Manfaat Membangun Brand Awareness Bagi Perusahaan

Manfaat Membangun Brand Awareness Bagi Perusahaan

Brand awareness lebih dikenal sebagai kesadaran merek dalam bahasa Indonesia. Kemampuan konsumen untuk langsung mengenali dan mengingat suatu merek hanya dengan melihat sesuatu, baik itu warna, logo, gambar, atau hal lain yang menggambarkan identitas suatu merek, dikenal sebagai brand awareness. Brand awareness mengacu pada keakraban dan kemampuan pelanggan untuk mengenali merek tertentu.

Sederhananya, brand awareness adalah istilah yang mengacu pada seberapa baik konsumen menyadari merek tertentu. Karena akan menjadi penentu utama perilaku konsumen dalam mengambil keputusan untuk melakukan pembelian, maka kemampuan konsumen untuk mengenali dan mengingat suatu merek perlu dikembangkan dan dipelajari. Brand awareness umumnya menunjukkan seberapa baik konsumen dapat mengidentifikasi perusahaan atau barang yang Anda jual.

Cara mereka bereaksi setiap kali mereka melihat produk Anda akan mengungkapkan hal ini. Jika mereka mengabaikannya, itu mungkin menunjukkan bahwa masih sedikitnya kesadaran konsumen terhadap merek perusahaan Anda. Membangun brand awareness adalah strategi pemasaran yang ideal, terutama pada tahap awal membangun sebuah perusahaan.

Kenapa Brand Awareness itu Penting?

Produk mana yang akan Anda pilih saat ingin melakukan pembelian? Produk dari merek terkenal atau yang tidak dikenal? Biasanya, Anda pasti akan memilih produk yang Anda kenal. Ini mungkin terjadi karena Anda pernah melihat atau menggunakan merek produk ini sebelumnya. Ini adalah salah satu contoh perusahaan yang berhasil meningkatkan brand awareness sehingga Anda dapat dengan mudah mengidentifikasi merek tersebut.

Biasanya, perusahaan akan melakukan segala upaya untuk menonjol bagi pelanggan potensial. mulai dari menjalankan iklan, mendorong merchandise di media sosial, dan masih banyak lagi. Ini adalah beberapa strategi untuk meningkatkan kesadaran merek. Sebuah perusahaan dapat dengan cepat dikenal oleh banyak orang jika memiliki brand awareness yang kuat.

Ketika konsumen akrab dengan suatu merek, mereka lebih cenderung memilih merek itu daripada merek yang tidak dikenalnya saat melakukan pembelian. Selain itu, kepercayaan mereka mungkin terpengaruh ketika produk merek tersebut berkualitas tinggi. Selain menumbuhkan loyalitas pelanggan, kesadaran merek dapat menciptakan sejumlah peluang, seperti menarik klien baru dan mempertahankan yang sudah ada dengan membuat mereka sadar dan berkomitmen terhadap merek.

Manfaat Brand Awareness

Perusahaan akan menerima tanggapan dan umpan balik positif dengan mempraktikkan strategi branding dan meningkatkan kesadaran merek atau awareness terhadap merek produk tertentu. Perspektif dan opini positif dapat diubah dan didorong oleh branding yang efektif, yang pada akhirnya memperluas target pasar.

1. Menarik Pelanggan Baru

Sebuah merek dapat menarik lebih banyak pelanggan baru jika dapat membuat kesan positif dan bertahan lama. Apalagi jika barang bermerek Anda berkualitas tinggi dan mampu memenuhi permintaan konsumen. Ingatlah pepatah pemasaran bahwa satu pelanggan yang senang akan merujuk sepuluh temannya untuk membeli produk dari perusahaan yang sama. Iklan dari mulut ke mulut seperti itu masih efektif sampai sekarang.

2. Meningkatkan Harga Jual

Kesadaran merek akan meningkat dengan branding yang kuat. Seharusnya tidak mengherankan bahwa bahkan jika Anda menaikkan harga suatu hari nanti, pelanggan akan terus membeli barang Anda jika kenaikan tersebut disertai dengan kualitas produk yang sangat baik dan layanan pendukung lainnya. Ada banyak cara untuk meningkatkan nilai jual ini, seperti dengan menggunakan kemasan khas, penjualan bundling, atau meningkatkan jumlah dukungan ulasan positif dari klien setia yang senang dengan barang dan layanan yang Anda berikan.

3. Meningkatkan Kepercayan Pelanggan

Penggunaan teknik branding yang tepat dan profesional tentunya dapat meningkatkan tingkat kepercayaan yang diterima baik dari investor maupun konsumen. Karena itu, tekankan keahlian Anda di bidang tertentu saat membuat dan membangun merek Anda.

Tujuan Brand Awareness

Tentu saja, tujuan utama dari brand awareness adalah untuk menumbuhkan loyalitas pelanggan yang lebih besar. Saat melihat pengendara ojek yang memakai jaket dan helm hijau, seperti pada contoh pembuka artikel, pikiran Anda akan langsung tertuju pada dua merek ojek online beserta fitur dan layanannya masing-masing. Wajar saja, saat membeli air mineral, Anda teringat satu atau dua merek air mineral yang namanya sudah mendarah daging di ingatan Anda.

Cara Meningkatkan Brand Awareness

Untuk meningkatkan kesadaran konsumen akan barang dan jasa mereka, serta menciptakan strategi untuk promosi, penjualan, dan bahkan pengembangan bisnis secara umum, pemilik merek harus meneliti perilaku konsumen. Dimungkinkan untuk membuat kesan abadi selama proses branding untuk membangun identitas merek, baik melalui pengembangan nama produk, warna khas, atau logo asli.

Namun, langkah yang paling penting adalah mempertahankan tingkat kualitas dan layanan yang sama. Kesadaran konsumen akan merek Anda akan meningkat saat Anda membangun citra merek yang lebih kuat. Bahkan, jika loyalitas mereka tumbuh, mereka mungkin secara sukarela mulai bertindak sebagai saluran promosi untuk produk Anda. Sebagai pemilik merek, Anda harus membangun citra positif dan kuat di benak publik yang dapat dikembangkan bisnis

untuk membantu proses identifikasi dengan cepat. Barang dan jasa Anda akan membedakan Anda dari pesaing dengan melakukan hal ini. Membangun hubungan yang kuat dan tahan lama dengan pelanggan membantu meningkatkan brand awareness. Strategi brand awareness Anda harus difokuskan sehingga penawaran Anda memenuhi kebutuhannya dengan sedikit usaha di pihaknya.

 

Baca Juga