Arti Pentingnya Terkait Peristiwa Kenaikan Yesus Kristus ke Surga

Arti Pentingnya Terkait Peristiwa Kenaikan Yesus Kristus ke Surga

Kenaikan Yesus Kristus ke Surga menjadi momen yang sangat penting baru umat Kristen dan Katolik. Peristiwa ini juga dikenal sebagai Kenaikan Isa Almasih. Beberapa orang mungkin menganggap jika peristiwa ini sama dengan Hari Paskah. Padahal kedua momen tersebut berbeda.

Kenaikan Isa Almasih diperingati sebagai kenaikan Yesus ke Surga di mana hari ini selalu jatuh pada hari Kamis. Biasanya terhitung setelah 40 hari dari hari raya Paskah dan 10 hari sebelum hari raya Pentakosta. Sementara hari Paskah adalah kemenangan di mana Yesus bangkit dari kematian.

Arti Pentingnya Peristiwa Kenaikan Yesus Kristus ke Surga

Bisa dibilang kematian Yesus menjadi peristiwa historis yang terjadi dalam sejarah dunia dan umat manusia. Sementara momen kebangkitan Yesus menjadi peristiwa yang hanya bisa dilihat menggunakan kacamata iman. Nah, bagi Anda yang ingin tahu tentang makna dari peristiwa Kenaikan Isa Almasih, berikut beberapa artinya.

Kebangkitan Sebagai Tindakan Eskatologis

Salah satu makna atau arti penting dari peristiwa tersebut adalah kebangkitannya sebagai tindakan eskatologis. Hal ini tentunya menyangkut tentang Allah pada akhir zaman di mana Yesus dibangkitkan dari antara orang mati.

Peristiwa kebangkitan Yesus mempunyai dua dimensi, yakni antara Allah yang membangkitkan dan Yesus bertindak sendiri. Hal ini pula yang menjadi bukti bahwa Yesus dan Allah saling melengkapi.

Misi di Bumi Sudah Selesai

Makna kedua dari peristiwa Kenaikan Yesus Kristus ke Surga adalah misinya di Bumi sudah selesai. Yesus mempunyai dua misi di bumi, yakni memberitakan Injil dan memberikan nyawaNya untuk menebus dosa manusia. Karena misinya sudah selesai, itulah kenapa Yesus bisa naik ke Surga.

Roh Kudus Diutus ke Bumi

Peristiwa Kenaikan Isa Almasih mempunyai arti Roh Kudus diutus ke Bumi. Hal ini karena pada waktu Perjamuan Terakhir Yesus dengan murid-muridNya, Yesus menjanjikan Seorang Penghibur bagi mereka yang tak lain adalah Roh Kudus.

Roh Kudus inilah yang akan menyertai para murid untuk menggantikan posisi Yesus di bumi. Ia  datang setelah Yesus naik ke Surga. Selain itu, Roh Kudus adalah oknum ketiga dari Allah Tritunggal yang memampukan para murid untuk melakukan amanat agungNya, yaitu memberitakan Injil kepada segala bangsa.

Kebangkitan Sebagai Keselamatan

Makna lainnya dari Kenaikan Isa Almasih adalah awal dari kebangkitan semua orang yang mati. Yesus adalah yang sulung dari orang-orang yang meninggal. Harapan akan adanya keselamatan terjadi dalam diri Yesus. Itu artinya hari penyelamatan zaman akhir sudah tiba. Karena penyelamatan tersebut terlaksana dalam diri Yesus Kristus.

Kebangkitan Sebagai Peninggian

Kenaikan Yesus Kristus ke Surga mempunyai makna kebangkitan sebagai peninggian. Peninggian sendiri mempunyai arti akan pengenalan surgawi dan ajari pelantikan Yesus ke dalam martabat serta kuasa Ilahi.

Momen ini termasuk ke dalam peristiwa di mana Yesus masuk ke dalam kemuliaan Allah. Setelah itu, kemuliaan Allah dapat dilihat dan dialami oleh Gereja maupun iman. Hal ini pula yang menjadi arti bahwa naik ke Surga berati Yesus menuju ke tempat Allah.

Bukti Bahwa Ia Tuhan yang Hidup

Makna lainnya dari peristiwa penting ini adalah menjadi bukti bahwa Ia Tuhan yang hidup dan kekal. Hal ini karena Yesus naik ke Surga bukanlah dalam wujud roh saja, tapi dengan tubuh fisiknya. Dengan kata lain, Yesus benar-benar bangkit kembali dari kematian.

Sebelum misinya ke bumi, Yesus adalah Tuhan Sang Pencipta. Karena cintaNya dan ketaatanNya kepada Bapa, Yesus rela datang ke dunia untuk menyelamatkan umat manusia. PengorbananNya yang besar dan sempurna, manusia beroleh keselamatan hidup dalam kekekalan nanti abadi.

Setelah Yesus kembali ke Surga, Yesus menggunakan kembali atribut keallahanNya dan kembali ke posisi semula, yakni menjadi Tuhan Sang Pencipta Alam Semesta.

Mengenal Tradisi Kenaikan Yesus Kristus ke Surga

Meski perayaan Kenaikan Isa Almasih tidak semeriah seperti Hari Natal dan Paskah, perayaan ini tidak mengurangi makna dari hari rayanya. Itulah kenapa ada beberapa tradisi yang dilakukan saat memperingati hari tersebut.

Melakukan Misa di Gereja

Hampir sebagian umat Kristen dan Katolik akan merayakan Kenaikan Isa Almasih di gereja. Tidak hanya mengikuti Misa seperti biasanya, tapi perayaan ini dilengkapi dengan perayaan liturgi di gereja. Di hari yang sama, biasanya umat akan melakukan Perayaan Ekaristi di gereja.

Pelayanan Gereja

Tradisi kedua yang dilakukan adalah pelayanan di gereja. Hal ini bisa dalam bentuk doa bersama, membawakan lagu rohani, dan membicarakan tentang Kenaikan Yesus Kristus. Namun, hal ini berbeda-beda pada setiap umat.

Makan Bersama

Perayaan ini lebih bersifat pribadi di mana momen tersebut digunakan sebagai momen untuk berkumpul bersama. Hal ini diiringi dengan pesta makan sehingga makna dari peristiwa tersebut akan lebih terasa.

Melihat arti dan makna dari peristiwa Kenaikan Yesus Kristus ke Surga, tentunya Anda tahu bahwa itu sangat penting, bukan? Setelah tahu, apakah Anda melakukan tradisi tersebut seperti di atas?

Baca Juga