalah kumpulan iklan yang menggunakan kata kunci yang sama. Ini memungkinkan Anda untuk menentukan mana yang paling sukses.

5. Kampanye

Kampanye di Google Ads dianalogikan dengan "payung" yang mengatur berbagai grup iklan dengan sasaran serupa. Misalnya, jika Anda menjual perlengkapan sekolah secara online, satu kampanye dapat menyertakan grup iklan untuk buku teks, kampanye lainnya untuk ransel, dan kampanye ketiga untuk alat menggambar.

6. Landing Page

Landing page adalah halaman web tempat pengguna diarahkan setelah mengklik iklan. Halaman ini harus dioptimalkan untuk konversi dan mendorong orang untuk melakukan tindakan tertentu untuk mendapatkan hasil seperti mengisi formulir, untuk mengunduh ebook, dan sebagainya. Untuk menciptakan pengalaman pengguna yang baik, kata kunci, iklan yang ditampilkan semuanya harus sinkron dengan landing page .

7. Search Network

Ini adalah tempat iklan Anda akan muncul. Penempatan yang paling umum adalah di bagian atas dan kanan halaman hasil, meskipun mereka juga dapat ditampilkan di situs web lain seperti YouTube.

8. Quality Score

Quality Score atau disingkat QS adalah peringkat yang diberikan Google untuk iklan dan kata kunci. Ini akan menentukan biaya per klik Anda. Relevansi iklan, persentase klik yang diperoleh, dan pengalaman halaman arahan semuanya berkontribusi pada skor ini. Tujuan metode ini adalah agar iklan dengan kualitas lebih tinggi mendapat peringkat lebih tinggi dan memiliki biaya per klik yang lebih rendah.

Apa Manfaat SEM?

Menghasilkan Lalu Lintas Berkualitas

Pembuatan lalu lintas organik dapat menjadi kegiatan yang memakan waktu dan padat karya dengan hasil jangka panjang. Pemasaran mesin pencari memungkinkan Anda untuk mempercepat proses ini dan menarik konsumen ke situs web Anda segera. Selain itu, karena mereka telah mencarinya, Anda dapat yakin bahwa pengguna ini tertarik dengan apa yang Anda tawarkan.

Meningkatkan Visibilitas

Muncul di hasil teratas Google dan mesin telusur lainnya mengikat merek Anda dengan permintaan tertentu, bahkan jika pengunjung tidak mengeklik saat pertama kali melihatnya.

Konversi

Tujuan utama Google Ads dan alat pemasaran mesin telusur lainnya adalah untuk meningkatkan hasil bagi sebuah bisnis. Untuk mencapai ini, Anda perlu merancang landing page yang dioptimalkan yang mengarahkan konsumen ke konversi.

Memaksimalkan Anggaran

Salah satu keuntungan paling signifikan dari SEM adalah solusi hemat biaya untuk bisnis dari semua ukuran. Jika bisnis Anda berkembang, Anda dapat meningkatkan investasi dan kompleksitas upaya Anda untuk mempertahankan momentum. Selain itu, karena Anda hanya membayar jika Anda mendapatkan hasil dalam bentuk klik, Anda dapat yakin bahwa anggaran Anda digunakan dengan tepat. 

Hasil yang Terukur

Google Ads dan solusi pemasaran mesin telusur lainnya menyediakan banyak metrik pada kampanye dan memberi Anda informasi setiap saat. Ini membuatnya sangat mudah untuk mengubah arah jika perlu dan mencapai hasil yang lebih baik.

  • Impresi, berapa kali iklan ditampilkan.
  • Klik, berapa kali iklan diklik
  • RKT adalah persentase klik pada total tayangan
  • BPK adalah singkatan dari biaya per klik

Kesimpulan

SEM memiliki kemampuan untuk membantu bisnis mencapai tujuan secara tepat waktu dan terukur. Adalah baik untuk memiliki spesialis SEM yang memiliki keahlian dan pengalaman dalam menempatkan perusahaan di Google untuk memanfaatkannya secara maksimal. .

Baca Juga