Apa Itu Landing Page dan Manfaatnya Bagi Pemasaran?

Apa Itu Landing Page dan Manfaatnya Bagi Pemasaran?

Landing page mungkin menjadi jawaban jika Anda masih kesulitan membuat rencana pemasaran yang efisien. Hanya dengan situs web toko online, landing page dapat meningkatkan pendapatan Anda. Sebagai pemilik bisnis online, Anda harus merancang landing page yang sukses untuk situs web Anda. Karena halaman ini dapat digunakan dalam kampanye pemasaran online untuk menarik klien baru dan pengunjung situs web.

Definisi Landing Page

Landing page adalah halaman penawaran atau halaman khusus produk yaitu halaman web yang secara khusus dibuat untuk mengarahkan pengguna melakukan sesuatu. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa landing page adalah halaman unik yang berisi informasi yang lebih spesifik dan mendalam tentang barang, jasa, penawaran, dll. Landing page adalah halaman yang didedikasikan untuk tujuan pemasaran.

Biasanya Anda dapat melihat tata letak halaman situs web, jika itu adalah halaman pertama yang dilihat pengunjung maka itu berfungsi sebagai landing page. Meskipun berada di situs web yang sama, landing page sebenarnya dibuat secara terpisah untuk menjaga fokus pengguna pada tujuan utama landing page.

Landing page adalah halaman web statis yang dirancang untuk menghasilkan arahan dengan mendorong pengunjung atau pelanggan untuk mengambil tindakan tertentu. Halaman ini mungkin merupakan bagian integral dari situs web atau mungkin halaman terpisah dengan tautan ke halaman beranda. Bergantung pada jenis bisnisnya, fokus landing page dapat berubah.

Manfaat Landing Page

Halaman web independen yang disebut landing page digunakan untuk membujuk pengunjung situs untuk melakukan tindakan yang diinginkan. Misalnya, mereka mungkin diminta untuk melakukan pembelian produk atau memberikan informasi kontak mereka. Pembuatan landing page sangat penting bagi pemilik bisnis karena dapat meningkatkan konversi dan penjualan.

Landing page adalah sesuatu yang harus dipertimbangkan untuk bisnis yang mengandalkan pemasaran digital. Alasannya adalah bisnis dengan 10-15 landing page di situs web mereka maka prospek dapat meningkat hingga 55%. Perusahaan yang memiliki lebih dari 40 landing page mengalami peningkatan hingga 120 persen dalam hal prospek.

Perbedaan Homepage dan Landing Page

Halaman homepage dan landing page jelas berbeda dalam hal tujuan penggunaannya. Landing page melayani satu tujuan, biasanya hanya ada satu sasaran sehingga biasanya hanya ada satu tautan atau tombol di dalam landing page. Jelas apa yang membedakan homepage dengan landing page karena yang hmoepage bisa memiliki 43 tautan atau tombol sedangkan landing page hanya memiliki satu tombol. Selain itu, telah ditemukan data bahwa sedikit tautan pada halaman web dapat meningkatkan konversi karena menyebabkan lebih sedikit gangguan. Itulah beberapa penjelasan untuk selalu menggunakan Landing Page saat melakukan iklan berbayar.

Tips Membuat Landing Page

Menurut justifikasi yang diberikan, jika landing page adalah halaman yang berhubungan dengan pemasaran, Anda harus membuatnya seefektif mungkin untuk menarik minat pelanggan dalam menanggapi CTA (Call To Action) yang Anda kembangkan. 

1. Buatlah Judul yang Ringkas, Jelas dan Ringkas

Jika Anda menulis judul yang ringkas, padat, jelas dan menarik maka itu akan menjadi kunci menuju landing page Anda. Maka Anda bisa mengatakan bahwa landing page Anda tidak gagal jika judulnya tidak menarik, karena hanya sedikit pengunjung yang akan membaca judul di landing page yang Anda buat sebelum pergi. Ini mengarah pada kesimpulan bahwa judul sangat penting. Jika judul kurang menarik maka pengunjung akan meninggalkan landing page Anda lebih cepat tanpa melakuan tindakan.

2. Jelaskan Setiap Poin Secara Rinci

Penjelasan setiap poin sangat penting karena menjelaskan apa yang ingin Anda tawarkan kepada pelanggan Anda. Di landing page, Anda dapat menjelaskan atau mendeskripsikan setiap titik subjudul atau gambar. Tentu saja, deskripsi harus ditulis dengan jelas, singkat, dan padat. 

Kesimpulan

Halaman tambahan di situs web perusahaan yang disebut landing page digunakan untuk meningkatkan tingkat konversi. Landing page adalah halaman dengan tujuan tertentu di situs web yang mendorong pengguna untuk berkonsentrasi pada satu produk dan melakukan transaksi cepat di sana. Selain itu, landing page mendorong pengunjung untuk melakukan tindakan tertentu seperti melakukan pembelian, melengkapi formulir, atau membaca konten. 

Baca Juga