Inilah Fakta Menarik Hari Buruh Sedunia

Inilah Fakta Menarik Hari Buruh Sedunia

Sudahkah Anda tahu tentang fakta terkait Hari Buruh Sedunia? Momen penting ini diperingati setiap tanggal 1 Mei secara global. Perayaan ini mempunyai tujuan untuk menggalang solidaritas di kalangan pekerja atau Buruh. Selain itu, perayaan ini bisanya digunakan untuk menyampaikan tuntutan hak-hak kerja kepada pemerintah.

Hari Buruh di dunia atau yang biasa disebut sebagai May Day mempunyai sejarah perjalanan yang cukup panjang. Mulai dari inisiasi awal peringatan, tragedi yang terjadi, sampai tradisi perayaan dalam momen tersebut di sejumlah negara.

Fakta Menarik Hari Buruh Sedunia

Sebagai seorang Buruh, tentunya Anda harus tahu tentang peringatan May Day. Ada beberapa sejumlah fakta menarik yang bisa dilihat dan direnungkan. Berikut beberapa faktanya. Mana sajakah yang sudah diketahui?

Adanya Perubahan Jam Kerja

Salah satu fakta dari hari Buruh adalah adanya perubahan jam kerja. Menurut situs organisasi Pekerja Industri Sedunia atau IWW, peringatan hari Buruh sudah dimulai sejak era revolusi Industri atau abad ke-19. Hal ini bermula dari nasib Buruh Amerika Serikat atau AS yang bekerja 10-16 jam sehari.

Kondisi inilah yang mendorong sejumlah perhatian dari kelompok buruh sehingga sejak tahun 1860an kelompok tersebut menilai pentingnya pembatasan durasi kerja menjadi 8 jam sehari. Pada akhirnya, di tahun 1884, kelompok buruh berhasil mendeklarasikan tuntutan bekerja 8 jam sehari. Akhirnya, sejak 1 Mei 1886, durasi kerja resmi menjadi 8 jam.

Menjadi Hari Loyalitas di Amerika Serikat

Fakta menarik Hari Buruh Sedunia yang bisa Anda ketahui adalah menjadi hari loyalitas di Amerika Serikat. Hal ini bertujuan untuk menolak propaganda dari Uni Soviet selama Perang Dingin. Hari ini juga disebut sebagai Hari Hukum.

Pemerintah di Amerika Serikat menyatakan bahwa tanggal 1 Mei menjadi hari khusus untuk penegasan kembali kesetiaan kepada Amerika Serikat. Selain itu juga menjadi hari pengakuan warisan kebebasan Amerika.

Hari Raya St. Joseph

Fakta menarik yang jarang diketahui dari hari buruh adalah hari raya St. Joseph. Hal ini karena ada dugaan bahwa beberapa upaya sudah dilancarkan untuk merusak nilai perjuangan dari Hari Buruh Internasional. Hal itu dilakukan dengan memberinya nada religius atau patriotik.

Salah satu contohnya adalah pada tahun 1955 di mana Paus Pius XII mengganti nama hari itu menjadi Hari Pesta St Joseph Sang Pekerja. Hal itulah yang membuat Hari Buruh di dunia sama dengan Hari Raya St. Joseph.

Aksi Turun ke Jalanan

Sejak tanggal 1 Mei tahun 1886, lebih dari 300 ribu Buruh di AS yang meninggalkan pekerjaan untuk merayakan pemberlakuan kerja 8 jam sehari. Di Chicago sendiri kebijakan tersebut bermula dari 40 ribu buruh yang melakukan gerakan mogok kerja. Seiring waktu, hal ini mengalami peningkatan menjadi 100 ribu orang.

Awalnya, Hari Buruh Sedunia diperingati secara damai. Namun, seiring waktu momen ini berubah menjadi Hari Berdarah. Mulai dari tahun pertama peringatan Hari Buruh, yakni pada tanggal 3 Mei 1886 di mana sekitar 200 buruh turun ke jalan. Perayaan ini diwarnai aksi pemukulan dan lemparan baru sehingga menewaskan dua orang.

Kerusuhan yang terjadi pada hari buruh juga pernah terjadi di Inggris pada tahun 2000 dan 2001. Kerusuhan ini dilakukan lewat aksi protes besar-besaran di London di mana Patung Sir Winston dan Churchill dan monument Cenotaph juga diserang. Alhasil, ada 95 orang yang ditangkap karenanya.

Sementara di Indonesia sendiri, perayaan hari buruh dimulai pada tahun 1920. Namun, hal ini sempat dihentikan pada masa orde baru karena dikaitkan dengan partai Komunis. Di tahun 2013, perayaan hari buruh kembali diperingati.

Sementara pada tahun 2014, tanggal 1 Mei resmi dijadikan sebagai hari libur nasional. Selain itu, hari buruh di Indonesia identik dengan aksi demonstrasi besar-besaran untuk menuntut kenaikan upah minimum regional atau UMR.

Adanya Ritual

Tahukah Anda jika Hari Buruh Sedunia mempunyai ritual di beberapa negara? Perayaan May Day ini dulu kerap diperingati secara unik. Tak heran jika momen tersebut identik dengan May pole atau aktivitas menebang pohon muda. Setelah itu ditanam kali sebagai penanda musim panas sudah tiba.

Aktivitas ini dilakukan oleh sejumlah komunitas di seluruh dunia, terutama di Eropa sampai Amerika Utara. Sementara di Jerman, Finlandia, dan Swedia, perayaan hari buruh dibarengi dengan Malam Walpurgis. Masyarakat akan merayakan momen tersebut dengan sukacita dengan menari dan bernyanyi.

Hari Buruh Lain

Meski tanggal 1 Mei ditetapkan sebagai perayaan global hari buruh, tapi di negara Amerika Serikat dan Kanada, libur resminya jatuh pada hari Senin pertama bulan September. Selain itu, di negara Israel, hari buruh tidak secara resmi diakui dan menjadi hari libur berbayar di negara tersebut.

Setelah melihat beberapa fakta menarik tentang Hari Buruh Sedunia, apakah Anda semakin takjub dengannya? Setelah tahu betapa susahnya perjuangan untuk bisa menciptakan hari buruh, apakah masih ingin menyiakannya?

Baca Juga