Tips Memilih Komunitas yang Baik untuk Meningkatkan Skill

Tips Memilih Komunitas yang Baik untuk Meningkatkan Skill

Apakah Anda sedang mencari tips memilih komunitas? Mengingat perkumpulan saat ini banyak mengarah pada hal positif, tentu banyak sekali komunitas yang baik untuk dipilih. Namun, untuk itu Anda juga perlu mengetahui bagaimana cara memilihnya. Sebab, tidak jarang sebuah kelompok menyusun agenda tetapi terdapat hal kurang bermanfaat di dalamnya.

Bergabung dalam sebuah komunitas juga menjadi sebuah kebutuhan. Mengingat Anda merupakan makhluk sosial yang cenderung menghabiskan waktu untuk berinteraksi dengan sesama. Apalagi jika komunitas tersebut mampu memberikan dampak positif terhadap peningkatan kemampuan.

Inilah Tips Memilih Komunitas yang Dapat Anda Ikuti

Jika Anda sedang merasa bingung bagaimana tips memilih komunitas yang baik. Maka, pastikan untuk mengikuti pembahasan detail berikut ini :

1. Pilih Komunitas Sesuai Minat dan Bakat

Tips memilih komunitas pertama yang dapat Anda terapkan yaitu sesuaikan dengan minat dan bakat masing-masing. Sebab, dengan bergabung dalam sebuah kelompok harusnya hal tersebut mampu memberikan peluang dalam meningkatkan skill. Mengingat bahwa komunitas merupakan media pembelajaran yang unik dan menarik.

Selain itu, dengan bergabung bersama komunitas sesuai minat dan bakat. Hal ini dapat memudahkan Anda dalam mempelajari hal baru. Melakukan proses sharing terkait bidang yang sama juga menjadi lebih mudah dan cepat. Sehingga, dalam komunitas ini akan terbentuk interaksi positif satu sama lainnya.

2. Lakukan Pengecekan Kredibilitas Komunitas

Berikutnya, Anda bisa melakukan pengecekan kredibilitas sebagai salah satu pelaksanaan tips memilih komunitas. Caranya dengan menanyakan pada beberapa pihak yang mungkin sudah tergabung lebih dulu. Jika tidak, Anda bisa mengeceknya pada berbagai platform sosial media.

Komunitas yang baik adalah kelompok dengan agenda pertemuan yang terjadwal. Selain itu, berbagai kegiatan rajin ter-update sehingga untuk calon anggota baru melihat value dari komunitas tersebut. Pastikan untuk melakukan uji coba dan evaluasi terkait kecocokan dan kenyamanan Anda pada sebuah grup.

3. Pilih Lokasi Terdekat

Saat ini banyak sekali komunitas muncul dari berbagai daerah. Untuk membuat efisiensi perkumpulan dan keaktifan dalam berbagi informasi, sebaiknya Anda memilih kelompok belajar dengan lokasi terdekat.

Tips memilih komunitas ini sebaiknya Anda perhatikan dengan teliti. Pasalnya, beberapa pihak seringkali kesusahan menangkap materi dan berinteraksi karena keterbatasan jarak. Oleh karena itu, Anda bisa meminimalisir hal tersebut dengan memilih komunitas dari lokasi terdekat.

4. Sesuaikan Dengan Jadwal Pribadi

Bergabung dalam sebuah komunitas untuk meningkatkan skill, tidak berarti harus membuat Anda meninggalkan kepentingan pokok. Komunitas bertujuan untuk membantu Anda menyalurkan informasi serta sharing, bukan menjauhkan Anda dari kegiatan utama.

Oleh karena itu, sebelum memutuskan untuk bergabung dalam sebuah kelompok. Sebaiknya, Anda pastikan terlebih dahulu apakah jadwal pribadi sesuai dengan ketentuan jam kumpul pada komunitas tersebut. tips memilih komunitas ini seringkali diabaikan dan membuat banyak anggota kelayapan yang pada akhirnya hanya akan merugikan individu itu sendiri.

Salah satu solusi yang bisa Anda ambil yaitu dengan memilih komunitas yang sesuai dengan kekosongan jadwal utama. Misalnya, jika Anda pekerja kantor dan libur ketika weekend sabtu atau minggu, maka pilih saja jenis komunitas dengan penawaran serupa.

5. Realistis dengan Keadaan

Dalam sebuah komunitas tentu terdapat tim inti untuk membangun dan mensukseskannya hingga lebih besar. Namun, jangan sampai karena niat baik ini membuat Anda kewalahan mengatasi pekerjaan utama. Sebaiknya, Anda realistis meskipun ingin turut berkontribusi dalam perkembangan suatu kelompok.

Meskipun tidak menjadi bagian dari tim inti, Anda bisa sesekali membantu kelancaran acara ketika longgar. Bahkan, menyumbangkan sebuah ide demi memperluas jaringan juga bisa dilakukan. Namun, sekali lagi jangan pernah memaksakan diri untuk berkontribusi terlalu jauh apabila belum mampu membagi waktu dengan baik.

6. Pilih Komunitas dengan Prinsip yang Sama

Berada dalam sebuah komunitas yang nyaman dan tenang tentu menjadi dambaan setiap orang. Utamanya apabila nilai-nilai yang disampaikan dan prinsip yang dijalankan sesuai dengan pembiasaan sehari-hari, serta memberikan dampak positif.

Oleh karena itu, salah satu tips memilih komunitas yang adalah menjalankan prinsip baik yang sesuai dengan keinginan Anda. Hindari kelompok yang hanya bertujuan untuk memamerkan sesuatu secara berlebihan. Sebab, bukan lagi memberikan dampak positif, tetapi kurang etis jika hal tersebut sampai ada dalam sebuah komunitas.

7. Sesuai dengan Tujuan Bergabung

Sebelum memutuskan untuk bergabung dalam sebuah komunitas. Anda harus memastikan apa tujuan yang menjadi dasar pemilihan sebuah kelompok tersebut. Dengan begitu, Anda menjadi paham harus bagaimana dalam bersikap serta melangkah ketika sudah berada pada lingkungan ini.

Jika Anda memiliki tujuan untuk menambahkan skill. Maka, sebaiknya setelah bergabung rangkul banyak anggota untuk mendapatkan pelajaran penting dari mereka. Asah kembali kemampuan Anda agar skill yang dimiliki mengalami peningkatan. Terutama, pada beberapa bidang yang kurang Anda kuasai, sebaiknya manfaatkan komunitas tersebut untuk membangun ruang tersendiri dalam belajar.

8. Pilih Komunitas Sesuai dengan Kemampuan Agar Komitmen Belajar Terbentuk

Tidak bisa dipungkiri jika perasaan bosan dalam belajar seringkali terjadi. Apalagi jika Anda berada pada sebuah komunitas baru dan belum mengenal banyak anggotanya. Sedangkan, untuk menggali informasi serta menangkap ilmu terbaru Anda dituntut untuk mengembangkan komitmen sejak dini.

Oleh karena itu, tips memilih komunitas ini sebaiknya pilih yang sesuai dengan kemampuan. Tujuannya agar komitmen belajar terbentuk. Selain itu, Anda juga jadi lebih enjoy dalam mengatur sistem belajar terbaik. Sehingga, tidak hanya mendapatkan ilmu baru, Anda juga bisa menjalin interaksi dan sosialisme terbaik kepada seluruh anggota lainnya.

Baca Juga