Makna Dan Contoh Ucapan Idul Adha Unik

Makna Dan Contoh Ucapan Idul Adha Unik

Tidak terasa, perayaan Hari Raya Qurban semakin dekat dan banyak orang mencari ucapan Idul Adha. Umat Islam di seluruh dunia akan kembali berkumpul untuk merayakan Hari Raya dan pelaksanaan Shalat Ied. Tidak lupa, dilakukan pula prosesi pemotongan hewan kurban. 

Perayaan Idul Adha sendiri dilaksanakan pada setiap tanggal 10 Dzulhijjah. Semua umat muslim, tentulah menyambut hari istimewa ini dengan sangat antusias dan penuh rasa syukur. Seringkali, perayaan ini juga disertai dengan berbagai ucapan Hari Raya Idul Adha.

Adapun perayaan Idul Adha ini, sepertinya terasa kurang lengkap bila tanpa disertai ucapan Idul Adha. Ucapan ini seringkali dikirimkan pada anggota keluarga, sanak saudara, teman, hingga para kerabat.

Makna Mengirim Ucapan Idul Adha 

Salah satu hal yang menjadi tradisi dalam setiap perayaan Idul Adha, yakni masyarakat yang saling mengirimkan ucapan Selamat Hari Raya Idul Adha. 

Berdasarkan pernyataan Sekretaris Komisi Fatwa MUI Miftahul Huda, beliau mengatakan bahwa ucapan selamat atau tahniah pada dasarnya punya banyak makna. Salah satunya ialah berisi atas doa yang disampaikan kepada penerima ucapan. 

Ucapan ini, bisa disampaikan untuk berbagai momentum, tak terkecuali Hari Raya Idul Adha. Pengucapannya merupakan suatu bentuk tahadduts bin ni’mah yang merupakan ekspresi berbagi kebahagiaan. 

Sebenarnya, ini juga tidaklah termasuk ke dalam ibadah mahdlah maupun ibadah. Melakukannya tidaklah menjadi ketentuan syarat dan rukun yang ditetapkan berdasarkan dalil keagamaan. 

Meski mengucapkannya tidaklah termasuk ibadah mahdlah, tetapi ucapan Selamat Idul Adha ini adalah sebuah sunnah dan sangat dianjurkan. Selain itu, tidak ada ketentuan khusus terkait isi atau kalimat yang dipakai sebagai ucapan Selamat Hari Raya Idul Adha. 

Akan tetapi, ucapan Selamat Hari Raya Idul Adha ini selayaknya harus disampaikan menggunakan bahasa yang sopan serta mudah dipahami oleh penerimanya. Atau bisa dibilang, ucapan ini merupakan ibadah yang berdimensi sosial. 

Contoh Ucapan Idul Adha Simpel Penuh Makna

Melihat penjelasan ucapan Hari Raya Qurban di atas, maka Anda bisa membuat ucapan yang baik dan penuh makna. Sebagai referensi, contoh-contoh Ucapan Idul Adha di bawah ini bisa Anda gunakan.

  1. Hari Raya Idul Adha yang penuh berkah ini, selayaknya kita senantiasa memperbaiki diri dengan mengucapkan Selamat Idul Adha 1443 H. Semoga kita semua senantiasa selalu diampuni Allah SWT dan berada di bawah perlindungannya.
  2. Selamat hari raya Idul Adha, mari ikhlaskan segala yang kita miliki kembali pada Allah SWT.  Sebagaimana Nabi Ibrahim yang bersedia untuk menyembelih Nabi Ismail.
  3. Jadikanlah ibadah Qurban tahun ini sebagai simbol kecintaan kita kepada Allah SWT dan Selamat merayakan Hari Raya Idul Adha Tahun 1443 H.
  4. Selamat merayakan Idul Adha, semoga Allah SWT senantiasa menyelimuti hati kita agar penuh dengan keimanan dan ketakwaan pada-Nya. Semoga hidup kita senantiasa mendapat limpahan keberkahan.
  5. Mari kita sambut hari yang istimewa ini dengan hati yang penuh sukacita. Semoga Allah SWT senantiasa berikan kenikmatan pada kita semua. Selamat Hari Raya Idul Adha.
  6. Setiap helai bulu dari hewan Qurban yang disembelih hari ini akan menjadi sebuah kebaikan. Maka, turut sebarkanlah kebaikan tersebut pada hari yang suci Idul Adha 1443 H.
  7. Gema takbir sudah berkumandang, Hari raya Idul Adha telah datang. Semoga kita senantiasa menjadi hamba-Nya yang memperoleh ampunan dan berkah dari Allah SWT di Hari Raya Idul Adha ini. Taqabballahu minna wa minkum.
  8. Allahu Akbar, Allahu Akbar wa Lillahil hamd. Selamat Hari Raya Idul Adha tahun 1443 H dan semoga kita semua masih bisa dipertemukan dengan Idul Adha di tahun-tahun berikutnya.
  9. Selamat merayakan Idul Adha 1442 H, semoga kebaikan selalu menyertai kita dari jalan yang tak pernah kita duga. Amiin.
  10. Selamat menyambut Hari Raya Idul Adha 1443 H, semoga kita semua dimampukan untuk bisa berbagi kebaikan lewat berkurban.
  11. Selamat hari raya Idul Adha, semoga kebahagian hari ini senantiasa bisa kita rasakan setiap harinya. Dan semoga kita semua selalu mempunya kesempatan untuk dapat merayakan Idul Adha di tahun-tahun mendatang.
  12. Selamat Idul Adha Tahun 1443 H. Berkurbanlah jika mampu, berhaji lah jika sanggup, berbuat baiklah selalu, dan semoga Allah SWT selalu meridhoi setiap langkah kita.
  13. Sa’i adalah harapan. Dan putaran thawaf adalah cermin penghambaan. Wukuf merupakan wujud ketundukan, serta lemparan jumrah adalah perjuangan. Selamat merayakan Hari Raya Qurban 2022.
  14. Meskipun tak seindah dzikir subuh, tetapi izinkan lah saya mendoakan agar hidup kita semua selalu dipenuhi keberkahan dari Allah SWT setiap harinya. Selamat Idul Adha. Taqabballahu minna wa minkum.
  15. Pengorbanan yang ikhlas merupakan tanda cinta. Semoga kita semua bisa memberikan tanda cinta kita pada Allah SWT, seperti pengorbanan yang dilakukan Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail. 
  16. Semoga kita semua diberikan anugerah kesholehan Nabi Ibrahim. Ketaatan Nabi Ismail. Serta keikhlasan Siti Hajar. Selamat Idul Adha 1443 H, mohon maaf atas kesalahan dan semoga kita semua mendapat berkah di hari besar umat Islam ini. 
  17. Selamat hari raya Idul Adha dan semoga Allah SWT menerima ibadah Qurban kita dan seluruh umat muslim yang ada di dunia.

Inilah beberapa contoh Ucapan Idul Adha yang simpel penuh makna dan bisa Anda gunakan. Mengingat sekarang ini kata-kata ucapan pun bisa diberikan hanya dengan menuliskan caption di media sosial.

Tak heran, bila banyak orang mencari frame atau latar belakang gambar untuk menuliskan caption seputar ucapan ini. Rajaframe.com merupakan tempat untuk Anda yang tengah mencari berbagai frame unik dan menarik. 

Baca Juga