Kegiatan Ormas Dalam Membina Interaksi Sosial Dengan Masyarakat

Kegiatan Ormas Dalam Membina Interaksi Sosial Dengan Masyarakat

Interaksi sosial antara organisasi masyarakat atau ormas dengan masyarakat adalah landasan penerimaan ormas dengan berbagai agendanya. Jika penerimaan ormas di tengah – tengah masyarakat berjalan dengan mulus maka pesan apapun yang akan disampaikan olehnya akan lebih mudah untuk diterima. Ini adalah langkah awal untuk membangun hubungan baik antara ormas dengan semua kalangan yang penting bagi kegiatannya. 

Berbagai Contoh Interaksi Sosial Ormas Dengan Masyarakat 

Ada banyak kesempatan bagi ormas untuk membina interaksi sosial dimanapun mereka berada. Interaksi yang bermakna akan menjadi benih kerukunan, saling bantu dan toleransi. Berikut adalah beberapa contoh interaksi sosial yang bisa ormas coba untuk terapkan. 

Memerlukan upaya yang terus – menerus untuk ormas bisa melakukan interaksi sosial. Kegiatan yang dilakukan sesekali tidak akan memberikan pengaruh yang besar. Upaya berkepanjangan yang akan membuat citra ormas menjadi positif di tengah – tengah masyarakat. Pemanfaatan media online dan berbagai aktivitas yang sudah dijelaskan di atas adalah contohnya. 

1. Aktivitas Pendidikan 

Hal termudah untuk meraih orang dalam jumlah banyak adalah mendatangi tempat – tempat di mana orang berkumpul. Salah satu tempat yang tepat adalah sekolah. Ormas bisa mendatangi sekolah, mengadakan penyuluhan atau menjadi sponsor untuk kegiatan sekolah. 

Anda bisa mendukung dan mengembangkan fasilitas pendidikan dan mensosialisasikan kegiatan ormas dalam waktu yang bersamaan. Pilih tingkat pendidikan yang tepat untuk menunjang citra ormas yang Anda jalani. 

2. Acara – Acara Besar Keagamaan

Interaksi sosial bisa dilakukan dengan memakai momen dari perayaan keagamaan. Membuat acara tertentu atau ikut dengan program masyarakat yang ada akan bisa disesuaikan dengan kebutuhan ormas. 

Anda bisa membuat posting sosmed dengan frame ucapan sebagai standarisasi interaksi yang memanfaatkan jalur online. Anda bisa menambahnya dengan berbagai kegiatan offline. Kombinasi keduanya akan memberikan interaksi yang lebih besar dan dampak yang lebih baik. 

  • Membuat lomba sesuai dengan perayaan keagamaan 
  • Pendukung acara sebagai sponsor
  • Membuat donasi 

Ada banyak peran serta yang ormas bisa lakukan yang mengambil tema dari agama. Apalagi faktanya, Indonesia adalah negara religius dimana masih banyak anggota masyarakat yang melaksanakan berbagai perayaan agama. 

3. Kesehatan 

Anda pernah melihat promosi lembaga atau organisasi yang mengadakan donor darah atau pemeriksaaan kesehatan gratis? Ini bisa dijadikan salah satu acara untuk membangun interaksi positif antara ormas dan lingkungannya. 

Aktivitas kesehatan perlu disesuaikan dengan usia target pasar agar acara yang dilakukan tepat sasaran. Kalau kegiatan ormas menargetkan remaja dan dewasa muda, Anda bisa buat kegiatan donor darah. Target orang dewasa yang lebih tua bisa menawarkan pemeriksaan kesehatan, gigi dan lain sebagainya yang kira – kira mereka butuhkan. 

Ormas dapat membuat berbagai posting di akun sosial medianya untuk menginformasikan acara yang akan dilakukan secara offline. Dengan demikian, Anda memanfaatkan sosmed secara optimal dengan mengarahkan traffic online ke offline. 

4. Pengembangan Fasilitas Publik 

Interaksi sosial antara ormas dan lingkungan sekitarnya juga bisa berupa pembahasan tentang fasilitas publik. Ormas tidak selalu harus mengeluarkan uang dan membangun daerah untuk bisa memulai interaksi dengan masyarakat. Beberapa hal yang bisa dilakukan termasuk. 

  • Sosialisasi untuk mengajak masyarakat untuk membangun daerahnya. Anda bisa mengangkat tema fasilitas publik yang dibutuhkan bersama. Hal seperti akses jalan dan jembatan sepertinya sepele, tapi bagi masyarakat yang membutuhkannya, hal tersebut sangatlah penting. 
  • Untuk beberapa daerah, fasilitas seperti air minum dan toilet bisa jadi sangat penting. Kalau ormas memiliki akses untuk membangun beberapa toilet atau air  minum, hal ini bisa dicoba sebagai cara untuk membuka dialog dengan masyarakat.
  • Mengikuti Cara pemerintah daerah. Ormas bisa membuat dampak yang lebih besar dengan mengikuti kegiatan yang sudah berjalan atau direncanakan. Dengan demikian, dialog dengan aparat pemerintahan bisa dilakukan dan interaksi sosial bisa berjalan secara kondusif dan teratur. 
  • Rekrutmen adalah aktivitas yang bisa ormas lakukan sambil berinteraksi dengan masyarakat. Anda bisa kaitkan dengan pengembangan fasilitas publik, bisa juga dengan fasilitas lainnya. Jadi, beberapa kegiatan sangat mungkin dilakukan secara bersamaan. 

5. Pembinaan Remaja  

Interaksi sosial lainnya yang bisa ormas coba adalah kegiatan pembinaan remaja. Menargetkan demografis ini bukan hanya membina interaksi dengan remaja, tapi juga dengan orang tua atau wali mereka. Dengan demikian, masyarakat yang dijangkau jadi lebih luas. 

  • Pelatihan Ormas dapat mengadakan pelatihan dan pembelajaran yang dibutuhkan oleh generasi muda. Aktivitas inimemungkinkan ormas untuk bertemumasyarakat untuk beberapa kali sehingga citra ormas juga jadi turut terdongkrak. 
  • Sosialisasi aktivitas ormas dengan remaja akan menjadi wadah yang baik sehingga keduanya memiliki tempat untuk berinteraksi. Itulah sebabnya banyak ormas yang menyediakan aktivitas bagi dewasa dan juga remaja. Jadi, ada kaderisasi yang bisa diupayakan agar masyarakat bukan hanya menerima keberadaannya tapi bersedia untuk bergabung dan mensosialisasikan nilai – nilainya. 
  • Kegiatan hiburan. Remaja adalah target pasar yang tidak mudah untuk diajak bicara. Anda bisa berpartisipasi dengan kegiatan remaja yang sudah ada sebelum bisa membuka interaksi sosial yang bersifat persuasif. 

Itulah beberapa cara yang ormas dapat lakukan untuk membangun interaksi sosial aktif dengan lingkungannya. Hal ini berarti mengembangkan komunikasi baik dengan target pasarnya maupun yang bukan. Anda bisa menyesuaikan dengan kebutuhan ormas dan juga kenyataannya di lapangan. 

Sebagai keseragaman, ormas dapat memakai jasa www.rajaframe.com untuk membuat tampilan posting medsos yang serupa. Ormas jadi mudah dikenali dengan mudah, khususnya secara online. Pakai jasa yang berpengalaman sehingga tampilan ormas adalah yang terbaik sesuai dengan referensinya.  

Baca Juga