Pemburu Beasiswa Merenda Masa Depan Cerah

Pemburu Beasiswa Merenda Masa Depan Cerah

Anda tentu tahu apa itu beasiswa. Ya, baik di sekolah menengah atau perguruan tinggi, siswa terus mencari beasiswa. Pada kenyataannya, tidak jarang orang yang telah menyelesaikan studi sarjananya mencari beasiswa untuk melanjutkan pendidikannya. Kami akan membahas semua detail beasiswa mulai dari pengertian beasiswa, manfaat, jenis, dan contohnya. Beasiswa adalah tunjangan yang diberikan kepada pelajar atau mahasiswa sebagai bantuan biaya studi, menurut KBBI atau Kamus Besar Bahasa Indonesia yang dikeluarkan oleh pemerintah melalui Badan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Dari uraian tersebut dapat diketahui bahwa beasiswa yang diberikan di atas merupakan dukungan finansial yang diberikan kepada seorang mahasiswa agar mereka dapat mengikuti kegiatan pendidikan dengan biaya yang lebih murah.

Manfaat Beasiswa

Jumlah beasiswa yang diberikan kepada penerima manfaat bervariasi karena sifat bantuannya, mereka dapat ditawarkan dalam bentuk beasiswa penuh atau sebagian, bantuan keuangan untuk fasilitas pembelajaran tertentu, atau keduanya.

Manfaat Beasiswa bagi Penerima

Memperoleh beasiswa tentunya memiliki beberapa keuntungan,

Keringanan Biaya Pendidikan

Tentunya luar biasa jika tidak perlu khawatir lagi dengan biaya sekolah atau kuliah. Cukup menjaga perhatian Anda sepenuhnya pada proses belajar Anda. Dengan demikian tentu juga sebaiknya harus diimbangi dengan prestasi.

Portofolio

Biasanya, calon penerima beasiswa harus melewati serangkaian ujian dan proses seleksi yang juga diselesaikan oleh ratusan bahkan ribuan pelamar lainnya. Jika Anda berhasil dalam pemilihan, Anda harus merasa senang dengan diri sendiri. Beasiswa bisa dicantumkan dalam portofolio jika memang itu pencapaian luar biasa.

Mendapatkan Teman

Acara yang mempertemukan para penerima beasiswa biasanya rutin diselenggarakan oleh para donatur beasiswa. Di acara seperti ini, ada banyak kesempatan untuk mendapatkan teman baru dan mengembangkan hubungan baru. Anda dapat membahas kemungkinan yang akan datang, kemitraan penelitian, dan bahkan jalur karir yang potensial. Alasannya karena para penerima beasiswa bukanlah orang biasa.

Manfaat Beasiswa untuk Pemberi

Ternyata menawarkan beasiswa memiliki tujuan dan keuntungan yang sangat baik dari sudut pandang pemberi beasiswa. Berikut adalah beberapa penjelasan tentang mengapa beasiswa itu ada.

Meningkatkan SDM

Beasiswa yang disponsori pemerintah khususnya dirancang untuk meningkatkan minat masyarakat terhadap pendidikan tinggi. Sudah menjadi rahasia umum bahwa tidak semua orang mampu membayar kenaikan biaya sekolah dan kuliah setiap tahun. Akibatnya, banyak beasiswa pemerintah yang ditawarkan, termasuk Bidik Misi dan LPDP. Diharapkan semakin banyak orang yang berpendidikan tinggi suatu hari nanti terbukti menjadi aset yang berguna bagi pembangunan bangsa. Serupa dengan ini, beasiswa yang ditawarkan oleh bisnis atau organisasi kepada anggota stafnya dimaksudkan untuk meningkatkan kualitas sumber daya tersebut.

Menjaring Bakat Baru

Beberapa bisnis memberikan beasiswa dengan syarat penerima beasiswa bekerja untuk mereka setelah lulus. Perusahaan kemudian dapat segera merekrut bakat yang baik dengan cara ini. 

Bagian dari Promosi dan Branding

Banyak korporasi memberikan beasiswa dengan tujuan untuk mempromosikan diri. Sebuah perusahaan akan meningkat kredibiltasnya di mata masyarakat jika memberi kepada masyarakat dengan menawarkan beasiswa, sehingga mendorong lebih banyak orang untuk menggunakan produknya. 

Jenis Beasiswa

Mengetahui berbagai jenis beasiswa diperlukan setelah memahami manfaatnya.

  1. Beasiswa penuh yang tersedia, yang mencakup semua biaya mulai dari penerimaan hingga kelulusan. Tergantung pada penyedia beasiswa, dana yang diberikan juga dapat menutupi biaya hidup.
  2. Beasiswa parsial, atau mereka yang hanya mendanai sebagian. Penerima beasiswa tetap harus membayar biaya tambahan.

Komunitas Beasiswa

Masih bisa diperdebatkan apakah mengajukan beasiswa adalah proses yang cepat dan mudah karena ada banyak persyaratan yang harus dipenuhi untuk mendaftar ke universitas yang Anda inginkan. Untuk memastikan bahwa prosedur persiapan beasiswa selesai tepat waktu, Anda dapat bergabung dengan sekelompok orang yang akan saling mengingatkan dan menyemangati selama proses pengajuan aplikasi beasiswa. Ada banyak komunitas beasiswa untuk menyediakan informasi bagi pencari beasiswa lainnya, yang mungkin membuat proses pengajuan beasiswa menjadi lebih mudah.

Manfaat Bergabung Dengan Komunitas Beasiswa

Berikut adalah beberapa manfaat bergabung dengan komunitas beasiswa:

1. Bertemu pencari beasiswa lainnya

Berpartisipasi dalam komunitas memiliki sejumlah manfaat saat mengajukan beasiswa. Anda dapat menemukan orang-orang yang mendaftar ke universitas dan bahkan jurusan yang sama, serta pelamar beasiswa lain yang sedang melalui proses aplikasi beasiswa yang sama. Anda juga dapat berbagi tips tentang cara menulis esai, mempersiapkan wawancara, dan mengingat tenggat waktu aplikasi di sini. Nomor telepon Anda tidak akan terlihat oleh siapa pun yang belum ditambahkan ke daftar kontak pribadi Telegram Anda. Itu melindungi privasi informasi pribadi. Anda bahkan dapat mengubah pengaturan ini untuk menyembunyikan nomor telepon Anda dari tampilan untuk keamanan tambahan.

2. Ruang diskusi

Anda dapat bertanya kepada banyak orang di komunitas beasiswa tentang dokumen yang diperlukan, tanggal pengiriman, dan persyaratan beasiswa. Orang-orang yang mengalami hal yang sama cenderung lebih tanggap atau berbagi pengetahuan.

Setiap tahun, ribuan pelajar Indonesia mengajukan beasiswa untuk belajar di luar negeri. Pada tahun 2021, hingga 63.060 orang mendaftar akun di situs web Education Fund Management Institute. (LPDP). LPDP Indonesia memulai pendaftaran setiap tahun pada bulan Juli. Tidak hanya LPDP yang merupakan program beasiswa paling terkenal di Indonesia, tetapi juga Chevening Award, yang diselenggarakan oleh Foreign, Commonwealth, and Development Office Inggris. Penghargaan Chevening akan dibuka untuk pendaftaran pada Agustus 2022. Beasiswa Fulbright AMINEF yang didanai penuh juga sangat populer.

Baca Juga